Indonetwork, Bisnis – Penggunaan kolam terpal semakin populer untuk budidaya ikan air tawar atau air payau. Biasanya budidaya ikan dengan media terpal kolam ikan diterapkan pada lahan dengan air dan luas yang terbatas. Prosesnya juga harus dilakukan dengan persiapan secara matang supaya hasil panennya sesuai dengan harapan. Dibandingkan dengan kolam tanah dan kolam semen, kolam terpal memang masih tergolong sebagai kolam yang baru digunakan oleh para petani lokal.

Patut diketahui bahwa cara pembudidayaan ikannya juga tidak jauh beda dengan pembudidayaan ikan pada umumnya, hal yang membedakan hanya wadah asal tempat ikan bernaung. Nah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari terpal kolam ikan ini dapat Anda cari tahu pada informasi lengkap di bawah ini!

Pengertian Kolam Terpal

Kolam terpal adalah sebuah wadah besar yang dibentuk seperti kubangan dengan pelapis dinding yang terbuat dari terpal dengan ketebalan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis terpal yang dibutuhkan untuk membuat kolam ini adalah jenis terpal yang dibuat oleh pabrik dimana setiap sambungan terpal dipres sehingga tidak terjadi kebocoran. Biasanya ukuran terpal yang disediakan oleh pabrik bermacam, sesuai dengan besar kolam yang kita inginkan.

Kelebihan Kolam Ikan Terpal

Cara Budidaya Ikan dengan Kolam Terpal

Pemasangan kolam terpal ini sudah populer dilakukan oleh pelaku usaha, dari pada pembuatan kolam menggunakan semen beton dengan modal besar ataupun tanah galian yang memiliki risiko longsor. Pembuatan kolam terpal pun bisa dilakukan baik di atas permukaan tanah maupun didalam tanah, tergantung kondisi lahan tanah ataupun ikan yang akan Anda budidayakan. Pembuatan kolam terpal dapat dilakukan di pekarangan ataupun di halaman rumah. 

Berikut dibawah ini terdapat proses pembuatan kolam terpal yang dilakukan pada dalam tanah dengan biaya yang relatif sangat murah dan mudah, seperti:

  • Tentukan ukuran yang akan digunakan biasanya 2 x 3 x 1 dengan luas terpal 4 x 5 m.
  • Tancapkan pasak pada lahan yang sudah diukur menggunakan meteran.
  • Cangkul dan buat lubang sesuai ukuran.
  • Buat lubang pembuangan dan masuknya air ke dalam kolam.
  • Masukan terpal ke dalam lubang kolam.

Baca Juga: Cara Budidaya Udang Vaname

Kelebihan Kolam Ikan Terpal

Sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan kolam budidaya ikan, yaitu memilih bentuk bulat maupun kotak sesuai dengan kebutuhan. Bahkan harga dari setiap terpal memang beragam dipengaruhi oleh jenis dan kualitas yang ada. Umumnya ikan yang dibudidayakan yaitu lele, mas, dan gurame hal ini dikarenakan ikan lele tidak membutuhkan biaya dan perawatan yang terlalu sulit.

Penyedia Terpal Kolam Murah

Keunggulan dari jenis kolam ini adalah kolam diklaim lebih kuat, tidak mudah rusak, lebih mudah mengisi air, dan suhu lebih stabil. Berikut kelebihan lainnya yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan terpal sebagai wadah kolam ikan, yaitu:

1. Biaya instalasinya lebih murah daripada pembuatan kolam beton.

Pemasangan terpal kolam ikan dinilai lebih murah dan mudah,tidak memerlukan aliran listrik, tidak memerlukan besi beton dan semen sebagai pondasi kolam. Sehingga Anda selaku pelaku bisnis lebih cepat balik modal dan mendapat untung.

2. Bentuk perawatan yang harus dilakukan lebih sederhana

Anda tidak perlu repot dengan proses maintenance bulanan kolam ikan. Proses pengurasan kolam jauh lebih mudah karena tidak ada lumpur yang menempel.

3. Penempatan kolam lebih fleksibel.

Terpal kolam ikan dapat ditempatkan baik diatas permukaan tanah maupun dibawah permukaan tanah, jika penggalian kolam dilakukan pada bawah permukaan tanah, tentu tidak akan mengalami kerusakan atau pencemaran lainnya. Anda bisa kapan saja menutup atau memulai kembali usaha kolam ikan tersebut.

4. Pemantauan kondisi kolam lebih mudah

Proses monitoring kondisi lingkungan ikan pastinya akan sangat mudah, terpal sendiri memiliki warna yang mengkilap sehingga kotoran maupun ikan yang mati akan  terdapat terlihat dengan mudan dan diangkat dari kolam.

5. Ikan yang dihasilkan tidak berbau lumpur

Terpal yang digunakan pada kolam terpal tentunya menjadi barrier antara air dengan tanah secara langsung, dengan begitu ikan yang dihasilkan tidak berbau lumpur. Ikan yang berbau lumpur nantinya berakibat pada cita rasa makanan yang tidak enak.

6. Proses pengeringan kolam lebih cepat

Proses pembersihan kolam biasanya dilakukan secara berkala dengan cara mengeringkan kolam terlebih dahulu, setelah itu ikan dipindahkan pada kolam lain untuk dibersihkan dari sisa kotoran ikan. Menggunakan terpal kolam ikan tentu akan memudahkan pengerjaan maupun pengeringan kolam kembali, penggunaan produk ini dinilai lebih efisien dibanding penggunaan kolam ikan lumpur yang pastinya akan sulit untuk dibersihkan.

Penyedia Terpal Kolam Murah

Kekurangan Kolam Ikan Terpal

Setiap tindakan melakukan bisnis dibidang apapun pasti terdapat kelebihan dan kekurangan, berikut kekurangan yang mungkin saja terjadi ketika Anda menggunakan terpal kolam ikan, yaitu:

  • Pembuangan limbah lebih sulit 
  • Air kolam mudah bau karena sirkulasi air tidak lancar
  • Rawan bocor
  • Pondasi penampang mudah lapuk karena hujan
  • Daya tahan ikan untuk hidup dan berkembang biak lebih rendah daripada kolam tanah.

Baca Juga: Terpal: Jenis dan Fungsi dalam Kehidupan

Penyedia Terpal Kolam Murah

Jika Anda menginginkan pembuatan terpal kolam ikan tentu saja produk terpal meteran akan sangat sulit ditemukan pada toko terpal di pinggir jalan. Karena kebutuhannya hanya diminati oleh pelaku usaha bukan perorangan, Anda harus mencari produsen pembuatan kain terpal dengan kualitas mumpuni dengan daya tahan yang baik. Karena jika Anda tidak memikirkan kualitas terpal dikhawatirkan akan terjadi kebocoran dan menimbulkan banyak pihak.

Berbagai pilihan terpal kolam ikan bisa Anda dapatkan di Indonetwork. Kami menyediakan bermacam-macam jenis terpal kolam dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks