Indonetwork, Peluang Usaha – Saat ini berbagai macam ide bisnis dijalankan oleh banyak orang, salah satunya adalah bisnis digital printing. Digital printing merupakan inovasi dunia percetakan dengan berkembangnya teknologi. Dengan mencetak teks atau gambar berbasis digital dengan cepat, membuat usaha ini memiliki peluang yang cukup besar. 

Bisnis digital printing memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Dimana proses produksi pada bisnis ini lebih cepat, sehingga dapat menghasilkan jumlah produk yang lebih banyak tanpa membutuhkan tenaga ekstra. Simak informasi berikut mengenai ide bisnis digital printing yang bisa Anda coba.

Baca juga: 7 IDE MERCHANDISE UNTUK KLIEN PERUSAHAAN ATAU KARYAWAN BARU

Apa itu Digital Printing?

Digital printing merupakan metode modern dalam percetakan yang melibatkan teknik digital sebagai media transfer antara materi ke media percetakan. Materi ini biasanya berupa gambar yang didesain untuk nantinya dicetak pada media tertentu. Teknik ini merupakan bentuk kemajuan teknologi pada dunia percetakan. 

Hasil dari metode pencetakan ini lebih akurat dibandingkan dengan metode manual. Meskipun memang metode printing ini tergolong lebih mahal. Namun, sebanding dengan hasil dan kualitas materi berupa gambar yang dicetak.

Produk Digital Printing

Berkembangnya digital printing membuat ragam jenis mesin yang digunakan dalam metode ini. Saat ini terdapat beberapa jenis mesin printing yang digunakan untuk mencetak materi pada berbagai macam media. Media yang berupa produk inilah yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis. Produk dari digital printing yang dapat Anda jumpai, diantaranya:

1.  Tumbler

tumbler custom

Tumbler atau botol minum merupakan salah satu produk yang sering dijadikan ide bisnis dari digital printing. Bagaimana tidak, bisnis cetak tumbler custom saat ini cukup diminati karena desain yang unik. Customer bisa menggunakan desain yang dibuat secara pribadi yang nantinya dicetak pada media tumbler. 

Tampilan desain yang unik dan berbeda membuat tumbler custom banyak diminati oleh pengguna dari berbagai usia. Hal ini juga bisa menjadi cara agar masyarakat lebih sering membawa tempat minum sendiri, dibandingkan harus membeli air mineral kemasan yang menyebabkan sampah plastik.

2. Kartu Uang Elektronik atau E-money

e-money

Bagi Anda pengendara kendaraan beroda 4 dan moda transportasi terintegrasi, tentu sudah tidak asing dengan penggunaan e-money. Kartu uang elektronik atau e-money merupakan alat pembayaran uang dalam bentuk tertentu dengan media penyimpanan berupa kartu.

E-money biasanya digunakan untuk membayar tarif tol dan ongkos transportasi umum seperti Transjakarta, MRT, dan kereta Commuter Line. Kartu yang multifungsi ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk proses pembayaran dengan mudah.

Saat ini penggunaan kartu uang elektronik menjadi gaya hidup. E-money dicetak dengan desain yang menarik sesuai dengan keinginan. Tampilan desain kartu yang keren seperti gambar tokoh terkenal, club, atau lain sebagainya menjadi daya tarik customer. Terdapat jenis kartu elektronik yang bisa Anda gunakan seperti kartu E-Toll, E-Money ,Flazz, dan  Brizzi. 

3. Flashdisk Custom

flashdisk

Anda tentu sudah tidak asing dengan penggunaan flashdisk. Benda berukuran kecil ini digunakan untuk menyimpan data dengan kapasitas yang cukup besar. Flashdisk bekerja untuk menyimpan data secara permanen, tanpa penggunaan aliran listrik. 

Biasanya produk cetak flashdisk custom digunakan sebagai souvenir. Flashdisk memiliki bentuk yang bervariasi, sehingga dapat digunakan sebagai media cetak. Anda bisa mencetak logo perusahaan, foto, atau gambar lainnya dengan flashdisk sebagai medianya.

4. ID Card

Informasi identitas pribadi seringkali digunakan dalam satu waktu tertentu. Untuk memudahkannya, maka menggunakan id card atau kartu identitas. Biasanya kartu ini digunakan sebagai fasilitas perusahaan bagi karyawannya atau keanggotaan instansi tertentu.

Id card biasanya berupa informasi nama pribadi, perusahaan dan foto atau logo suatu instansi. Id card yang berisi informasi dibuat dengan metode digital printing. Cetak id card pvc biasanya berupa gambar berisi informasi dicetak pada media seperti lembaran plastik berukuran kecil. Contohnya, seperti kartu pasien, KTP, member card, kartu akses, dan lainnya.  

id-card

5. Kaos

Pakaian merupakan kebutuhan primer manusia, salah satunya adalah kaos. Kaos dengan desain yang menarik dibuat dengan metode digital printing. Dengan desain yang menarik dan unik pada kaos, menjadi salah satu daya tarik bagi customer. Sehingga peluang bisnis digital printing saat ini cukup menjanjikan. 

Pastikan alat yang digunakan untuk mencetak kaos secara digital berkualitas agar hasil cetakan bagus. Anda bisa menggunakan jasa percetakan berkualitas untuk usaha clothing line.

kaos

Kelebihan dan Kekurangan Digital Printing

Digital printing yang dapat digunakan pada berbagai macam media menjadi salah satu keunggulan dari metode ini. Namun faktanya, digital printing memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan dan antisipasi jika ingin memulai bisnis ini. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan digital printing.

Kelebihan Digital Printing

  • Waktu proses pengerjaan lebih cepat dan efektif.
  • Pengaturan desain dan proses cetak sesuai kebutuhan karena terhubung pada software tertentu.
  • Dapat melakukan cetakan sampel sebelum dilakukan proses percetakan skala besar. 
  • Operasi mesin lebih mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
  • Hasil cetakan printing serupa dengan hasil dari metode offset.

Kekurangan Digital Printing

  • Biaya produksi lebih tinggi dibandingkan dengan metode percetakan lainnya.
  • Meningkatnya persaingan bisnis karena penggunaan yang mudah.
  • Membutuhkan perawatan yang lebih rumit dibandingkan mesin cetak konvensional.

Baca juga: REKOMENDASI KADO ROMANTIS UNTUK PASANGAN COUPLE

Melalui informasi diatas, Anda mengetahui mengenai digital printing, produk, serta kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda ingin memulai bisnis produk digital printing, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan vendor printing terpercaya. 

Vendor atau penyedia jasa printing terbaik di Jakarta yang direkomendasikan adalah Armada Digicard. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2002 ini memiliki pelanggan dari berbagai macam perusahaan skala besar maupun umkm. Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, Armada Digicard menjadi pilihan tepat bagi Anda.


Author

%d bloggers like this: