Indonetwork, Bahan BangunanSebelum membangun sebuah rumah, tentunya Anda perlu mempersiapkan biaya dan bahan-bahan bangunan. Menentukan jumlah batako untuk rumah ukuran 6×9, dapat Anda hitung secara mandiri.

Meskipun terlihat sedikit rumit, akan tetapi perhitungan ini bisa menjadi mudah ketika Anda sudah memiliki gambaran ataupun bayangan dinding-dinding apa saja yang akan Anda bangun.

Jumlah batako yang dibutuhkan untuk setiap jenis atau tipe rumah berbeda-beda. Hal ini bergantung pada luas dan jumlah ruangan yang diinginkan, karena hal tersebut bisa menentukan seberapa luas dinding yang akan dibangun.

Jenis-Jenis Batako

cara menghitung jumlah batako untuk rumah ukuran 6x9
Sumber: Darkmoon_Art

Sebelum mencari tahu berapa jumlah batako untuk rumah ukuran 6×9 yang dibutuhkan, Anda perlu menentukan jenis batako yang akan digunakan terlebih dahulu.

Mengingat setiap batako memiliki dimensi dan bentuk yang berbeda-beda. Berdasarkan bahan pembuatannya, terdapat 3 jenis batako.

1. Batako Trass

Trass merupakan tanah berwarna putih dan air. Jenis batako ini terbuat dari campuran batu kapur.

Berdasarkan proses pembuatannya, batako trass diproduksi dengan membakarnya setelah dicetak sampi seluruhnya keras. Batako trass sering disebut sebagai bata putih, karena memiliki tampilan yang hampir mirip.

2. Batako Semen

Jenis batako semen terbuat dari semen dan pasir yang dicampur, sehingga banyak yang menyebut jenis batako ini dengan batako press.

Batako semen memiliki luas penampang lubang yang berukuran seperempat dari isi batako. Selain itu, juga terdapat dua hingga tiga lubang untuk pengisian adukan.

3. Batako Beton

Jenis batako beton terbuat dari semen Portland (PC) dan pasir yang dibuat dengan cara dicetak. Batako ini memiliki karakteristik yang keras, sehingga daya tahannya lebih kuat daripada jenis batako lain. Selain itu, batako beton juga mampu menahan guncangan saat gempa terjadi.

Macam Ukuran Batako

Apabila Anda telah menentukan jenis batako yang akan digunakan, maka saat ini waktunya menentukan ukuran batako yang akan digunakan. Berikut beberapa ukuran batako yang tersedia di pasaran.

ukuran macam macam batako

Baca Juga: 7 Tips Jitu Memilih Jasa Renovasi Rumah agar Tidak Rugi

Jumlah Batako untuk Rumah Ukuran 6×9

jumlah batako untuk rumah ukuran 6x9
Sumber: Pexels

Batako adalah campuran antara pasir dan semen dengan perbandingan tertentu. Di pasaran, terdapat berbagai jenis batako dengan dimensi berbeda-beda.

Umumnya, batako yang sering digunakan adalah batako berdimensi 10 cm x 20 cm x 40 cm. Apabila menggunakan batako dengan ukuran tersebut, berarti kebutuhan batako Anda per meter persegi adalah 11 buah.

Cara menghitung kebutuhan batako untuk membuat rumah berukuran 6×9 (panjang 6, lebar 9, dan tinggi 4), berarti Anda membutuhkan batako setidaknya sebanyak 264 hingga 270 buah. Perhitungan tersebut didasarkan dari panjang x tinggi x jumlah batako per meter persegi dan menghasilkan angka 264.

Jumlah tersebut bisa Anda bulatkan menjadi 270 atau 300 untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan seperti batako pecah.

Langkah-Langkah Membangun Dinding Batako agar Rata

Beberapa orang tertarik untuk membangun rumah mereka sendiri. Hal ini tentunya akan sangat menyenangkan, karena mereka dapat merealisasikan apa yang diinginkan pada bangunan rumah mereka.

Apabila Anda tertarik untuk membangun rumah sendiri, pastikan Anda sudah belajar atau mencari informasi terkait pembuatan rumah. Mulai dari tahapan-tahapannya hingga tips dalam membangun dinding.

Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa peralatan yang bisa menunjang pembangunan rumah. Berikut beberapa peralatan yang harus Anda siapkan ketika membangun dinding batako.

  • Tiang kayu lurus untuk tiang pancang
  • Pasir halus tanpa ada batu kerikil
  • Batu lot untuk mengukur kelurusan tiang pancang
  • Selang timbangan air untuk menentukan rata pemasangan batako pertama
  • Benang tukang untuk membuat jalur pemasangan yang lurus

Setelah Anda siap dengan beberapa peralatan di atas, Anda siap untuk membangun dinding rumah Anda. Berikut beberapa langkah-langkah membangun dinding rumah yang bisa menjadi panduan Anda agar bisa menghasilkan dinding batako yang rata dan tidak retak.

  1. Letakkan tiang pancang di setiap sudut area pemasangan
  2. Setelah itu, rentangkan benang dari ujung ke ujung untuk memastikan jalur yang akan Anda bangun lurus
  3. Lakukan pemasangan batako pertama
  4. Pastikan bahwa Anda menyusun batako secara selang-seling agar dinding bisa tersusun dengan erat

Baca Juga: 6 Tips Mudah Bangun Rumah Dari Nol dan Hemat Biaya

Produsen Batako di Indonesia

jumlah batako untuk rumah ukuran 6x9
Sumber: Pinterest

Terdapat banyak sekali produsen batako di Indonesia yang bisa Anda temui di toko-toko offline. Tidak hanya itu, saat ini Anda juga bisa membeli batako di online store. Salah satu produsen yang menjual batako bata ringan adalah PT. Triputra Jaya Makmur.

PT. Triputra Jaya Makmur menyediakan berbagai macam material alam seperti pasir, batu gunung, batu pecah, batu koral, bati beton, batako, bata merah, bata ringan, dan lain sebagainya. Apabila Anda memerlukan referensi lain terkait produsen batako, Anda bisa melakukan penelusuran pada e-commerce Indonetwork.

Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan.

Itulah jenis, ukuran, langkah-langkah untuk membangun dinding batako yang rata dan anti retak, hingga jumlah batako untuk rumah ukuran 6×9. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks