Indonetwork, Peralatan Industri – Banyak industri menggunakan sistem hidrolik karena memiliki keunggulan dibandingkan sistem mekanik, listrik, ataupun pneumatik. Sistem ini mentransmisikan daya dengan menggunakan tekanan cairan yang tidak dapat dimampatkan, biasanya minyak, dalam sistem tertutup. Hidrolik digunakan di berbagai instrumen seperti derek, forklift, wahana taman hiburan, pesawat terbang, kemudi kapal, pengereman, power steering mobil, dan sebagainya. Di bawah ini adalah sedikit penjelasan mengapa sistem ini banyak digunakan serta rekomendasi tempat jual hidrolik Yuken sebagai salah satu brand hidrolik terbaik.

Sistem hidrolik mentransmisikan daya dengan menggunakan tekanan fluida yang tidak dapat dimampatkan dalam sistem tertutup. Biasanya cairan yang tidak dapat dimampatkan ini adalah minyak. Dalam setiap desain dasar sistem hidrolik, akan ada dua piston yang terhubung ke silinder bersama. Saat menerapkan tekanan pada piston, cairan bergerak melalui silinder dan masuk ke piston kedua, sistem ini menggunakan hukum Pascal (F {P x A}).

Kelebihan Hidrolik

1. Sistem Hidrolik

Hidrolik mudah digunakan, alat ini memiliki tuas dan tombol tekan yang memudahkan untuk memulai, menghentikan, mempercepat dan mengurangi kecepatan. Kontrol ini juga memungkinkan pengendalian yang akurat. Sistem tenaga fluida berarti dapat dengan mudah mengatasi rentang berat yang besar tanpa harus menggunakan roda gigi, puli, atau alat berat. Hal ini memberikan gaya dan torsi yang konstan, terlepas dari seberapa cepat kecepatannya, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dalam sistem pneumatik, listrik, atau mekanik.

Jual Hidrolik Yuken
Sumber: www.yuken.co.jp

Setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Itu dipilih tergantung pada aplikasi yang ingin dijalankannya. Saat ini, hidrolika banyak digunakan karena dapat mentransfer energi atau daya secara efektif ke lokasi terpencil. Sistem hidrolik dicirikan sebagai sistem yang mudah dan fleksibel dengan gerakan yang gesit. Berikut adalah beberapa keuntungan dari sistem hidrolik:

  • Sistem hidrolik mudah dikendalikan dan akurat. Karena, operator sistem dapat dengan mudah memulai, menghentikan, mempercepat, dan memperlambat sistem menggunakan tuas sederhana dan tombol tekan.
  • Hanya sistem hidraulik yang dapat menghasilkan torsi atau gaya konstan terlepas dari perubahan kecepatan.
  • Kebocoran sistem hidrolik mudah dikenali.
  • Sistem pelumasan terpusat yang secara otomatis melumasi dan melindungi titik yang tepat.
  • Sejumlah besar daya dapat ditransmisikan melalui sistem hidrolik menggunakan selang dan tabung fleksibel kecil.
  • Sistem hidrolik memiliki kemampuan untuk mempertahankan viskositas udara, densitasnya dan suhu fluida di lingkungan yang sangat panas.
  • Menggunakan tenaga hidrolik dapat ditransmisikan melalui saluran yang fleksibel dan bervariasi.
  • Besarnya gaya pada sistem penggerak dapat disesuaikan dengan perkalian gaya.
  • Komponen hidraulik memungkinkan variasi kecepatan mikrometri.
  • Minimalkan suara yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 3 JENIS POMPA HIDROLIK PALING POPULER

2. Perawatan Hidrolik

Sistem listrik dan mekanik membutuhkan lebih banyak perawatan. Kedua sistem tersebut biasanya membutuhkan pelumasan sekitar setiap 80 jam operasi serta pemeriksaan rutin kabel listrik dan pemeriksaan operasional lainnya. Kegagalan satu komponen dalam sistem ini menyebabkan semua komponen lain dalam rantai gagal yang mengakibatkan kerusakan seluruh mesin.

Jual Hidrolik Yuken Murah
Sumber: www.yuken.co.jp

Sistem hidraulik menggunakan cairan in-kompresibel densitas tinggi, yang cenderung tidak bocor daripada gas dalam sistem pneumatik. Ini berarti biaya pemeliharaan akan lebih rendah daripada kedua sistem tersebut. Hidrolik juga tidak menyebabkan percikan api sehingga lebih aman untuk digunakan dan dapat digunakan di berbagai tempat, seperti pabrik kimia dan tambang, di mana bahaya kebakaran bisa sangat berbahaya.

Sistem hidrolik bekerja dengan baik di lingkungan yang panas, di mana sistem lain mungkin terlalu panas dan berhenti bekerja. Sistem kelistrikan khususnya bisa menjadi sangat panas dan menghasilkan panas yang berlebihan. Hal tersebut tidak hanya berbahaya di internal sistem karena panas ini dapat berpindah ke lingkungan sekitar, yang berarti bahwa di ruangan mana pun sistem itu berada akan menjadi sangat panas. Hal ini akan membuat lingkungan kerja tidak nyaman bagi setiap orang yang harus bekerja di sekitar mereka.

Baca Juga: PT. BINTANG TEKNIK ADIYASA SELALU MENJAMIN KUALITAS PRODUK

Kelemahan Sistem Hidrolik

Setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga meskipun sistem hidrolik memiliki banyak kelebihan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  • Cairan hidrolik adalah persyaratan utama dari setiap sistem hidrolik. Kebocoran cairan ini akan menciptakan masalah lingkungan dan masalah keamanan.
  • Kontaminan yang ada dalam cairan hidrolik akan merusak kinerja dan produktivitas sistem. Oleh karena itu, diperlukan penyaringan terus menerus.
  • Pemilihan cairan hidrolik yang salah untuk suatu sistem akan merusak komponen.
  • Diperlukan perawatan yang tepat.

Merek-merek Pompa Hidrolik Terbaik

Karakteristik dari berbagai merek pompa hidrolik berbeda-beda, masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Selain distributor jual hidrolik Yuken India Ltd yang dapat Anda jumpai dengan mudah seperti di bawah ini, terdapat beberapa brand lain di pasaran. Di pasaran saat ini terdapat beberapa merek pompa hidrolik terbaik dalam hal ketahanan dan keandalannya yaitu Bosch Rexroth, Dakin, Nachi, Parker Denison, Toyooki, Eaton Vickers, Anson, Atos, dan Polyhydron Pvt Ltd. Untuk membantu dalam mempertimbangkan pemilihan hidrolik tersebut, berikut ini adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan:

  • Aliran pompa hidrolik
  • Tekanan kerja sistem hidrolik
  • RPM minimum dan maksimum penggerak utama
  • Perpindahan tetap atau perpindahan variabel

Rekomendasi Distributor Jual Hidrolik Yuken

Banyak industri yang menggunakan hidrolik Yuken seperti permesinan, alat berat, otomotif, transportasi, pertambangan, minyak, gas, hingga industri pengecoran. Oleh karenanya, PT. Bintang Teknik Adiyasa jual hidrolik Yuken berkualitas dengan harga terbaik. Perusahaan yang berlokasi di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan tersebut juga menyediakan berbagai macam jenis produk industri seperti: Sparepart Hydraulic, beberapa jenis produk Valve, beserta Assesories lainnya dengan berbagai jenis merek terkenal di Indonesia.

Author

Enable Notifications OK No thanks