Indonetwork, Bahan Kimia – Bahan-bahan kimia memiliki banyak sekali jenis dan juga kegunaanya, BHT Food Grade salah satunya.

Karena mengandung kata-kata “food”, seringkali orang-orang terjebak bahwa bahan kimia tersebut hanya bisa digunakan untuk makanan saja dan tidak bisa diaplikasikan untuk kegunaan lainnya. Padahal, bahan ini memiliki banyak kegunaan bukan lainnya pula.

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian, kegunaan, dan tentunya kami akan memberikan rekomendasi kepada Anda terkait perusahaan yang jual BHT Food Grade terpercaya untuk kebutuhan Anda.

Pengertian BHT Food Grade

bht foodgrade
Sumber: Unsplash

BHT Food Grade yang memiliki bahasa ilmiah Butylated hydroxytoluene merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai zat anti oksidan. Adalah bahan yang mampu memperlambat laju oksidasi dari suatu bahan yang bisa menyebabkan adanya perubahan terhadap rasa dan juga warna.

Bahan ini biasanya ada pada kosmetik sebagai pelembab dan juga beberapa makanan. Keamanan penggunaan BHT pada makanan ini juga sudah diawasi oleh USFDA. Yang perlu diingat, penggunaan BHT pada makanan perlu disesuaikan dengan jumlah yang telah ditentukan agar takarannya sesuai.

Baca Juga : PENGGUNAAN BHT FOOD GRADE DALAM MAKANAN KEMASAN

Kegunaan BHT Food Grade

minyak BHT foodgrade
Sumber: Pexels

1. Sebagai suplemen makanan

BHT Food Grade banyak dijadikan kapsul untuk suplemen makanan. Manfaat dari BHT Food Grade ini adalah anti virus terutama bagi penderita herpes, selain itu bahan ini  juga bisa digunakan digunakan sebagai kombinasi pada lisin dan juga pada vitamin c. 

2. Pengawet pada minyak agar tidak bau

BHT berfungsi untuk memperlambat oksidasi mampu menjadi zat antioksidan terutama pada makanan yang memiliki kandungan lemak. Minyak adalah salah satu yang bisa dicampurkan dengan BHT Food grade agar tidak bau tengik.

Berbagai macam jenis minyak seperti minyak sayur, minyak dari lemak binatang, minyak jeruk, minyak geranium bisa menggunakan campuran BHT. Untuk takarannya sendiri bisa disesuaikan dengan aturan yang ada di BPOM supaya aman untuk dikonsumsi.

3. Produk kosmetik

Bht Food Grade bisa digunakan dalam produk kosmetik sebagai antioksidan biasanya bisa digunakan juga untuk pelembab. Untuk takaran penggunaannya sekitar 0,01 persen. Bisa dicek lebih lanjut pada BPOM, yang jelas takaran untuk makanan dan kosmetik sangatlah berbeda.

4. Zat aditif makanan

BHT telah dianggap menjadi zat aditif pada makanan yang aman apabila dikonsumsi asalkan digunakan dalam takaran yang sesuai dengan dosis seharusnya. Bahan ini biasanya digunakan untuk makanan kemasan ataupun cepat saji agar tidak mengubah warna, bau, dan juga rasa pada makanan yang ada di dalamnya.

Mengingat makanan mudah sekali dipengaruhi oleh suhu ruangan, cahaya, oksigen, dan sebagainya sehingga membutuhkan zat aditif dalam hal ini BHT Food Grade untuk bisa menjaga kesegaran dari makanan tersebut terutama yang berada dalam kemasan.

Contoh yang bisa menggunakan BHT seperti makanan sereal. Batas pada setiap makanan berbeda-beda, tetapi yang paling utama tidak boleh berlebih karena dapat menimbulkan dampak negatif pada orang yang terlalu banyak memakannya.

5. Menstabilkan Susu

BHT bisa digunakan campuran untuk menstabilkan susu, contohnya pada susu bubuk.

6. BHT digunakan untuk permen karet

Ternyata BHT bisa digunakan untuk basis bahan pada permen karet dengan takaran yang pas agar permen karet tidak menjadi keras dan juga gambar akibat adanya oksidasi. Dengan adanya BHT permen karet bisa tetap elastis ketika dikunyah dan tetap memiliki rasa.

7. Mengawetkan kacang

Beberapa makanan seperti kacang-kacangan yang disangrai dapat diawetkan dan distabilkan menggunakan BHT dan juga campuran bahan lainnya seperti BHA untuk menjaga kerenyahannya dan tentunya menjaga buah daripada kacang tersebut dari adanya oksidasi. Selain ketujuh hal itu, BHT bisa mencegah pembentukan peroksida pada dietil eter dan juga laboratorium lainnya bahan kimia. BHT  juga bisa digunakan juga untuk industri farmasi, karet, bahkan juga cairan pembalseman.

BACA JUGA: MANFAAT DAN BATAS PENGGUNAAN VASELINE EX IRAN PADA KULIT

BHT Food Grade ternyata memiliki banyak sekali manfaat bukan hanya sebatas untuk makanan saja ternyata bisa untuk kosmetik juga. Karena bahan tersebut adalah bahan kimia maka yang perlu diingat bersama adalah takaran penggunaan bahan tersebut.

Jangan menggunakannya secara berlebihan agar tidak menimbulkan bahan negatif. Perhatikan takaran minimal yang sesuai pada produk industri Anda agar aman bagi konsumen dan tentu tidak merusak kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda. Cek keamanan pada BPOM dan lebih baik konsultasikan lagi dengan ahli gizi maupun ahli dalam kosmetik untuk bisa mendapatkan saran terbaik penggunaan BHT sebagai bahan dalam produksi industri Anda.

Rekomendasi Distributor jual BHT Food Grade

Bagi Anda yang membutuhkan bahan kimia BHT Food Grade untuk kebutuhan makanan, kosmetik, dsb. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, aman, dan terpercaya di PT. Iniko Karya Persada. Perusahaan ini terpercaya dan lengkap menjualkan berbagai macam bahan kimia untuk food, cosmetic, dan juga farmasi. Harga yang ditawarkan dari perusahaan ini tentunya terjangkau dan aman untuk kebutuhan industri Anda.

Perusahaan ini mengutamakan kualitas dan tentunya kepercayaan pelanggan, bahan-bahan kimia yang dijual memiliki standar yang tinggi termasuk BHT Food Grade. Pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan ini juga tepat waktu, sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda. Perusahaan PT. Iniko Karya Persada ini adalah distributor bahan kimia yang menjualkan bahan kimia lengkap, aman dan tentunya terpercaya. Mereka juga sudah memasok ke banyak pelanggan di berbagai daerah.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: