Indonetwork, Tips & Trik – Setelah lebaran usai, beberapa wilayah di indonesia saat ini mulai sering diguyur hujan kembali. Bagi Anda yang memiliki anak kecil atau bahkan bayi harus lebih berhati-hati dikarenakan cuaca seperti ini mendukung berbagai serangga seperti nyamuk untuk berkembang biak. Maka dari itu simak rangkaian tips berikut ini untuk melindungi anak Anda dari gigitan nyamuk tanpa biaya mahal seperti dengan menggunakan kasa nyamuk murah.

Tips Melindungi Anak dari Gigitan Nyamuk

1. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Gunakan lotion anti nyamuk yang terdaftar di Badan Perlindungan Obat dan Makanan (BPOM) dengan salah satu bahan aktif di bawah ini. Ketika digunakan sesuai petunjuk, lotion yang terdaftar di BPOM terbukti aman bahkan untuk anak-anak hingga wanita hamil dan menyusui.

  • DEET
  • Picaridin (dikenal sebagai KBR 3023 dan icaridin di luar AS)
  • IR3535
  • Minyak lemon eucalyptus (OLE)
  • Para-mentan-diol (PMD)
  • 2-undecanone
Tips Hindari Gigitan Nyamuk
Sumber: Hellomagazine.com

Catatan:

  • Jangan gunakan produk yang mengandung minyak lemon eucalyptus (OLE) atau para-menthane-diol (PMD) pada anak di bawah 3 tahun.
  • Jangan mengoleskan obat nyamuk ke tangan, mata, mulut, luka, atau kulit anak yang teriritasi.
  • Semprotkan obat nyamuk atau ambil sedikit lotion ke tangan Anda lalu oleskan ke wajah anak.
  • Jangan menyemprotkan repellent pada kulit di bawah pakaian.
  • Kunjungi situs BPOM untuk mempelajari lebih lanjut

2. Gunakan Kasa Nyamuk

Jika Anda ingin solusi hemat tanpa  bahan kimia, maka kasa nyamuk murah dapat menjadi pilihan. Gunakan kasa nyamuk pada jendela dan pintu. Kini juga telah tersedia produsen jual kasa nyamuk magnet yang memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan kasa nyamuk lipat.

Kasa Nyamuk Murah
Sumber: Istockphoto.com

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kelambu yang diberi permetrin memberikan perlindungan lebih dari kelambu yang tidak diberi. Jangan mencuci kelambu atau menjemurnya di bawah sinar matahari. Hal tersebut akan memecah insektisida lebih cepat. Tutupi pula kereta bayi dan gendongan bayi dengan kelambu.

3. Cegah Perkembang Biakan Nyamuk

Hentikan nyamuk bertelur di air atau dekat air. Setidaknya seminggu sekali, kosongkan dan gosok, balikkan, tutupi, atau buang barang-barang yang menahan air, seperti bak kamar mandi, ember, mainan, kolam, tempat mandi burung, pot bunga, tempat sampah, dan lain-lain.

Tips Hindari Gigitan Nyamuk
Sumber: Homeanddecor.com.sg

4. Gunakan Permetrin

Dandani anak Anda dengan pakaian yang menutupi lengan dan kaki. Anda juga dapat menggunakan permetrin untuk merawat pakaian dan perlengkapan (seperti sepatu bot, celana, kaus kaki, dan tenda anak) atau membeli pakaian dan perlengkapan yang mengandung permetrin. Permetrin adalah insektisida yang membunuh atau mengusir nyamuk. Pakaian yang diberi permetrin memberikan perlindungan setelah beberapa kali dicuci. Baca informasi produk untuk mengetahui berapa lama perlindungan akan bertahan. Jangan gunakan produk permetrin langsung pada kulit.

Baca Juga: 5 JENIS NYAMUK YANG PALING BERBAHAYA DI INDONESIA

5. Gunakan Bahan Herbal

Minyak atsiri dapat memiliki banyak manfaat. Dari menghilangkan stres hingga tidur nyenyak, pengguna minyak esensial telah menemukan banyak aplikasi untuk minyak yang diturunkan secara alami ini. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak esensial DIY dengan serai, lavender, peppermint, catnip, minyak pohon teh, minyak esensial clary sage, tea tree oil, rosemary oil, dan lain-lain. Karena setiap orang memiliki preferensi aroma yang berbeda, silakan bereksperimen sampai Anda menemukan yang cocok untuk Anda. Juga, penting untuk dicatat bahwa obat nyamuk menggunakan aroma lain untuk menyamarkan aroma tubuh Anda. Karena bau setiap orang sedikit berbeda, apa yang cocok untuk Anda mungkin tidak cocok untuk teman atau keluarga Anda.

Baca Juga: 5 JENIS KASA NYAMUK YANG POPULER DI INDONESIA

Bagi mereka yang baru mengenal minyak esensial, penting untuk dicatat bahwa Anda dapat menggunakannya secara topikal pada kulit Anda (tetapi tidak pada kulit sensitif di dekat mata Anda, dll) atau menyebarkannya dengan diffuser. Minyak atsiri, meskipun alami dan nabati, bisa sangat ampuh. Harap teliti keefektifan dan aplikasinya sebelum menggunakan produk apa pun. Minyak esensial ini dapat menghilangkan nyamuk dan kutu-kutu kecil, jika terus menggunakannya hingga 14 hari maka akan mengganggu siklus hidup nyamuk dan kutu tersebut sehingga dapat memastikan mereka kesulitan bertahan hidup di properti Anda.

Mengobati Gigitan Nyamuk

Terkadang meski dengan menggunakan obat nyamuk, anak Anda masih bisa mendapat gigitan nyamuk yang gatal dan menyakitkan. Untuk mengobati gigitan nyamuk tersebut, Anda bisa mencoba menggosokkan cuka sari apel di tempat gigitan. Menempatkan irisan bawang merah mentah atau bawang putih yang baru dipotong pada gigitan juga dapat meredakan dan mencegah infeksi. Krim anti-gatal atau antihistamin yang dijual bebas, seperti losion kalamin atau krim hidrokortison, juga dapat membantu. Namun jika Anda atau anak mengalami infeksi atau reaksi alergi karena sejumlah gigitan nyamuk, perhatikan gejalanya dan hubungi dokter. Gejala tersebut meliputi suhu tinggi, nanah atau berdarah di tempat gigitannya, hingga keropeng yang tidak mau hilang.

Produsen Jual Kasa Nyamuk Murah Berkualitas

CV. D’big Interior yang berlokasi di kawasan Kalideres, Jakarta Barat jual kasa nyamuk murah berkualitas dengan variasi pilihan desain dan model sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Perusahaan tersebut menyediakan berbagai tipe kasa nyamuk murah bermerek Onna seperti roll side, lipat, dan magnet. Semua produk terbuat dari berbagai material terbaik dengan desain simple sekaligus menarik. Dengan menggunakan produk dari D’big Interior, Anda juga bisa mendapatkan harga khusus free survey dan installation, diskon up to 45%.

Author

Enable Notifications OK No thanks