Selang hidrolik salah satu material industri yang juga umum ditemui. Fungsi selang hidroilik adalah penghubung antara komponen hidrolik seperti pompa, silinder, valve, dan lain-lain.

Selang hidrolik digunakan untuk mengalirkan cairan hidrolik seperti minyak, air, atau gas bertekanan tinggi dari satu komponen ke komponen lainnya. Lantas apa fungsi lain dari selang hidrolik? Selengkapnya berikut ini ringkasan ulasannya.

Pengertian Selang Hidrolik

Selang hidrolik adalah jenis selang spesialis yang akan Anda temukan di banyak pengaturan komersial dan industri. Selang hidrolik biasanya dibuat dari karet atau kawat fleksibel, dan memiliki serangkaian lapisan untuk memberi kekuatan dan daya tahan pada selang.

Alat ini tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran, tergantung pada tekanan dan temperatur kerja yang dibutuhkan. Ada selang hidrolik karet biasa, selang hidrolik tahan panas, selang hidrolik stainless steel, dan selang hidrolik termoplastik yang dapat dipilih sesuai dengan aplikasi tertentu.

Baca Juga: Mesin Hidrolik: 6 Tips Perawatan Pompa Hidrolik

Fungsi-fungsi Selang Hidrolik

fungsi selang hidrolik
Sumber: Australian Mining

Berikut ini beberapa fungsi selang hidrolik yang dilansir dari situs Pirtek.

Mengalirkan Fluida

Fungsi utama selang hidrolik adalah mengalirkan cairan hidrolik dari satu komponen ke komponen lainnya. Selang hidrolik dirancang untuk menahan tekanan tinggi, sehingga fluida dapat mengalir dengan aman dan efisien.

Menghubungkan Komponen

Fungsi selang hidrolik untuk menghubungkan komponen hidrolik seperti pompa, silinder, valve, dan lain-lain. Selang hidrolik memungkinkan komponen-komponen ini berfungsi bersama-sama dalam sistem hidrolik.

Mengalirkan Daya

Selang hidrolik juga berfungsi untuk mengalirkan daya hidrolik dari satu komponen ke komponen lainnya. Misalnya, selang hidrolik yang menghubungkan pompa dan silinder akan mentransfer tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh pompa ke silinder, sehingga menggerakkan piston dan memberikan daya untuk memindahkan beban.

Mengurangi Kebisingan

Selang hidrolik dapat mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh sistem hidrolik. Selang hidrolik yang dirancang dengan baik dapat menyerap getaran yang dihasilkan oleh fluida hidrolik yang mengalir melaluinya, sehingga mengurangi kebisingan yang terdengar oleh operator atau pengguna mesin.

Mengurangi kebocoran

Selang hidrolik yang bocor dapat menyebabkan kehilangan fluida hidrolik dan mengurangi kinerja sistem hidrolik. Oleh karena itu, selang hidrolik harus dirancang dan dipasang dengan baik untuk mengurangi risiko kebocoran.

Baca Juga: Cara Memasang Selang Pembuangan Wastafel Cuci Piring

Siapa yang Menggunakan Selang Hidrolik

Selang hidrolik digunakan oleh beberapa industri, seperti industri dari konstruksi, manufaktur, pertanian, farmasi, kereta api, hingga otomotif.

Jenis – jenis selang hidrolik

Selang hidrolik memiliki beragam jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Berikut ini beberapa jenisnya.

Braided Hose

Selang hidrolik multi-spiral hose dirancang untuk memberi daya pada aplikasi industri umum, selang ini bertekanan tinggi yang hadir dalam konfigurasi satu, dua, atau tiga kabel baja yang dikepang.

Umumnya digunakan dengan minyak bumi atau cairan berbasis air dan beroperasi pada suhu mulai dari -40°C hingga 100°C.

Multi-Spiral Hose

Selang ini sangat fleksibel dan biasanya digunakan untuk mentransfer minyak mineral dan hidrolik atau emulsi air dan minyak. Biasanya digunakan pada industri konstruksi teknik sipil, pertambangan dan penggalian, industri minyak, hingga pertanian.

Low-Pressure Hose

Selang jenis ini sangat fleksibel tetapi tidak cocok untuk tekanan yang lebih tinggi. Ini biasanya digunakan dalam aplikasi yang lebih ringan seperti pengiriman anti-statis, udara, pelumas, atau saluran balik.

Thermoplastic Hydraulic Hose

Selang ini terbuat dari dua lapisan bahan termoplastik yang dipisahkan oleh lapisan penguat tengah, terbuat dari kawat atau serat sintetis. Jenis ini mampu beroperasi pada suhu yang sangat rendah dan sangat tahan terhadap abrasi.

Jenis ini populer di peralatan pengangkat bertenaga hidrolik, serta saluran pelumasan yang membutuhkan diameter luar yang kecil.

Stainless Steel Wire-Braided Hose

Selang ini digunakan dalam aplikasi agresif seperti transfer bahan kimia. Jenis ini sangat tahan lama dan dapat menahan kondisi suhu dan tekanan ekstrim, termasuk dalam ruang hampa.

Tips mencari selang hidrolik terbaik

fungsi selang hidrolik
Sumber: Alfagomma

Untuk kebutuhan industri tentu mencari selang hidrolik dengan kualitas terbaik menjadi prioritas Anda. Maka dari itu berikut ini tips mencari selang hidrolik sesuai kebutuhan usaha.

Mempertimbangkan bahan selang

Salah satu hal utama yang perlu diperhatikan adalah memilih bahan selang berkualitas tinggi, seperti tahan api dan aus. Kemudian pastikan selang memiliki material yang sesuai dengan jenis cairan hidrolik yang akan digunakan.

Cek standar kualitas

Memastikan selang hidrolik yang dipilih memenuhi standar kualitas internasional, seperti SAE, ISO, atau DIN

Ukuran selang

Jangan lupa sebelum membeli pastikan ukuran selang sesuai kebutuhan Anda. Ukuran yang salah akan membuat kebocoran hingga kegagalan sistem

Tekanan kerja selang

Layaknya ukuran, Anda juga harus memperhatikan tekanan kerja sesuai kebutuhan pengguanaan Anda. Pilihlah selang dengan kemampuan tekanan lebih tinggi agar lebih aman.

Periksa cara kerja tekanan

Pastikan selang hidrolik yang dipilih memiliki tekanan kerja yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Pilih selang yang memiliki kemampuan tekanan lebih tinggi dari yang dibutuhkan agar lebih aman.

Pastikan cocok dengan konektor

Pastikan selang hidrolik yang akan dipilih cocok dengan jenis konektor yang akan digunakan. Konektor yang salah bisa menyebabkan kebocoran dan kegagalan sistem.

Pertimbangkan fleksibilitas

Selang hidrolik yang fleksibel dapat membantu menghindari kebocoran dan memperpanjang umur selang.

Rekomendasi Selang Hidrolik untuk Bisnis Anda

Setelah mengetahui beberapa tips sebelum membeli selang hidrolik dengan kualitas terbaik, berikut ini daftar rekomendasi selang hidrolik dengan kualitas terbaik yang bisa Anda jadikan bahan referensi atau riset sebelum membeli.

Ikuti tautan berikut ini untuk melihat beragam selang hidrolik. Demikian fungsi selang hidrolik dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaart.

Author

Enable Notifications OK No thanks