Jenis bulldozer – Bagi pelaku industri khususnya yang bertanggung jawab atas berbagai alat berat, bulldozer menjadi salah satu alat yang tak asing lagi keberadannya. Mesin berat satu ini memiliki fungsi penting untuk membantu kelancaran jalannya proyek.

Munculnya berbagai proyek yang semakin banyak, membuat kebutuhan alat berat seperti bulldozer juga semakin tinggi. Maka dari itu tak jarang banyak juga perusahaan yang menyewakan atau jual bulldozer china untuk membantu melengkapi kebutuhan para pelaku industri.

Bagi Anda pemilik industri besar maupun sebagai penanggung jawab divisi alat-alat berat dan membutuhkan alat berat untuk mempermudah berbagai akomodasi industri, tentu bulldozer menjadi prioritas alat yang penting ada dalam proyek. Namun membeli alat raksasa ini tentu tidak boleh sembarangan.

Selain memperhitungkan anggaran serta intensitas kegunaan, Anda harus mengenali jenis – jenis bulldozer dan fungsinya agar mendapatkan jenis bulldozer yang tepat sesuai kebutuhan industri.

Untuk selengkapnya berikut ini Indonetwork ulas mengenai jenis-jenis bulldozer dan fungsinya yang bisa disesuaikan dengan industri Anda.

Mini bulldozer

Mini bulldozer memiliki ukuran kecil. Meskipun begitu alat ini masih tetap memiliki fungsi dan kegunaan untuk berbagai aspek dan bidang yang bisa Anda sesuaikan untuk kebutuhan industri apa pun.

Wheel bulldozer

Bulldozer satu ini menggunakan roda karet dan memiliki tekstur lebih lunak sehingga dapat beroperasi tanpa merusak jalan saat digunakan di jalan raya. Wheel bulldozer juga memiliki kecepatan dan hasil angkut yang lebih besar.

Selain itu potensi kelelahan pada operator juga akan relatif lebih kecil. Alat ini juga dilengkapid dengan blade yang berfungsi mampu mendorong dan menyebarkan material. Jeni wheel dozer ini pun umumnya digunakan pada sektor pertambangan.

Crawl bulldozer

Crawl bulldozer mempunyai daya dorong yang besar. Alat ini menggunakan roda rantai dan memiliki daya tamping yang lebih besar. Hal tersebut didukung dengan kapasistas dari griund contact yang juga lebih besar.

Jenis bulldozer ini dapat digunakan di berbagai medan, seperti medan lunak, tanah berlumpur, medan kasar, keras, hingga berbatu. Maka dari itu penggunannya juga lebih luas dan fleksibel.

Fungsi bulldozer

Manfaat bulldozer

Bulldozer tentu dibutuhkan bagi industri yang cukup sering melakukan kegiatan berat dengan kapasistas yang besar. Adapun fungsi-fungsi dari bulldozer adalah:

  • Melakukan penggalian (digging)
  • Menggusur atau menarik beban (spreading)
  • Mendorong material (pushing)
  • Meratakan atau menimbun (filling)

Dengan fungsi – fungsi tersebut, bulldozer pun memiliki berbagai kegunaan seperti:

  • Membersihkan lokasi dari sampah kayu, tongkak pohon, dan berbatuan, misalnya saat akan membuka area perkebunan
  • Menghamparkan tanah isian seperti meratakan jalan
  • Membuka jalan baru di daerah bebatuan maupun di kawasanm pegunungan
  • Membantu perawatn jalan agar selalu rata
  • Memindahkan tanah dengan jarak maksimal sekitar 100 meter
  • Memindahkan material, seperti tanah, pasir, hingga hasil tambang dari bekas galian ke truk pengangkut
  • Membersihkan puing – puing bangunan akibat gempa, dan tanagh longsor
  • Memindahkan barang – barang industri yang berat

Bagian – bagian bulldozer

jenis bulldozer
Sumber: cat.com

Setelah mengetahui jenis – jenis dan fungsi bulldozer, berikut ini kenali juga beberapa bagian penting dari bodi bulldozer.

Ripper

Bagian ini terletak di bagian belakang bulldozer. Memiliki bentuk seperti cakar dan digunakan untuk memecahkan batu maupun tanah. Ripper sangat berguna pada tanah pertanian yang semula keras dan tandus hingga dapat diurai menjadi lebih lunak sehingga dapat segera ditanami tumbuhan.

Final driver

Bagian ini berfungsi untuk mendisribusikan beban ke gigi-gig, serta mengangkat motor penggerak agar menjauh dari suspense. Tak heran jika drive termasuk pada bagian bulldozer yang cukup sering diganti.

Engine

Engine merupakan bagian mesin dari bulldozeer. Karena berfungsi untuk memindahkan material berat dalam jumlah banyak, bulldozer biasanya memerlukan mesin yang memiliki kinerja baik dan bertenaga tinggi. Bagian engine juga umumnya berbeda-beda tergantung pada kebutuhan.

Push frame

Bagian ini memiliki fungsi untuk menggerakkan blade dan berperan penting untuk memposisikan material pada pekerjaan yang berbeda.

Blade

Merupakan pelat logam berat yang berada pada bagian paling depan bulldozer. Blade adalah bagian paling mudah diketahui banyak orang karena memiliki ukuran besar dan berada paling menonjol dari bagian lain.

Track / tires

Track merupakan roda yang memiliki rantai dan tires adalah ban baret. Kedua bagian ini sangat mempengaruhi mobilitas bulldozer. Kedua bagian ini dapat digunakan sesuai kebutuhan Anda. Tracks umumnya cocok untuk medan keras dan tidak rata sedangkan ban baret untuk tanah yang lunak.

Kabin

Merupakan bagian utama dan penting dari bulldozer. Kabin merupakan bagian untuk operator mengendalikan bulldozer. Adapun jenis dan bentuk kabin biasanya tergantung pada produsen masing – masing bulldozer.

3 model blade dalam bulldozer

jenis bulldozer
Sumber: Cat.com

Bagian blade berguna sebagai alat utama untuk mendorong, menggali, mengangkut, meratakan dan lain sebagainya. Blade memiliki model dan bentuk yang berbeda hal tersebut tentu saja karena dipengaruhi dengan kegunaan bulldozer masing-masing. Berikut ini beberapa jenisnya.

Straight blade

Memiliki bentuk seperti S dan biasa disebut juga dengan S-blade. Dapat digunakan di berbagai medan. Berguna untuk membongkar material halus, sedang, maupun berat.

Universal blade

Bentuk alat ini agak melengkung dan memiliki sayap samping. Model ini sangat cocok untuk mendorong dan membawa material dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat. Kedua sayap tersebut memang berguna untuk menjaga material agar tidak tumpah.

Cushion blade

Blade jenis ini memiliki kemampuan dalam melakukan manuver. Alat ini dilengkapi dengan bantalan karet dan berfungsi untuk meredam tumbukan material.

Salah satu rekomendasi bulldozer terbaik dapat Anda dapatkan di para penyedia jasa maupun jual bulldozer cina terbaik di tautan berikut ini.


Author

%d bloggers like this: