Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Apakah Anda malas untuk membersihkan wajan hingga akhirnya berkarat? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena wajan yang terbuat dari stainless steel sangat mudah berkarat. Lalu bagaimana cara membersihkan stainless steel yang berkarat?

Saat ini telah banyak perusahaan yang jual stainless steel karena banyak dipakai untuk berbagai keperluan seperti wajan untuk memasak. Material ini banyak dipakai sebagai peralatan dapur karena sangat awet. Namun tentu saja Anda perlu membersihkannya dengan cara yang benar.

Perlu diketahui bahwa karat yang menempel pada stainless steel itu akibat dari peralatan dapur lainnya. Misalnya berasal dari sendok atau garpu yang sebelumnya telah berkarat.

Cara Membersihkan Stainless Steel yang Berkarat

Lalu bagaimana cara membersihkan stainless yang berkarat? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Uap Panas

Air Mendidih
Sumber: cdc.gov

Cara pertama untuk membersihkan stainless steel yaitu dengan menggunakan uap panas yang berasal dari air mendidik. Dengan uap panas ini, karat yang ada pada stainless steel akan lebih mudah dibersihkan.

Siapkan air mendidih dan kain microfiber terlebih dahulu. Kemudian kain microfiber tersebut disimpan di atas permukaan stainless steel yang berkarat. Setelah itu tuangkan air mendidih ke atas kain untuk membasahinya dan biarkan uap bekerja selama 5 hingga 10 menit.

Jika permukaan stainless steel telah mendingin, gosok permukaannya dengan kain dengan gerakan yang mengikuti arah seratnya.

Baca juga: Cara Mengkilapkan Stainless Steel Agar Kinclong Kembali

2. Jus Lemon dan Soda Kue

Jus Lemon dan Baking Soda
Sumber: wellversed.in

Anda juga membersihkan stainless steel yang berkarat dengan menggunakan jus lemon yang dicampur dengan soda kue. Campuran kedua bahan ini akan menyerap noda karat dengan sangat baik. Sehingga permukaan stainless steel akan kembali bersih.

Caranya sangat mudah dimana Anda tinggal campurkan beberapa sendok kue dengan jus lemon. Takarannya sesuaikan saja dengan luas noda karat yang menempel pada stainless steel.

Pasa soda kue dan jus lemon tersebut dipakai untuk menutupi noda karat sepenuhnya. Kemudian pakai spons untuk membersihkan kotorannya.

Jika Anda tidak punya jus lemon, Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis. Karena jeruk ini juga sama baiknya untuk membersihkan karat.

3. Sabun Cuci dan Soda Kue

Sabun Cuci dan Baking Soda
Sumber: sajiansedap.grid.id

Anda juga dapat menggunakan campuran sabun cuci dan soda kue untuk membersihkan karat pada stainless steel. Caranya sangat mudah dimana Anda tinggal oleskan campuran soda kue dan sabun cuci piring pada kain lembut.

Setelah itu gosokkan pada noda dan gerakkan secara maju mundur yang searah dengan serat logamnya. Jika karatnya telah menghilang, bilas permukaan stainless steel dengan air dan keringkan dengan kain bersih.

4. Cuka

Cuka
Sumber: bisnis.com

Cuka juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan stainless steel yang berkarat. Anda bisa memakai cuka putih atau cuka sari apel, kemudian tuangkan ke permukaan stainless steel yang ada karatnya.

Setelah itu biarkan selama beberapa menit hingga asam asetat dalam cuka mengangkat noda. Gosok karat dengan memakai kain lembut dengan mengikuti serat baja.

Setelah itu bilas hingga bersih dan keringkan permukaannya dengan menggunakan lap atau handuk bersih.

Baca juga: 6 Cara Mengasah Pisau Stainless Steel Tanpa Pakai Batu Asah

5. Krim Tartar

Tartar
foodnetwork.com

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan stainless steel yang berkarat yaitu dengan memakai krim tartar. Anda cukup mencampurkan bahan ini dengan beberapa tetes jus lemon.

Jika sudah berubah menjadi pasta, oleskan campuran kedua bahan ini ke karat pada stainless steel. Setelah itu gosok permukaan tersebut dengan spons basah. Jika karatnya sudah hilang, seka dengan kain lap atau handuk yang kering.

Itulah beberapa cara membersihkan stainless steel yang berkarat yang dapat Anda coba. Satu lain hal yang perlu Anda perhatikan yaiut bersihkan stainless steel secara rutin.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam


Author

%d bloggers like this: