Kegunaan timbangan lantai  berfungsi untuk mengukur beragam barang industri maupun beberapa produk lainnya. Umumnya timbangan ini familiar ditemukan di bisnis logistik untuk menimbang beragam paket dari pelanggan.

Nah selain itu timbangan lantai juga memiliki beragam kegunaan untuk lainnya khususnya dalam keperluan usaha. Nah sebelum mengulas kegunaannya simak yuk ulasan mengenai timbangan lantai untuk beragam keperluan usaha.

Apa Itu Timbangan Lantai?

Dilansir dari Industrial Needs, timbangan lantai adalah alat timbang yang terdiri dari satu atau dua pelat logam yang menahan barang yang akan ditimbang dan memiliki permukaan yang datar. Timbangan ini biasa digunakan untuk mengukur barang yang berat dan besar.

Maka dari itu timbangan ini umumnya sangat kokoh dengan berkapasitas tinggi serta tersedia dalam berbagai ukuran, kapasitas, gaya, dan model untuk memenuhi kebutuhan berbagai industri.

Fungsi timbangan lantai adalah untuk mentransmisikan berat benda ke alat pengukur internal dan untuk menopang benda selama penimbangan. Di pasaran ada berbagai macam desain skala platform, ukuran, dan kapasitas beban yang tersedia tergantung pada kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Karakteristik dan Cara Menghitung Berat Stainless Steel

Kegunaan timbangan lantai

Kegunaan timbangan lantai
Sumber: Avery Weigh-Tronix

Timbangan lantai digunakan di berbagai sektor usaha. Mulai dari industri manufaktur, pertanian, pertambangan, dan logistik. Berikut ini beberapa kegunaannya yang dirangkum dari beragam sumber.

Pengukuran berat bahan baku

Timbangan lantai dapat digunakan untuk mengukur berat bahan baku yang masuk ke dalam pabrik atau gudang. Bahan baku tentu umumnya akan termuat dalam jumlah kiloan yang sangat banyak dan besar. Maka dari itu timbangan lantai cocok untuk mengukur bahan baku.

Mengontrol kualitas

Timbangan lantai dapat digunakan untuk mengukur berat produk yang telah selesai diproduksi, sehingga dapat dipastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar kualitas yang diinginkan.

Pengepakan dan pengiriman

Anda tentu tak asing menemui timbangan ini berbagai counter logistik terdekat. Timbangan lantai digunakan untuk menentukan berat barang yang akan dikirim dan memastikan bahwa barang tersebut tidak melebihi batas berat yang diizinkan oleh peraturan.

Pembelian dan penjualan

Timbangan lantai digunakan dalam transaksi jual beli barang yang dijual dengan harga per kilogram atau ton.

Pengawasan stok

Alat ini juga digunakan untuk menghitung stok barang yang tersedia di gudang atau pabrik.

Baca Juga: Besi Hollow: Pengertian, Jenis-Jenis dan Varian Ukuran

Keuntungan Menggunakan Timbangan Lantai untuk Usaha

Timbangan lantai
Sumber: USA Measurements

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan timbangan lantai untuk usaha yang bisa didapatkan:

Efisien dan Hemat Biaya

Dalam bisnis penggunaan timbangan lantai sangat penting untuk membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi pengukuran barang. Dengan begitu, timbangan lantai dapat membantu menghemat biaya dan waktu hingga meningkatkan keuntungan usaha.

Meminimalisir Kesalahan

Salah satu aspek dari setiap operasi yang sulit dikendalikan oleh manajemen adalah kesalahan dalam data dan perhitungan yang memperlambat operasi. Dengan menggunakan timbangan lantai  dengan teknologi yang canggih dapat meminimalisir kesalahan dalam penyajian data.

Mengurangi kelebihan beban pada transportasi pengangkut

Timbangan lantai dapat membantu Anda mengukur benda angkutan sesuai standar sehingga tidak akan memberiikan muatan lebih pada transportasi pengangkut. Perlu diketahui bahwa banyak transportasi khususnya mobil pengangkut yang sering mengalami kecelakan karena kelebihan muatan.

Jenis-jenis timbangan lantai

Timbangan lantai juga memiliki beragam jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Simak beberapa jenisnya yang dirangkum dari beberapa sumber:

Mekanik

Timbangan lantai jenis ini menggunakan prinsip pegas yang digunakan untuk mengukur berat benda. Timbangan lantai mekanik memiliki pelengkap penunjuk analog untuk menujukkan berat benda.

Elektronik

Timbangan lantai elektronik menggunakan sensor beban dan sistem elektronik untuk mengukur berat benda. Timbangan elektronik dilengkapi dengan penunjuk analog dan diigital untuk menunjukkan berat benda.

Lantai Pitless

Timbangan lantai pitless dirancang untuk diletakkan langsung di atas lantai tanpa perlu membuat lobang atau pit untuk meletakkannya. Timbangan ini biasanya dilengkapi dengan sistem elektronik untuk mengukur berat benda.

Lantai Portable

Timbangan lantai portable dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Biasanya timbangan jenis ini dilengkapi dengan roda untuk memudahkan pemindahan.

Timbangan Lantai Skala

Timbangan lantai skala menggunakan prinsip pengukuran berat benda dengan mengukur perubahan tekanan pada sensor yang terletak di bawah platform timbangan. Memiliki layar digital untuk menunjukkan hasil timbangan.

Baca Juga: 7 Jenis Alat Berat Konstruksi Yang Paling Sering Digunakan

Tips memilih timbangan lantai

Setelah mengetahui kegunaan timbangan lantai untuk penunjang bisnis, berikut ini beberapa tips yang bisa diperhatikan sebelum membeli timbangan lantai.

Mempetimbangkan ukuran dan bentuk timbangan lantai

Jenis timbangan lantai sendiri berbagai macam. Sebelum membelinya usahakan betul-betul mengerti ukuran dan kebutuhan timbangan lantai yang akan digunakan. Cek spesifikasi lengkap timbangan lantai dan jika memungkinkan bertanyalah secara rinci mengenai produk lengkap timbangan lantai yang Anda pilih.

Daya tahan timbagan

Cek kembali daya tahan timbangan yang akan dibeli. Usahakan untuk memilih timbangan lantai dengan kualitas terbaik sehingga memiliki daya tahan terbaik, awet, dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

Melakukan survey harga

Jangan lupa melakukan survey harga timbangan dan review para pengguna. Dengan melakukan survey harga dan produk sebelum membeli membuat Anda lebih mudah dalam menemukan timbangan yang dibutuhkan.

Untuk memudahkan Anda mencari beragam timbangan lantai berkualitas, Anda dapat menuju tautan berikut ini dengan melihat beberapa rekomendasi timbangan lantai dengan harga terbaik. Itulah beberapa ulasan mengenai kegunaan timbangan lantai dan beberapa tipsnya sebelum membeli. Semoga membantu.

Author

Enable Notifications OK No thanks