Indonetwork, Peralatan Industri – Tangki penyimpanan atau storage tank merupakan bagian terpenting dalam memproses produk dengan bahan baku kimia untuk menjaga kelancaran dan ketersediaan bahan baku dari kontaminasi. Material stainless steel pada umumnya memiliki banyak keunggulan jika digunakan pada produk industri. Sehingga cukup banyak industri produksi yang membutuhkan jasa fabrikasi tangki stainless steel.

Tidak mudah mencari distributor tangki yang cocok untuk memenuhi kebutuhan industri, sehingga sebelum Anda menggunakan produk ini sebaiknya untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu, serta sesuaikan dengan kebutuhan produksi Anda. Yuk simak informasi dibawah ini!

Rekomendasi Supplier Gas Nitrogen

Baca juga: MENGENAL GAS NITROGEN & MANFAATNYA

Spesifikasi Fabrikasi Tangki Stainless Steel

Fabrikasi Tangki Stainless Steel adalah jenis tangki penyimpanan untuk kalangan industri. Fabrikasi sendiri merupakan proses pengolahan komponen material baku atau setengah jadi yang dirangkai, dibentuk, dan dimanipulasi untuk menghasilkan barang baru yang memiliki nilai tambah dan fungsi. 

Biasanya industri yang membutuhkan jenis tanki ini yaitu pabrik yang membutuhkan support bahan cairan seperti minyak atau bahan kimia tertentu untuk modal produksi. Tangki ini dirancang khusus untuk menyimpan cairan organik, cairan non organik, uap, padatan hingga limbah pabrik yang dibangun nantinya dengan mempertimbangkan kebutuhan dari pengguna.

Material yang digunakan pada jenis tangki ini yaitu aluminum, pipa ataupun baja yang dirangkai dan dibentuk beberapa tahap berdasarkan item-item tertentu sampai menjadi suatu bentuk. Biasanya jenis tangki ini dibutuhkan oleh industri berskala besar maupun internasional dan kualitasnya sendiri biasanya telah teruji baik agar sambungan las tidak mudah bocor. Berikut spesifikasi fabrikasi tangki stainless steel yang umum dijual, yaitu:

  • Kapasitas : 500 liter, 1000 liter, 1500 liter, 2.000liter.
  • Diameter : 760 mm, 965 mm, 1180 mm.
  • Tinggi badan : 1460 mm, 1760 mm, 1300 mm.

Kelebihan Tangki Stainless Steel

Kelebihan Tangki Stainless Steel

Meskipun harga fabrikasi tangki stainless steel lebih mahal daripada tangki biasa, namun terdapat beberapa keunggulan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain bahan stainless steel yang lebih tangguh dan mengkilap, berikut beberapa kelebihan yang dirasakan oleh pihak industri dalam menggunakan jenis tangki ini, yaitu:

1. Jaminan Kebersihan Air. 

5 Bahaya Minum Air Mentah, Sebabkan Diare Hingga Kolera
Sumber : faktualid.com

Biasanya air yang ditampung menggunakan tangki stainless steel akan lebih terjamin kebersihannya karena bahan anti lumut, anti jamur dan anti karat. Sehingga air tidak terkontaminasi dengan zat lain.

2. Lebih Tahan Lama. 

Tangki Air Baja Tahan Karat Tahan Lama,Tangki Air Baja Tahan Karat Horizontal 1000 Liter Kapasitas Besar - Buy Corrugated Steel Tangki Air, Tangki Air Stainless Steel,Tangki Air Stainless Steel 10000 Liter Product on Alibaba.com
Sumber : indonesian.alibaba.com

Bahan stainless yang baik tentu tidak mudah lapuk, anti retak, ataupun dimakan binatang, sehingga penggunaanya lebih tahan lama dan menghemat biaya anggaran untuk membeli produk tangki air yang baru.

3. Material yang Kuat & Ringan

Tangki Air Baja Tahan Karat Tahan Lama,Tangki Air Baja Tahan Karat Horizontal 1000 Liter Kapasitas Besar - Buy Corrugated Steel Tangki Air,Tangki Air Stainless Steel,Tangki Air Stainless Steel 10000 Liter Product on
Sumber : indonesian.alibaba.com

Material stainless steel juga dinilai kuat, tidak mudah terkena korosi, berubah warna dan ringan sehingga mudah tangki tetap mudah untuk dipindahkan.

4. Dilengkapi Perlindungan Ganda

Tandon Air Plastik Vs Stainless Steel, Mana yang Sebaiknya Dipilih? Halaman all - Kompas.com
Sumber : www.kompas.com

Pelindung ini berfungsi untuk menjaga kebocoran yang disebabkan korosi di bagian sambungan pada dasar tangki, sehingga kondisi cairan tetap terjaga kebersihannya.

5. Instalasi Mudah

Stainless Steel Tanks at Rs 1000000 | SS Tanks in Navi Mumbai | ID: 10538524333
Sumber : www.indiamart.com

Proses pemasangan tangki dinilai lebih mudah. Tangki stainless steel sudah dilengkapi dengan pijakan untuk penyangga pada bagian bawahnya. Hal yang sama tidak akan didapat dari tangki plastik. Pemasangan tangki plastik biasanya hanya perlu ditaruh, dan pemasangan seperti ini tidak aman karena tangki dapat bergeser. Hasilnya, saluran pipa air akan lebih rentan untuk rusak.

6. Produk Cairan Di Dalamnya Tetap Terjaga dengan Baik

40000 litre 8800 gallon Vertical Stainless Steel 316 Free Standing Tank / Vessel - Made in Britain
Sumber : www.madeinbritain.org

Berbeda dengan tangki yang terbuat dari plastik, suhu dan kualitas cairan kimia atau jenis cairan lainnya tetap terjaga dengan baik. Tangki stainless tidak menghantarkan panas matahari yang dapat merubah kualitas cairan didalamnya.

7. Proses Pengurasan Tangki Mudah

Tangki bahan ini tidak memiliki pori-pori dan dilengkapi dengan lubang keluarnya air serta desain yang tepat. Dengan demikian, sangat mendukung kemudahan 

Kekurangan Tangki Stainless Steel
Sumber: Istockphoto

Kekurangan Tangki Stainless Steel

  • Jikva produk fabrikasi tangki stainless yang Anda gunakan diproduksi kurang baik maka seiring berjalan waktu akan timbul karat pada las sambungan. Terutama bagi pengguna yang tinggal di daerah pantai.
  • Daya tahan terhadap beberapa zat cairan kimia yang terbatas.
  • Biaya perbaikan seperti timbulnya kebocoran yang cukup mahal dan rumit, karena membutuhkan teknisi khusus
  • Jika digunakan pada pengisian air bersih, sebaiknya tangki jangan diisi dengan air tanah, karena akan mengandung asam yang bisa menyebabkan karatan.

Besi Baja I WF

Baca juga: KENALI JENIS JENIS BAJA DAN KOSNTRUKSI NYA

Distributor Penjual Fabrikasi Tangki Stainless Steel

PT. Gecko Indonesia Profil, Telepon, Alamat

Setelah membaca informasi diatas, apakah Anda sudah bisa menentukan penggunaan tangki stainless cocok untuk kebutuhan Anda? Tentu saja pemilihan fabrikasi tangki stainless steel yang baik jika memiliki garansi secara menyeluruh, biasanya lama garansi yang diberikan oleh pabrik bisa mencapai belasan tahun. Sebagai bukti akan kualitas produknya yang sangat layak diaplikasikan.

Jika Anda membutuhkan produk atau jasa fabrikasi tangki stainless, silakan hubungi PT Gecko Indonesia dan temukan berbagai produk industri lainnya dengan harga bersaing dan kualitas terbaik. Perusahaan ini juga memiliki kredibilitas yang tinggi karena setiap pekerjaan dilakukan secara teliti agar tidak ada satupun pesanan yang terlewat.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan 

Author

Enable Notifications OK No thanks