Indonetwork, Peralatan Industri – Plat baja merupakan salah satu material penting yang kerap diaplikasikan untuk konstruksi berat. Plat baja atau baja struktural adalah baja berupa lembaran. Plat baja dapat dipotong dan dilas sesuai kebutuhan untuk mengembangkan produk yang rumit. Lalu, apa saja kegunaan plat baja untuk kebutuhan industri?

Melansir lipi.go.id, pemanfaatan besi baja sendiri menjadi yang tertinggi di antara barang tambang logam. Hal ini karena keawetan baja yang bagus dengan ketahanan yang tinggi terhadap korosi, abrasi, hingga guncangan. Meski begitu, bukan hanya dalam lingkup konstruksi berat, namun plat baja juga dimanfaatkan untuk kebutuhan industri rumah tangga sebagai bahan peralatan dapur.

Berdasarkan bobot dan proses pembuatannya, baja dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu baja ringan dan baja konvensional. Baja ringan terbuat dari lembaran baja yang dicetak dalam keadaan dingin menggunakan mesin hingga bentuknya presisi. Sedangkan baja konvensional dibuat dari cairan panas yang mengandung unsur karbon tinggi, cairannya kemudian dicetak dengan teknik khusus. Karena beda proses pembuatan tersebut, massa baja dan ketahanannya pun berbeda.

Lebih lanjut, simak bagaimana pembuatan dan kegunaan plat baja di kehidupan sehari-hari berikut ini.

Baca Juga: PERBEDAAN FLANGE JIS DAN ANSI PADA STANDAR INTERNASIONAL

Mengenal Pembuatan Plat Baja

Pembuatan baja merupakan proses untuk memproduksi baja yang berasal dari bahan dasar scrap dan bijih besi.

Sebelum dibentuk menjadi lembaran, plat baja mulanya berupa baja berukuran besar. Pembuatan baja sendiri sebenarnya bervariatif, karena ada beberapa metode yang dapat digunakan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Proses Konvertor

Bahan baku dipanaskan, kemudian baja dibentuk menggunakan konvertor. Konvertor yang digunakan sendiri terbuat dari sambungan paku keling atau las. Terdapat batu khusus untuk menahan panas api saat proses pembentukan baja.

Pengolahan Menggunakan Dapur Listrik

Kemudian lanjut ke tahap pemurnian yang terdiri dari dua proses yaitu dasar dan lanjutan.Proses pemurnian lanjutan memerlukan dapur listrik untuk mengontrol temperatur. Hal itu akan memudahkan saat peleburan atau mengecilkan unsur-unsur campuran pada baja, sehingga dihasilkan baja berkualitas tinggi.

Proses Siemens Martin

Proses ini menggunakan suhu tinggi pada tungku kerja. Peleburan baja baru dapat dilakukan pada suhu 3.000 derajat Celsius.

Proses BOF (Basic Oxygen Furnace)

Proses ini memanfaatkan oksigen murni yang panas. Oksigen tersebut ditiupkan ke areal besi kasar supaya kotoran yang tersisa dapat terbakar habis. 

Proses Dapur Kupola

Proses ini dapat digunakan untuk peleburan besi kasar kelabu atau besi bekas. Caranya adalah dengan memanaskan area kubah selama 15 jam dalam dapur kupola. Blower besi bekas digunakan untuk membakar kokas, lalu kepingan baja dapat langsung dimasukkan ke dalamnya. Hasil akhirnya berupa baja cair yang sudah bisa dikeluarkan dan dibentuk sesuai kebutuhan.

Proses Bassemer

Prosesnya hampir mirip dengan BOF, bedanya proses bassemer menggunakan uap air, bukan oksigen.

Baca Juga: 5 FUNGSI SELANG HIDROLIK DAN JENIS-JENISNYA

Kegunaan Plat Baja untuk Keperluan Industri

kegunaan plat baja di berbagai industri
Sumber: Pexels/Pavel Chernonogov

Plat baja selalu dibutuhkan di setiap industri, mulai dari industri rumah tangga sebagai bahan peralatan dapur, hingga industri kapal, pembangunan jembatan, transportasi, dan lainnya. Berikut kegunaan baja di berbagai industri selengkapnya.

Plat Baja Hitam

Plat baja hitam dikenal akan daya tahannya terhadap korosi, sehingga tidak mudah mengalami kebocoran atau kerusakan lain. Oleh karena itu, plat baja hitam kerap digunakan sebagai material pembuatan kapal dan tangki.

Plat Baja Jenis Strip

Lalu, ada plat baja jenis strip yang mudah dibentuk dan ditekuk menggunakan las. Karena mudah dibengkokan sesuai kebutuhan dan memberi keamanan ekstra, plat baja jenis ini digemari untuk diaplikasikan di berbagai industri.

Plat baja ini biasa dimanfaatkan sebagai material teralis jendela yang memiliki berbagai bentuk unik. Selain itu, pembuatan pagar yang banyak memerlukan bentuk juga kerap menggunakan plat baja strip.

Plat Baja Jenis Bordes

Berbeda dari dua jenis plat baja sebelumnya, plat baja jenis bordes memiliki tekstur permukaan yang bermotif. Biasanya rupanya mirip seperti motif kembang.

Bukan cuma menciptakan unsur estetika, motif pada plat baja jenis bordes ditujukan untuk mengurangi risiko terpeleset. Karena itu, plat baja ini cocok diaplikasikan untuk pembuatan lantai bangunan, anak tangga, serta lantai pada transportasi roda empat.

Itulah penjelasan mengenai pembuatan dan kegunaan plat baja. Apabila Anda membutuhkan plat baja, Anda dapat menghubungi CV. Cahaya Teknik Sejahtera yang merupakan distributor plat baja sejak tahun 2007. Mereka telah dipercaya banyak pihak dalam hal pengadaan plat baja, plat besi, plat stainless, plat tembaga, plat kuningan, dan lainya. Anda dapat custom berbagai jenis dan model plat baja sesuai yang dibutuhkan. Selain itu, CV. Cahaya Teknik Sejahtera juga membuka workshop mengenai pembuatan berbagai macam jenis per.

Enable Notifications OK No thanks