Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaMemiliki rumah tentu saja menjadi banyak impian orang. Maka dari itu, proses membangun rumah tidak bisa asal-asalan agar rumah sesuai dengan apa yang Anda impikan dan terasa nyaman. Tips seputar bangun rumah pun sudah sangat mudah untuk Anda temukan di internet maupun platform lainnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin membangun rumah dari nol. Misalnya saja membeli tanah lokasi pembangunan, harga material barang, hingga ongkos membayar para pekerja. Tentunya membangun rumah diperlukan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi jika Anda dapat melakukan perencanaan dengan baik, Anda akan mendapatkan rumah impian Anda dengan biaya yang hemat. 

Berikut tips bangun rumah dari nol dan hemat biaya yang bisa Anda ikuti!

Tips Bangun Rumah Hemat Biaya

membangun rumah

Membangun rumah tentu memerlukan perencanaan yang matang agar nantinya tidak terjadi kesalahan saat pembangunan. Belum lagi memperkirakan biaya yang diperlukan dan waktu pengerjaan. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat membangun rumah. Berikut cara hemat biaya pada saat membangun rumah dari nol.

1. Membuat Perencanaan Bangunan

Hal utama yang harus diperhatikan pada saat ingin membangun rumah dari nol adalah membuat perencanaan dana bangunan. Hal ini dilakukan agar nantinya keseluruhan proses pembangunan dapat berjalan lancar dan tidak terjadi kekurangan budget.

Selain itu, Anda juga harus membuat perhitungan lamanya waktu pembangunan dan konsultasikan dengan kontraktor mengenai keseluruhan proses pembangunan. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan bayangan tentang proses pembangunan rumah dan mendapatkan hasil akhir yang sesuai impian.

2. Mengetahui Harga Barang Bangunan

Selanjutnya, ada baiknya Anda mengetahui harga material bangunan. Pada saat membangun rumah, pastikan Anda memiliki material bangunan yang cukup. Material bangunan dasar yang wajib ada pada saat membangun rumah adalah semen, batu bata, pasir, cat, kayu dan sebagainya. Harga yang dimiliki setiap material berbeda beda, Anda bisa membandingkan dari satu toko dan toko lainnya untuk mendapatkan harga yang paling ideal.

Misalnya harga cat tembok dengan merek dan warna yang sama di toko A seharga Rp 90.000,00 dan harga di toko B  Rp 120.000,00. Karena memiliki perbedaan yang cukup jauh, maka Anda bisa membeli di toko A. Oleh karena itu, pilihlah bahan material dengan harga terjangkau namun tidak mengurangi kualitas. 

BACA JUGA: Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan? Atasi Dengan Tips Ini

3. Menyiapkan Dana 

budgeting bangun rumah

Hal yang paling penting dalam membangun rumah adalah menyiapkan dana. Saat membangun rumah, paling tidak Anda harus menyiapkan dana cadangan senilai 10% dari perkiraan dana total keseluruhan pembangunan yang sudah dirancang. Buatlah perkiraan budget untuk membangun rumah Anda dari nol hingga selesai.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadinya kelebihan budget yang sudah ditentukan. Saat ada keperluan mendadak seperti kurangnya bahan, kesalahan ukuran, dan lain sebagainya, Anda dapat menggunakan dana darurat ini agar pembangunan rumah tetap sesuai dengan rencana dan impian Anda.

4. Menghitung Biaya Pekerja Selama Pembangunan

Saat membangun rumah, sudah pasti membutuhkan tenaga kerja. Tanpa tenaga kerja, membangun rumah akan terasa berat. Biasanya biaya tenaga kerja bervariasi yang di dipengaruhi oleh lokasi pembangunan pekerja bangunan. 

Penentuan biaya tenaga kerja bangunan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pekerja harian dan pekerja borongan. Biasanya, orang-orang akan lebih memilih pekerja borongan karena pada saat memilih pekerja harian, itu artinya Anda harus membayar para pekerja sesuai jumlah hari mereka bekerja. Hal ini bisa membuat mereka bekerja santai sehingga menghambat pembangunan dan memaksa Anda membayar lebih. 

5. Pilih Desain Ruangan Minimalis 

Sebelum menyiapkan biaya, Anda juga harus memperhatikan desain rumah impian Anda dan pastikan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Anda dapat memilih membangun ruangan dengan ukuran minimalis agar nantinya bahan yang diperlukan sedikit. 

Beberapa contoh desain minimalis adalah dengan membuat ruangan keluarga yang sekaligus dapat dijadikan ruang tamu, sehingga tidak memakan banyak ruang. Dengan memiliki ruang minimalis Anda tidak perlu membeli banyak barang dan dapat meminimalisir pengeluaran Anda.

6. Membangun Rumah Secara Bertahap

Membangun rumah tidak harus tergesa-gesa. Jika Anda bingung dalam merencanakan biaya keseluruhan, Anda dapat membangun rumah secara bertahap.

Anda dapat membangun pondasi rumah terlebih dahulu, dilanjutkan dengan mendirikan bangunan, pemasangan atap, hingga terakhir masuk ke tahap finishing. Dengan cara bertahap, Anda dapat mengetahui pengeluaran biaya sesuai tahap pembangunan awal, alu Anda dapat menabung kembali untuk tahap berikutnya.

Cara seperti ini dapat membuat Anda hemat biaya. Selain itu, membangun  secara bertahap dapat menghindari terbuangnya material yang tak terpakai.

BACA JUGA: Inspirasi Gaya Arsitektur Bangunan Rumah Hunian

Itulah 6 tips bangun rumah dari nol dan hemat biaya, semoga dapat membantu menambah pengetahuan Anda. 

Jika Anda sedang renovasi rumah dan butuh tempat untuk tinggal sementara, Anda dapat menggunakan jasa sewa pindahan rumah untuk membantu Anda memindahkan barang-barang di rumah Anda dengan CV. Citra Mandiri Moving.

Selain melakukan pemindahan rumah, CV. Citra Mandiri Moving juga dapat melakukan proses pemindahaan komersial (kantor, ruko, gudang, dan pabrik), CV Citra Mandiri melayani Jasa Pindahan (Moving Service), Jasa Pengepakan (Packing Service), Jasa Pengiriman Barang, Ekspedisi, dan Kargo di Surabaya. 

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks