Secara umum  besi hollow memiliki ciri khas berbentuk persegi panjang atau kotak yang berongga pada bagian tengah sehingga besi hollow disamakan dengan pipa karena berbentuk demikian. Rongga tersebut berasal dari plat besi yang ditekuk dan dilas guna memperkuat sambungan plat. Cara produksi demikian membuat spesifikasi besi hollow serupa dengan spesifikasi plat besi.

Kelebihan Pipa Kotak Hollow

Penggunaan pipa hollow marak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, karena memiliki banyak keunggulan dibanding material lainnya. Biasanya produk besi dan baja memang cenderung lebih ekonomis jika dibandingkan dengan material kayu atau plastik. Berikut rangkuman dari kelebihan yang sering diminati masyarakat, yaitu:

1. Tidak Bisa Dimakan Rayap

Jika digunakan sebagai penyangga plafon rumah, produk dari besi memang tidak akan dimakan oleh rayap berbeda dengan konstruksi yang berasal dari kayu yang memiliki risiko dimakan rayap ataupun lapuk karena cuaca yang tidak stabil.

2. Proses Pemasangan Mudah Dan Cepat

Pipa kotak hollow, memiliki bahan yang tidak terlalu berat dan tidak mudah berkarat sehingga kekuatannya akan bertahan lama. Pemasangan besi ini juga mudah dan tidak membutuhkan alat khusus

Pemasangan besi hollow ini memang cenderung lebih cepat karena untuk dapat memasangnya tak memerlukan keahlian maupun skill yang terlalu tinggi. Pemasangan yang lebih cepat ini tentunya akan dapat menghemat biaya tenaga kerja khususnya untuk pemasangan.

Baca juga:  KENALI JENIS BESI INI UNTUK PAGAR RUMAH ANDA !

3. Anti Karat

Pada dasarnya besi ini sudah diperkaya dengan beberapa lapisan seperti zat coating yang membuat pipa kotak hollow tidak terlalu sulit dari segi perawatannya. Sehingga tidak mudah berkarat jika terkena panas dan hujan.

4. Memiliki Nilai Estetika

Selain memiliki daya tahan yang kuat, hollow memiliki nilai estetika yang bagus, karena desainnya yang simple dengan mengangkat konsep hunian ala skandinavia. Besi ini juga dapat diaplikasikan ke berbagai jenis furniture.

Sumber: FreePik

5. Harga Terjangkau 

Selain itu harga dari besi hollow ini pun juga lebih terjangkau sehingga mampu mengurangi biaya konstruksi. Biaya untuk pemasangannya juga lebih murah, karena tidak membutuhkan tenaga ahli yang banyak dan alat khusus.

6. Tahan Lama

Pipa kotak hollow sangat mudah dirawat dan awet digunakan. Bahkan hanya dengan melapisinya besi menggunakan zat coating, maka besi tersebut sudah tidak perlu membutuhkan perawatan khusus.

7. Tidak Mudah Mengalami Korosi

Kebanyakan masalah besar besi adalah mengalami korosi, dan hal itu memang akan membuat performa besi menjadi tidak menarik dan juga mudah rusak. Oleh karena itu jika Anda memakai hollow jenis galvalume maka peluang mengalami korosi akan lebih sedikit karena lapisan aluminium dan juga silicon yang terkandung di dalamnya.

Kekurangan Pipa Kotak Hollow

1. Terbatasnya Berat Beban

Jika dibandingkan dengan produk besi lainnya, pipa kotak hollow memang tidak bisa menahan beban yang berat. Hal ini dikarenakan besi hollow lebih bersifat dekoratif jika dibandingkan dengan besi profil, besi beton, maupun plat besi. Namun, jika dibandingkan dengan material lainnya seperti kayu, plastik, atau bambu tentu besi hollow dapat menahan beban lebih baik.

2. Panjang Ukuran Terbatas

Tidak seperti besi beton yang memiliki panjang standar 12 meter. Ukuran pipa kotak hollow untuk semua jenis paling panjang yaitu 6 meter, sehingga Anda bisa saja terbatas ketika menggunakan besi ini. Keterbatasan ukuran ini pada beberapa kontraktor dirasa agak merepotkan. Jika Anda perlu menggunakan besi ini lebih panjang, maka perlu mengelas satu sama lain besi untuk menyambungkannya.

3. Besi Hollow Hitam Butuh Cat Anti Korosi

Untuk Anda yang menginginkan pipa hollow dengan tahan lama maka jangan memilih besi hollow hitam. Meski lebih kuat dibanding galvanis dan galvalum, besi hollow hitam tetap membutuhkan cat pelapis tambahan agar tidak mudah terkena korosi. Sehingga pada beberapa orang besi hollow hitam memerlukan biaya tambahan

Sumber: Istockphoto

Fungsi Pipa Kotak Hollow

Anda pasti sering menjumpai bangunan yang menggunakan besi hollow. Pipa kotak hollow memiliki tekstur yang kokoh dan sudah banyak digunakan sebagai pengganti rangka kayu karena sifatnya yang homogen. Besi ini dinilai lebih profesional karena diproduksi oleh pabrik sehingga cenderung lebih tahan lama.

Dalam proyek konstruksi bangunan, besi hollow memiliki banyak manfaat yang biasanya dapat Anda temukan di kehidupan sehari-hari pada pembuatan eksterior maupun interior rumah, seperti:

1. Rangka Plafon

Kebanyakan orang-orang kerap kali memilih besi ini untuk bahan pembuatan plafon atau struktur atap. Besi hollow umum digunakan sebagai plafon pada teras rumah dengan ukuran 40 x40. Penggunaan besi hollow galvalum membuat struktur atap lebih kuat, terlihat lebih elegan dan lebih ringan jika dibandingkan dengan atap konvensional yang memiliki kepadatan besi lebih berat. 

2. Rangka Pagar

Saat ini sedang trend pagar yang terbuat dari pipa hollow karena bentuknya yang mewah, hal ini diminati beberapa masyarakat karena campuran bahan yang terdapat pada besi ini membuat pagar rumah Anda kuat dan tahan lama.

Adapun beberapa aspek yang biasanya digunakan untuk pembuatan pagar dari pipa kotak hollow yaitu:

  • Menggunakan pipa kotak hollow berukuran 4×4 atau 5×10 dengan ketebalan 1.6mm
  • Jari-jari rangka yang digunakan biasanya terbuat dari hollow 2×4 dengan ketebalan 1.2mm
  • Terkadang untuk konstruksi pagar yang rumit ditambahkan beberapa plat berlubang yang diletakkan di bawah atau plat strip 3 cm dengan ketebalan kurang lebih 4ml.

Baca juga: KETAHUI JENIS BESI HOLLOW UNTUK BANGUNAN

3. Furniture Industri

Akhir-akhir ini, banyak bahan konstruksi yang dijadikan dekorasi rumah tangga yang fungsional agar terlihat lebih elegan. Peran pipa kotak hollow pada beberapa furniture seperti lemari baju, rangka tempat tidur, rak dapur, meja makan, bahkan meja TV yang biasanya dipadukan dengan material kayu jati.

Biasanya besi hollow yang digunakan untuk keperluan furniture adalah besi dengan ukuran 36x36mm yang dikombinasikan dengan besi siku agar mendapatkan produk yang memuaskan. Selain itu agar terlihat lebih elegan perlu di-finishing dengan cat duco berwarna hitam.

 

Masih banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari penggunaan pipa ini, seperti pembuatan rangka bak truk ataupun railing tangga yang terdiri dari tiang penyangga, jari-jari pembatas, dan pegangan tangga. Produk ini sangat mudah Anda temukan di beberapa toko material. Namun Anda jangan mudah tergoda dengan harga yang murah dengan kualitas yang dibawah standar dan membahayakan. Anda juga harus memastikan keselamatan pekerja dan penghuninya.

Nah, sekarang Anda sudah memahami fungsi serta kelebihan dan kekurangan dari pipa hollow. Anda sedang mencari besi untuk membantu konstruksi properti? Tidak perlu khawatir dengan harga dan kualitas, karena Dua Putra Petir dapat memberikan Anda penawaran aneka produk besi yang menarik


Author

%d bloggers like this: