Indonetwork, Perlengkapan Kantor – Podium adalah platform atau panggung kecil yang digunakan oleh seseorang untuk berbicara atau tampil di depan publik.  Alat ini sering kali memiliki bentuk dasar berupa meja tinggi atau dudukan yang dilengkapi dengan pemikat atau bidang miring di bagian atasnya, di mana pembicara dapat menaruh catatan, dokumen, atau alat presentasi.

Podium juga penting dimiliki sebagai salah satu perlengkapan kantor yang mendukung jalannya rapat atau pertemuan besar di perusahaan. Podium sering kali dirancang dengan mencantumkan logo perusahaan atau identitas merek lainnya, sehingga dapat memberikan kesan profesional.

Di pasaran, podium memiliki beberapa ukuran dan jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Jenis Podium Mimbar yang Biasa Ditemui

Ada beberapa jenis podium atau mimbar yang biasanya ditemui, dan pilihan jenis podium ini dapat bergantung pada kebutuhan dan konteks penggunaannya. Berikut adalah beberapa jenis podium atau mimbar yang umum ditemui:

1. Podium Meja

Podium meja adalah jenis podium yang memiliki bentuk dasar seperti meja tinggi. Ini sering digunakan untuk presentasi di ruang rapat, kelas, atau seminar. Podium meja biasanya memiliki meja di bagian atasnya untuk menempatkan dokumen atau perangkat presentasi.

2. Podium Pengeras Suara (Lectern)

Lectern adalah podium dengan bentuk meja miring dan dilengkapi mikrofon. Meja miring dapat memudahkan ketika membaca tekspidato. Karena terdapat mikrofon, maka menjadi sangat berguna ketika pembicara perlu memastikan bahwa suaranya terdengar dengan jelas oleh audiens.

3. Podium Lipat

Jenis podium panggung lipat dirancang untuk dapat dilipat, sehingga lebih mudah untuk dipindahkan atau disimpan setelah penggunaan. Bentuknya sama seperti podium pada umumnya, hanya saja memiliki bagian tengah yang dapat dilipat.

Beberapa porium lipat sudah dilengkapi ambalan di bagian dalamnya atau dua buah besi penyangga yang fleksibel. Sehingga dapat membantu podium berdiri tegak dengan baik.

Podium lipat sering digunakan dalam situasi di mana podium perlu diatur ulang atau dipindahkan secara reguler, misalnya acara perlombaan di luar ruangan yang membutuhkan sambutan-sambutan.

4. Podium Akrilik

Podium akrilik merupakan podium yang terbuat dari bahan akrilik transparan. Dengan desain yang minimalis dan modern, podium ini memberikan tampilan yang elegan, cocok untuk digunakan pada acara formal maupun non-formal.

Namun perlu diperhatikan, akrilik merupakan bahan yang mudah retak dan pecah jika terkena benturan. Jadi, jika Anda tertarik pada podium akrilik, pastikan untuk meninjau terlebih dulu seperti apa bahan akrilik yang digunakan, ya. Akrilik yang bagus untuk podoum adalah akrilik yang tebal, sekitar 12 – 15 mm.

5. Podium dengan Lampu Terintegrasi

Beberapa podium dilengkapi dengan lampu terintegrasi untuk memberikan pencahayaan tambahan pada pembicara atau materi presentasi. Ini bermanfaat di lingkungan dengan pencahayaan yang terbatas.

Lampu pada podium umumnya dirancang seperti lampu belajar kecil. Di sisi lain, ada pula lampu hias yang biasanya ditambahkan pada bagian bawah podium akrilik untuk mempercantik visualisasi.

Baca Juga: 14 Perlengkapan Sound System dan Fungsinya

Kegunaan Podium Mimbar

Podium Panggung
Sumber: Amazon

Podium memiliki berbagai kegunaan yang dapat meningkatkan efektivitas dan tata letak acara atau presentasi. Berikut adalah beberapa kegunaan umum dari podium:

1. Pemberian Fokus pada Pembicara

Podium memberikan titik fokus visual pada pembicara atau pengisi acara. Ini membantu audiens untuk lebih mudah mengarahkan perhatian mereka pada orang yang sedang berbicara.

2. Platform untuk Presentasi

Podium memiliki platform yang ditinggikan dan terpisah untuk pembicara atau presenter. Ini membuat mereka lebih terlihat dan memudahkan mereka untuk menyampaikan pesan atau presentasi.

Tak hanya itu, fitur podium yang dilengkapi dengan meja memberikan tempat untuk meletakan catatan, dokumen, atau perangkat presentasi. Ini membantu pembicara untuk lebih terorganisir dan efisien.

3. Pendukung Pengeras Suara

Beberapa podium dilengkapi dengan pengeras suara atau mikrofon terintegrasi, memastikan bahwa suara pembicara terdengar dengan jelas oleh audiens. Selain itu, adanya mikrofon pada podium akan mempermudah pembicara menggerakkan tangan, karena tidak perlu memegang mikrofon terpisah.

4. Pengenalan Pembicara

Podium dapat digunakan untuk memperkenalkan pembicara atau pengisi acara, dengan menyertakan informasi latar belakang atau penghargaan yang relevan.

5. Penyelarasan dengan Tema Acara

Desain podium sering disesuaikan dengan tema acara atau identitas merek. Podium yang sesuai dengan tema akan menambah konsistensi visual dan estetika, sehingga membuat acara lebih terasa profesional.

Selain itu podium juga berguna dalam pengaturan panggung. Podium membantu menyusun dan menyelaraskan komponen panggung lainnya, seperti layar proyektor, tata lampu, dan dekorasi panggun

Baca Juga: Daftar Harga Meja dan Kursi Kantor beserta Ukurannya

Itulah jenis podium panggung dan kegunaannya. Podium menjadi elemen penting di setiap ruang rapat dan acara-acara penting yang membutuhkan atensi khusus kepada pembicara. Anda bisa mendapatkan podium mimbar dengan bentuk dan material custom di Indonetwork.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks