Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Selain gorden, sekarang telah banyak orang yang menggunakan penutup jendela berupa roller blind. Pasalnya alat penutup jendela ini tergolong lebih fungsional dan memberikan kesan mewah. Jenis roller blind yang beragam membuat banyak toko yang jual roller blind murah.

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh roller blind ini yaitu relatif sulit untuk dibersihkan. Namun Anda terlalu khawatir karena dibandingkan dengan kelemahannya ini, roller blind mempunyai manfaat yang lebih besar.

Jenis Roller Blind

Sekarang sudah banyak jenis roller blind yang tersedia di pasaran dan bisa Anda temukan dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa jenis roller blind yang perlu Anda ketahui.

1. Vertical Blind

White Vertical PVC Roller Blind, For Window, 8 X 4 Feet at Rs 80/square feet in Pune
Sumber : www.indiamart.com

Jenis roller blind yang pertama adalah vertical blind atau sering disebut juga sebagai tirai vertikal. Pada jenis roller blind ini mempunyai bilah individual yang akan berjalan di sepanjang trek atas blind.

Vertical blind bisa Anda buka dari sisi ke sisi atau juga bisa dengan membelah tengah menjadi dua bagian. Jenis tirai ini banyak dipakai oleh banyak orang terutama untuk pintu teras dan jendela.

2. Venetian Blind

Jual TIRAI GULUNG PVC 180 X 90 CM KRIS VENETIAN BLIND 25 MM 180x90CM - Jakarta Barat - Autotrade | Tokopedia
Sumber : www.tokopedia.com

Jenis roller yang selanjutnya ada venetian blind atau tirai venesia yang mempunyai bilah horizontal. Bilah ini menempel dengan tali atau strap kainnya. Ketika tirai diangkat, bilah bagian bawahnya akan ditekan ke arah bilah di atasnya.

3. Mini Blind

Project Source Cordless Light-Filtering Mini Blinds - 36-in x 64-in - White CDLF3664W | RONA
Sumber : www.rona.ca

Jika diperhatikan sekilas, Mini Blind ini hampir mirip dengan venetian blind. Namun tirai mini mempunyai bilah yang lebarnya lebih kecil ketimbang tirai venesia.

Ketebalan bilah pada tirai mini ini kurang lebih sebesar 1 inchi. Tirai ini sangat cocok Anda pakai pada rumah minimalis dengan jendela yang berukuran kecil.

Baca Juga: 5 Keunggulan Roller Blind Untuk Kantor & Rumah

4. Micro Blind

Micro Blinds - Blinds & More
Sumber : www.blindsandmore.com.mt

Ketebalan tirai mini sangat kecil, ukuran tirai micro blind tent lebih kecil lagi. Ketebalannya tersebut hanya sekitar 0.5 inci saja. Ketebalan itu tentu saja sangat kecil, sehingga kurang efektif untuk menghalau sinar matahari yang masuk.

5. Panel Blind

macam-macam roller blind panel blind
Sumber: www.onna.co.id

Selain vertical blind, jenis roller blind yang juga sangat populer adalah panel blind. Jenis roller blind ini biasanya digunakan pada jendela atau pintu yang menghadap ke taman.

Jenis panel blind bisa menutupi pintu maupun jendela yang berukuran besar. Selain itu panel ini juga dapat menampilkan bagian-bagian yang bergerak di sepanjang trek. Dengan begitu Anda bisa menutup dan membuka tirai dengan mudah.

6. Pleated Shades

Bali Pleated Shade Dunes 2 inch collection.
Sumber : www.blindsexpress.com

Jenis roller blind ini merupakan lembaran bahan yang berlipat-lipat, sehingga warnanya akan membentuk pola ketika dinaikan atau diturunkan. Jika diperhatikan sekilas, nenis pleated shades ini punya penampilan yang mirip dengan Venetian blind.

Pleated Shades terbuat dari material kain atau kertas. Oleh sebab itu Anda harus hati-hati ketika menutup dan membukanya supaya lipatan tirai tidak rusak.

7. Cellular Shades

3/8" Light Filtering Cell Shades from Direct Buy Blinds
Sumber : www.directbuyblinds.com

Cellular Shades terbuat dari material yang sama dengan Pleated Shades yaiu dari kain atau kertas. Namun cellular shades terbuat dari dua bagian material yang berbeda. Bagian depan dan belakang coraknya berbeda.

Jenis roller blind ini sangat cocok digunakan jika rumah Anda ingin tetap sejuk di musim panas dan tetap hangat di musim dingin.

Baca Juga: Panduan Memilih Gorden Estetik untuk Kamar Tidur

8. Roman Shades

Roman Shades jenis roller blind
Sumber: www.onna.co.id

Jika Anda ingin menggunakan jenis roman blind tradisional, pilihlah jenis Roman Shades. Karena tirai ini terbuat dari bahan kain goni atau lamun. Untuk cara kerja tirai ini kurang lebih sama seperti halnya venetian blind.

9. Roller Shades

Classic Collection - Light Filtering Roller Shades | SelectBlinds.com
Sumber : www.selectblinds.com

Roller blind ini terbuat dari kain sintetis atau kain alami yang dapat digulung ke atas dan ke bawah sesuai dengan kebutuhan Anda. Roller Shades tersedia dalam beberapa desain yang bisa Anda pasang di jendela.

10. Solar Shades

Best Solar Shades | Solar Blinds | Hunter Douglas
Sumber : www.hunterdouglas.com

Bentuk dari Solar Shades ini mirip seperti Roller Shades, namun tirai ini didesain khusus untuk mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk. Sehingga suasana di dalam ruangan tidak akan terlalu panas.

Dari kesepuluh roller blind di atas, nomor berapa yang membuat Anda tertarik? Jika Anda ingin membeli roller blind murah, Anda bisa mendapatkannya di D’Big Interior. Perusahaan ini jual berbagai roller blind dengan harga terjangkau. Informasi lengkap dan pemesanan bisa dilakukan di website resminya yaitu dbiginterior.co.id.

Itulah beberapa roller blind yang bisa Anda pertimbangkan. Setiap jenisnya tentu saja punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Keduanya tentu saja bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks