Indonetwork, Peralatan Industri – Sekarang ini banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem hidrolik dalam menjalankan aktivitas industrinya. Sistem ini banyak digunakan karena memiliki keunggulan dibandingkan sistem lainnya, seperti sistem mekanik, listrik, dan sistem pneumatik. Sistem hidrolik merupakan suatu sistem yang memanfaatkan zat cair sebagai tenaga penggerak sehingga sistem yang dijalankan lebih mudah dan fleksibel. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan aktivitas industri yang dijalankan, memilih perusahaan distributor jual hidrolik pertambangan menjadi suatu hal yang vital.

Gambaran Umum Hidrolik

Bagi Anda yang sudah bergelut di bidang mesin, rasanya tidak asing lagi dengan sistem hidrolik. Penggunaan sistem hidrolik banyak digunakan pada kalangan pengguna bisnis sektor perusahaan, industri, manufaktur, konstruksi, hingga pertambangan. Pada umumnya sistem hidrolik banyak ditemukan pada banyak alat seperti excavator, bulldozer, crane, forklift, dum truck, pesawat terbang, kemudi kapal, pengereman, power steering mobil, dan lain sebagainya.

Istilah hidrolik sendiri berasal dari Bahasa Yunani hydro (yang berarti air) dan aulos (yang berarti pipa). Hidrolik atau hidraulis adalah suatu mekanikal yang memanfaatkan fluida atau oli sebagai sumber tenaga penggerak utama mesin. Fluida digunakan sebagai penerus gaya untuk kemudian diubah menjadi tenaga. Prinsip dasar dari sebuah hidrolik adalah jika suatu zat cair mendapat tekanan, maka tekanan tersebut akan merambat ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya.

Jual Hidrolik Pertambangan
Sumber: Bintangteknikadiyasa.com

Prinsip Kerja Hidrolik

Sistem hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan menggunakan media pengantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari awal yang dikeluarkan. Fluida diubah tekanannya oleh pompa hidrolik yang kemudian diteruskan ke komponen silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup. Proses tersebut menciptakan gerakan translasi batang piston dari silinder kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder yang dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur atau gerakan putar satu arah. Dalam setiap desain dasar sistem hidrolik, akan ada dua piston yang terhubung ke silinder bersama. Saat menerapkan tekanan pada piston, cairan bergerak melalui silinder dan masuk piston ke kedua.

Cairan fluida atau oli yang digunakan untuk menggerakkan komponen mesin harus memiliki standar terbaik dan memiliki kode SAE (Society of Automotive Engineer) yang sesuai spesifikasi mesin. Hal ini bertujuan agar tenaga yang dihasilkan dapat maksimal menggerakan attachment atau part mesin. Berkat adanya sistem ini proktivitas semakin efisien dan efektif. Inilah alasan mengapa memilih perusahaan distributor jual hidrolik pertambangan harus berhati-hati. Sistem hidrolik yang biasa digunakan pertambangan dapat mengangkat beban material mencapai ratusan kilogram.

BACA JUGA: SISTEM HIDROLIK: KELEBIHAN, KELEMAHAN, DAN REKOMENDASI MEREK TERBAIK

Komponen Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik memiliki banyak komponen. Setiap komponen memiliki peranannya masing-masing. Setidaknya terdapat delapan komponen yang bekerja, tiga komponen utama di antaranya adalah Input Power (pompa hidrolik), Unit Penyalur (oli didalam selang hidrolik), dan Akutator. Ketika pompa hidrolik memberikan tenaga dorongan pada oli di dalam saluran hidrolik, maka oli tersebut akan meneruskan daya dari motor untuk dikonversi menjadi gerakan mekanis melalui aktuator.

Jual Sistem Hidrolik Pertambangan
Sumber: Liebher.com

1. Pompa Hidrolik

Pompa hidrolik menjadi awal mula mekanisme sistem hidrolik bekerja. Ketika pompa ini bergerak maka fluida pun ikut bergerak. Biasanya terdapat tiga jenis pompa hidrolik yang dipakai yaitu poppet, piston, dan pilot. Masing-masing dari jenis tersebut memiliki cara dan mekanisme yang berbeda.

2. Control Valve

Control Valve adalah bagian dari sistem hidrolik yang berperan mengendalikan besar desakan yang digunakan serta mengendalikan arah saluran dari fluida. Terdapat  banyak jenis control valve yang kerap kali digunakan antara lain Pressure Relief Valves, Pressure Regulating Valves, Cek Valve, Sequence Valve, dan Pilot Valve.

3. Aktuator

Dalam menjalankan sistem hidrolik, aktuator berperan dalam hal mengganti energi yang ada di dalam saluran fluida menjadi pergerakan mekanis yaitu aktuator. Ada dua jenis aktuator yang biasa digunakan. Jenis pertama adalah tipe tabung atau piston yang banyak atau umum digunakan dalam sistem hidrolik. Terdapat pula piston di dalam tabung yang berfungsi untuk menggerakkan benda sewaktu tertekan fluida. Sedangkan jenis kedua adalah rotary. Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis yang kedua ini bergerak berputar-putar saat diberi desakan fluida.

4. Reservoir Tank

Reservoir tank bertugas menyimpan fluida (tersimpan di dalam tangki). Di dalam tangki terdapat cadangan fluida yang dibutuhkan saat proses hidrolik berlangsung.

5. Penyalur Hidrolik

Unit penyalur hidrolik ini berbentuk selang atau tube. Selang yang digunakan merupakan selang yang mampu bertahan dalam tekanan tinggi karena tekanan fluida dalam sistem hidrolik bekerja dengan sangat berat.

6. Fluida

Fluida bertugas menghantarkan energi dari pompa ke aktuator. Komponen ini hanya memindahkan energi dari bagian pompa ke aktuator. Bukan hanya berupa zat cair, fluida juga dapat berupa gas. Meski begitu, fluida berisi zat cair lebih cocok karena memiliki molekul yang besar dan lebih tahan terhadap panas. Sehingga bisa diberi tekanan tinggi tanpa adanya kebocoran.

BACA JUGA: 3 JENIS POMPA HIDROLIK PALING POPULER

7. Filter

Komponen selanjutnya dari sistem hidrolik adalah filter yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyaring kotoran yang ada di fluida. Jadi, kotoran tersebut tidak ikut tersirkulasi. Filter biasanya diposisikan pada saluran suction pompa hidrolik. Selain itu wajib dijaga kebersihannya supaya saluran fluida tidak terhalang dan hasil kerjanya maksimal dalam menyaring kotoran.

8. Akumulator

Akumulator dalam sistem hidrolik berfungsi untuk energi desakan pada fluida hidrolik dalam bentuk gas agar tidak mengusik aktuator yang sedang bekerja . Tidak semua hidrolik menggunakan alat ini karena hanya merupakan alat tambahan.

Rekomendasi Perusahaan Jual Hidrolik Pertambangan

Bagi Anda yang sedang mencari peralatan industri pertambangan dengan kualitas dan harga terbaik, Anda bisa mendapatkannya di PT. Bintang Teknik Adiyasa. Perusahaan yang juga jual hidrolik pertambangan ini adalah salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai macam produk seperti Sparepart Hydraulic, Pump Hydraulic, Hydraulic Pressure Control, Solonoid Valve, Hydraulic Motor dan beberapa jenis produk Valve seperti: Check Valve, beserta Assesories lainnya.

Author

Enable Notifications OK No thanks