Aluminium foil adalah kertas yang berwarna silver yang biasa dipakai untuk pembungkus makanan yang dimasak dengan microwave. Di laboratorium penelitian juga pasti tidak akan asing lagi dengan kertas ini. Lalu apa saja kegunaan kertas aluminium foil untuk kehidupan sehari-hari?

Karena kegunaan kertas aluminium foil untuk kebutuhan sehari-hari itu cukup penting, seharusnya Anda tidak akan kesulitan mendapatkannya. Sekarang telah banyak toko yang jual kertas aluminium foil di Indonesia. Bahkan pabrik aluminium foil di Indonesia juga sudah cukup banyak.

Kegunaan Kertas Aluminium Foil

Lalu apa saja kegunaan kertas aluminium foil dalam kehidupan sehari-hari? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Menggosok Perhiasan Perak

Kalau Anda punya perhiasan perak, proses perawatannya dapat memakai kertas aluminium foil. Anda bisa mengkombinasikannya dengan baking soda, garam, dan air mendidih.

Untuk membersihkan noda pada perhiasan perak, Anda cukup membersihkannya dengan dengan campuran aluminium foil tersebut. Sangat mudah bukan?

2. Menghilangkan Karat Dari Logam

Aluminium foil juga dapat Anda pakai untuk menghilangkan karat dari permukaan logam. Cara aplikasinya sangat mudah dimana Anda perlu mempersiapkan alumunium foilnya terlebih dahulu.

Kemudian robek kertas tersebut dan buat gulungan kecil, lalu celupkan ke dalam air. Kemudian gosok benda logam yang akan kamu bersihkan pada permukaan logam.

3. Melindungi Gagang Pintu Ketika Pintu Sedang Dicat

Jika pintu rumah Anda akan dicat ulang, sebaiknya ditutup terlebih dahulu gagang pintu dengan aluminium foil. Hal ini sangat efektif untuk mencegah gagang pintu terkena cipratan cat.

Baca juga: 7 JENIS KEMASAN MAKANAN UNTUK BISNIS CATERING

4. Membantu Mengeringkan Pakaian

Pakaian biasanya akan saling melekat satu sama lainnya ketika mengeringkannya dengan mesin pengering. Hal ini terjadi karena adanya tarik menarik elektron positif dan negatif.

Bola-bola kertas aluminium foil ternyata dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses pengeringan pakan. Karena bola-bola tersebut akan mencegah tarik menarik elektron tersebut, sehingga tidak akan melekat antar pakain.

5. Mengisi Ulang Baterai

Jika baterai kecil Anda habis, Anda bisa pakai baterai tersebut bersamaan dengan sedikit aluminium foil. Anda cukup meletakan potongan aluminium foil di kutub positif pada baterai tersebut.

6. Segel Makanan

Apakah kamu suka mengirimkan paket dalam bentuk makanan? Supaya aman, sebaiknya gunakan aluminium foil sebagai bungkusnya. Anda bisa setrika terlebih dahulu aluminium foil terlebih dahulu supaya lebih rapi dan melekat.

Dengan memakai aluminium foil, maka makanan tidak akan cepat rusak ketika dalam proses pengiriman.

Baca juga: Perkiraan Harga Aluminium Foil Untuk Atap Rumah

7. Membuang Minyak Bekas Masakan

Jika Anda bingung mau buang bekas minyak goreng, tuangkan saja ke mangkung yang telah dilapisi oleh aluminium foil. Jika minyak goreng tersebut telah mengeras, maka tutup aluminium itu kemudian buang ke tempat samah.

8. Membersihkan Alat Pemanggang

Jika alat pemanggang Anda berkarat atau gosong hingga berkerak setelah dipakai, Anda dapat membersihkannya dengan aluminium foil. Caranya yaitu dengan membuat bola-bola aluminium foil lalu jepit dengan penjepit untuk membersihkan keraknya.

9. Pengganti Corong

Aluminium foil ini bisa Anda bentuk hingga mirip seperti corong. Sehingga Anda bisa memindahkan cairan, butiran, atau bubuk ke dalam wadah dengan lebih mudah.

10. Membantu Mengeringkan Rambut

Anda bisa menggunakan aluminium foil untuk mengeringkan rambut. Sehingga rambut Anda bisa tetap lurus bahkan untuk yang keriting sekalipun.

Itulah beberapa kegunaan kertas aluminium foil yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Anda tidak akan sulit untuk mendapatkannya karena banyak toko online yang menjual aluminium foil.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks