Lantai merupakan salah satu bagian dasar kontruksi bangunan yang perlu diperhatikan. Selain menggunakan ubin atau tegel untuk mempercantik lantai bangunan, jenis lantai vinyl juga dapat dijadikan pilihan untuk membuat hunian atau bangunan kontruksi  lebih estetik.

Jenis lantai vinyl saat ini kerap menjadi favorit banyak orang karena dirasa lebih murah, estetik, dan bahannya awet. Untuk Anda yang tertarik dengan jenus lantai vinyl untuk kontruksi Anda, berikut ini ulasan mengenai apa itu lantai vinyl, jenis-jenis, dan keunggulannya.

Apa itu lantai vinyl?

Viniy atau karpet lantai vinyl merupakan salah satu jenis lantai sintetis yang mirip seperti panel kayu asli. Tampilan dan teksturnya mirip dengan panel kayu asli. Vinyl biasanya berbentuk persegi panjang dan memiliki ketebalan berkisar antara 2-3 mm. Bahan lantai vinyl terbuat dari polycarbonate.

Jenis lantai vinyl juga memiliki beragam corak. Dalam penggunannya, jenis lantai ini umumnya digunakan untuk rumah, kantor, dan berbagai bangunan lainnya. Selain terkesan seperti menggunakan lantai kayu, jenis lantai vinyl sangat mudah diaplikasikan dan dianggap relevan dengan tren hunian kekinian.

Baca juga: Pilihan Desain Lantai Vinyl Sticker

Jenis – jenis lantai vinyl

jenis lantai vinyl
Sumber: Florrich

Lantai vinyl memiliki beberapa ragam jenis yang dapat disesuaikan dengan jenis lantai, selera, atau keinginan masing-masing. Berikut ini beberapa jenis lantai vinyl.

Lantai vinyl plank

Jenis lantai vinyl plank menjadi salah satu jenis vinyl yang cukup laris di pasaran, Berbentuk seperti panel kayu asli dan memiliki ketebalan 2-3 mm. Lantai vinyl plank terbuat dari polycarbonate. Jenis permukaan vinyl terdiri dari jenis embossed dan non-embossed.

Permukaan jenis embossed menyerupai serat kayu hal tersebut membuatnya anti-slip. Sedangkan non-embossed memiliki permukaan yang halus dan licin sehingga lebih mudah dibersihkan.

Lantai vinyl tile

Jenis tile ini memiliki bentuk seperti keramik. Ukuran vinyl tile sekitar 30 – 50 cm dengan ketebalan 1,5 – 3 mm. Adapun warna dan motif vinyl sangat bervariasi, dan biasanya disusun dengan membentuk mozaik untuk menciptakan pola yang unik. Jenis lantai ini cocok untuk pengganti lantai keramik.

Lantai vinyl role

Lantai ini berbentuk gulungan seperti karpet. Ukurannya jauh lebih besar daripada vinyl tile dan vinyl roll. Vinyl roll juga dapat digulung tanpa ada membuat pecah permukaannya. Ukuran vinyl ini 2 x 25 m dengan ketebalan berkisar antara 0,5 hingga 2,2mm.

Vinyl Click

Jenis vinyl ini merupakan jenis vinyl yang paling mudah dipasang karena tidak membutuhkan lem dalam pemasangannya. Vinyl click menggunakan mekanisme pengunci khusus yang ada di pinggiran setiap lembar vinyl.
Hasil pemasangan vinyl click juga dirasa lebih rapi dan sempurna karena tanpa adanya sambungan yang kentara. Untuk bentuk dan ukurannya, vinyl ini berbentuk lembaran dan persegi panjang dengan ketebalan 5 mm.

Keunggulan  jenis lantai vinyl

Lantai vinyl saat ini cukup menjadi favorit dan lebih sering dipilih banyak pengguna karena lebih estetik dan mudah dipasang. Berikut ini beberapa keunggulan antara lain:

Harga terjangkau

Jenis lantai vynil dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin lantai estetik namun memiliki anggaran yang tidak banyak. Lantai vynil memiliki tampilan menarik layaknya lantai kayu atau yang terbuat dari marmer.

Meskipun model dan tampilannya menarik, lantai vynil memiliki harga yang murah dan desain yang variatif mengikuti model ruangan yang diinginkan.

Nyaman diinjak

Lantai vynil terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) sehingga fleksibel dan mudah untuk direnggangkan. Efeknya lantai jenis vynil akan terasa lentur dan nyaman saat diinjak. Cocok juga untuk Anda yang memiliki balita karena lantai vynil lebih lembut utuk diinjak dan aman.

Baca juga: Apakah Lantai Vinyl Cocok Digunakan di Daerah Rawan Banjir?

Mudah dipasang

Salah satu alasan lantai vynil banyak dipilih karena jenis lantai ini lebih mudah dipasang bahkan tanpa bantuan ahli. Untuk memasang lantai vynil Anda hanya perlu menyesuaikan pola lantai vynil dan merapikannya agar lebih terlihat simetris. Selain itu jenis lantai ini juga memiliki tekstur yang solid dan kuat sehingga tidak perlu takut pecah, berbeda dengan pemasangan lantai keramik yang berat dan butuh kehatia-hatian khusus.

Perawatan yang mudah

Lantai vynil juga memiliki perawatan yang mudah karena hanya perlu dipel beberapa kali dalam seminggu. Selain itu cara membersihkannya juga sangat mudah karena teksturnya lebih halus dan membuat noda yang menempel lebih mudah terangkat dengan cepat.

Awet dan tahan lama

Siapa sangka jenis lantai vynil ternyata memiliki daya tahan lebih kuat daripada lantai keramik biasa. Hal tersebut karena karakteristik lantai vynil terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) yang bersifat elastis.

Desain yang menarik

Desain lantai vinyl memiliki tampilan yang permukaan yang menyerupai kayu, batu, dan berbagai material alami lainnya. Hal ini membuat rumah terlihat lebih elegan dan mewah. Bahkan setiap lembar lantai vynil memiliki sebuah embos layaknya sebuah kayu asli. Lapisan dari lantai ini juga sangat halus dan berbeda dengan lantai kayu yang biasanya memiliki tekstur kasar.

Motif – motif lantai vynil yang cukup populer

jenis lantai vinyl
Sumber: Home Stratosphere

Berikut ini terdapat beberapa motif lantai vynil yang cukup populer dan menjadi favorit sebagian pengguna.

  • Oak effect
    Jenis lantai vynil ini memiliki tekstur dan tampilan seperti kayu oak dan memberikan suasana terlihat lebih homey
  • Wood effect
    Tampilan wood effect memiliki motif yang menyerupai kayu asli hingga tekstur yang cukup mirip. Jenis vynil wood effect lebih netral dan cocok digunakan di berbagai ruangan
  • Moroccan style
    Jenis vynil ini memiliki motif maroko dengan arsitektur kebudayaan islam

Baca juga: 10 Keunggulan Dekorasi Menggunakan Lantai Vinyl

Nah itulah beberapa jenis lantai vinyl yang bisa menjadi rekomendasi untuk memberikan kesan estetik di lantai hunian Anda. Untuk menemukan berbagai jenis dan motif vinyl terbaik, Anda dapat mengunjungi laman Indonetwork berikut ini.

Author

Enable Notifications OK No thanks