Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Tahukah Anda bahwa ada alasan mengapa ada begitu banyak jenis lakban yang berbeda. Setiap jenis lakban dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan tugas tertentu. Menggunakan lakban yang salah untuk pekerjaan dapat menyebabkan masalah bahkan dapat menimbulkan bahaya keselamatan atau meninggalkan residu keras yang tidak diinginkan di lantai, bingkai jendela, dll. Contohnya seperti lakban fragile yang digunakan untuk mengemas barang yang dapat pecah, jika Anda tidak menggunakan lakban ini maka ada kemungkinan barang Anda akan hancur selama di perjalanan. Berikut ini adalah jenis-jenis lakban sesuai kegunaannya serta rekomendasi supplier jual lakban fragile murah.

Tips Memilih Lakban

Pilih lakban yang tepat untuk kebutuhan Anda dengan lima pertimbangan berikut ini:

1. Permukaan

Mengetahui permukaan sangat penting ketika memilih lakban. Lakban serba guna, misalnya, digunakan terutama untuk aplikasi non-kritis, seperti memegang, mengamankan, mengikat, dan pekerjaan perbaikan sementara. Untuk proyek yang lebih berat yang membutuhkan pegangan yang lebih kuat, lakban heavy duty biasanya merupakan pilihan terbaik, karena mereka sering memberikan pelekatan yang lebih baik ke berbagai permukaan yang lebih luas. Lakban khusus juga telah diformulasikan untuk aplikasi dan permukaan yang lebih spesifik, misalnya lakban stucco (plester) untuk melindungi permukaan selama aplikasi plesteran, dan lakban aluminium foil untuk aplikasi pipa dan lain sebagainya.

2. Durasi

Kekuatan perekat yang dibutuhkan dalam lakban tergantung pada durasi proyek. Proyek jangka pendek sering kali tidak memerlukan lakban heavy duty dengan perekatnya yang agresif.

Baca Juga: PABRIK LAKBAN MURAH, SURGANYA PACKING BISNIS OLSHOP

3. Lingkungan

Kelembaban, debu, kotoran, kelembaban, paparan sinar UV, dan suhu dapat mempengaruhi kemampuan lakban untuk menempel dengan benar ke permukaan aplikasi. Lakban heavy duty biasanya memiliki perekat yang lebih tebal, sehingga lebih mudah menempel pada permukaan yang kasar atau kotor, dan pita perekat khusus lainnya dirancang untuk mempertahankan cengkeramannya bahkan di lingkungan yang sangat lembab. Pastikan untuk memeriksa permukaan aplikasi yang direkomendasikan oleh produsen lakban untuk memastikan Anda memiliki pita perekat yang tepat untuk tugas yang ada. Pastikan juga untuk memeriksa paket berisi barang berbahan keramik atau kaca yang akan Anda kirim karena ada beberapa produsen jual lakban fragile murah menuliskan “up” untuk menunjukkan sisi yang semestinya di atas.

Jenis-jenis Lakban Sesuai Kegunaannya

1. Lakban Listrik

Lakban listrik terbuat dari plastik (paling umum vinil) dan digunakan untuk mengisolasi kabel listrik. Tersedia dalam berbagai warna untuk menunjukkan tegangan. Lakban listrik juga bagus untuk pelabelan, peningkatan pegangan, dan pemasangan kabel.

Lakban Fragile Murah
Sumber: Survivalfreedom.com

2. Lakban Aluminium Foil

Aluminium tape atau lakban aluminium merupakan lakban yang mempunyai banyak kegunaan dalam bidang industri dan rumah tangga. Lakban ini digunakan dalam pekerjaan yang membutuhkan ketahanan terhadap api atau panas, ketahanan kimia dan tahan terhadap cuaca. Aluminium tape ini memiliki sistem perekat yang kuat untuk digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan contohnya sebagai penambal panci. Biasa digunakan dalam industri konstruksi untuk pipa, saluran penyegelan, pemanasan dan ventilasi. Selain itu juga bisa digunakan untuk pelapis exhaust wrap setelah penggunaan asbes atau fiber glass.

Lakban Aluminium Foil
Sumber: Tesa.com

3. Masking Tape / Lakban Kertas

Lakban kertas adalah lakban multi guna berbahan kertas yang terutama digunakan untuk menutupi area selama proyek pengecatan interior dan eksterior. Karakteristik utama lakban ini termasuk mudah robek dan perekat bermutu rendah untuk mengurangi kerusakan dan residu pada permukaan setelah pita dilepas.

Jual Lakban Packing
Sumber: Pixabay.com

4. Lakban Karpet

Seperti namanya, lakban karpet terutama digunakan untuk menempelkan karpet dan menjaga karpet tetap di tempatnya. Lakban karpet bersifat fleksibel, tahan lama, tahan lembab, dan biasanya memiliki perekat di kedua sisinya.

5. Lakban Packing

Lakban yang berwarna bening ataupun coklat ini adalah jenis lakban yang paling umum dan paling populer. Lakban ini biasa digunakan untuk menyegel saat pengepakan. Terbuat dari bahan dasar polypropylene film dengan water base acrylic yang kuat, itu membuat lakban ini bisa menempel dengan erat dan kat di berbagai macam permukaan. Mulai dari kaca, kayu, karton, kertas, besi, dan plastik.

6. Lakban Busa / Double Tape Foam

Foam tape digunakan untuk merekatkan dua benda pada media yang tidak rata atau membutuhkan daya rekat extra. Hal ini dikarenakan pada dasarnya lakban jenis ini memiliki kemampuan ketahanan yang lebih kuat daripada tipe double tape lainnya. Foam tape dapat ditempel pada permukaan dengan suhu maksimum di 80 derajat celcius. Lakban ini digunakan untuk dekorasi misalnya untuk menggantungkan pigura foto, lukisan, dan hiasan dinding, hanger pintu dan lain sebagainya tanpa harus melubangi dinding terlebih dahulu.

Baca Juga: LAKBAN FRAGILE UNTUK PENGEMASAN PAKET

7. Lakban Fragile

Lakban fragile adalah lakban printing yang biasanya berwarna merah atau putih dengan tulisan berupa peringatan untuk tidak membanting paket atau barang yang tertempel lakban tersebut. Ukuran lakban ini pada umumnya adalah 48 mm x 100 meter, dirancang khusus untuk keperluan packing. Daya rekat yang kuat menjamin paket tetap aman sampai tujuan, mencegah kerusakan barang yang ada dalam kemasan. Lakban ini cocok untuk Anda yang mengelola bisnis online sehingga sering mengirim barang ke tempat yang jauh. Selain itu, kegunaan lain dari lakban ini adalah untuk melabeli koper saat bepergian. Dengan demikian, koper tidak akan dibanting oleh petugas bagasi dan barang yang ada di dalamnya tetap aman. Untuk mendapatkannya dengan harga yang terjangkau, di bawah ini adalah rekomendasi supplier jual lakban fragile murah yang berkualitas.

Rekomendasi Supplier Jual Lakban Fragile Murah

Surya Djaya Abadi solusi untuk kebutuhan packing bisnis Anda. Perusahaan tersebut bergerak di bidang packaging dan industrial supplier. Kebutuhan packaging tersedia dengan harga lebih murah dan jaminan kualitas serta pelayanan prima. perusahaan tersebut juga telah berpengalaman mensuplai kebutuhan packaging untuk industri otomotif, elektronik, F&B , Logistic company.


Author

%d bloggers like this: