Udang vaname merupakan salah satu tipe udang yang banyak dijumpai di pasar. Udang ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan udang windu. Perkembangannya pun relatif singkat, sehingga proses pemanenannya juga lebih cepat.

Tingginya kebutuhan untuk konsumsi dan proses perkembangan yang relatif singkat, membuat udang vaname ini cocok untuk dijadikan budidaya dan dijualbelikan untuk mengisi stok pada rumah makan maupun restoran.

Cara Budidaya Udang Vaname dengan Plastik Mulsa

Cara Budidaya Udang Vaname
Sumber: Pinterest

Budidaya udang merupakan salah satu peluang usaha yang bisa Anda kembangkan untuk menjadi sebuah usaha yang besar. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan udang vaname dengan mulsa plastik, berikut cara budidaya udang vaname yang bisa Anda ikuti.

Pengerjaan Kolam Budidaya

Tahap awal yang paling penting untuk membudidayakan udang adalah pengerjaan kolamnya. Pengerjaan kolam udang vaname sama seperti pengerjaan kolam budidaya ikan air tawar. Untuk membuat kolam udang vaname, Anda bisa menggunakan teknik-teknik di bawah ini.

Pemilihan Posisi

Untuk mendukung kehidupan udang, maka lokasi yang dipilih haruslah berdekatan dengan sumber air. Akan tetapi, Anda juga harus memastikan bahwa lokasi yang Anda pilih tidak mudah terserang banjir.

Buatlah kolam dengan mengeruk tanah sedalam 1-1,5 m. Ukuran panjang dan lebar pun bisa Anda samakan dengan kedalaman kolam yakni 1-1,5 m. Setelah itu, isilah kolam dengan air menggunakan air bersih dan diamkan pengisian ini sepanjang 5-7 hari. Kolam ini setidaknya siap pakai pada 5 bulan sebelum proses budidaya awal.

Pengurasan Air

Jika kolam sudah terisi dengan air, langkah selanjutnya adalah kuras kolam dari air melalui lubang pembuangan yang sudah dibuat. Kuras air dari dalam kolam sampai kolam benar-benar kering dan air tidak tersisa.

Kemudian diamkan kolam hingga lumpur-lumpur dari landasan kolam memenuhi kolam. Hal ini dilakukan untuk mensterilkan keadaan kolam dari hama atau bakteri dan penyakit yang bisa menyerang budidaya udang vaname nantinya.

Pengeringan Tanah

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah proses pengeringan tanah. Termasuk lumpur-lumpur landasan yang ada di dalamnya. Proses pengeringan ini memerlukan waktu 7-10 hari dan bergantung pada cuaca setiap daerah.

Pengapuran

Tahap terakhir pada proses awal adalah taburi kolam dengan kapur secara merata dan diamkan sekian hari hingga kapur menyerap dalam kolam. Proses ini dilakukan untuk membuat kolam mempunyai pH yang konstan dan menjadikan lingkungan yang bagus untuk tumbuh kembang udang vaname.

Baca juga: Fungsi Mulsa Plastik Hitam Perak

Pemasangan Mulsa Plastik

Jika kolam telah siap untuk dipakai, saat memasang mulsa plastik pada bagian permukaan kolam. Pemasangan mulsa plastik ini dilakukan untuk mempermudah proses budidaya udang vaname.

Pemasangan mulsa plastik bisa dilakukan dengan menutupi seluruh bagian permukaannya atau pada bagian dinding kolam saja. Agar tidak terlepas, Anda bisa memasang mulsa plastik dengan mengaitkannya pada tanah dan memakai bambu yang berbentuk huruf U.

Pastikan bahwa tidak ada bagian dari mulsa plastik yang terlipat. Kencangkan dan jangan sampai air yang akan diisi di dalam kolam bocor.

Pengisian Air

Untuk mencoba memastikan bahwa setiap bagian dari mulsa plastik tidak mengalami kebocoran, Anda bisa mengisinya sedikit demi sedikit. Jika sudah dipastikan tidak akan terjadi kebocoran, Anda bisa langsung mengisinya secara penuh.

Setelah kolam terisi air, diamkan sepanjang tiga hari lalu tambahkan kaporit 20-30 ppm untuk menjernihkan air.

Baca juga: Manfaat Mulsa Plastik Hitam Perak

Masukkan Benih Ke dalam Tambak

Apabila kolam suda berwarna hijau, itu berarti kolam sudah siap untuk diberi benih. Warna hijau pada kolam mengindikasikan bahwa plankton sudah tumbuh dan memenuhi kolam.

Tabur benih udang vaname sebanyak 80-100 ekor per meter persegi. Benih yang bagus dan sehat relative dapat bertahan dan bisa hidup dengan baik di kolam.

Perawatan dan Pemeliharaan

Pemberian pakan udang vaname dapat disesuaikan dengan umur udang. Untuk benih udang dengan berat 0.01 gr bisa diberi pakan sekitar 3 kg untuk 80-100 ekor. Untuk udang dengan berat 0,5 gr bisa diberi pakan sebanyak 11,22 kg.

Sementara untuk perawatan kolam, dilaksanakan dengan memperhatikan kandungan garam, pH dan perputaran air untuk mendukung perkembangan dan perubahan udang.

Panen

Udang vaname dapat dipanen saat berusia 60-70 hari setelah periode sebar benih. Pemanenan dapat dilaksanakan menggunakan jala dan disimpan dalam box pendingin untuk menjaga kualitas kesegaran udang.

Baca juga: Cara Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak

Rekomendasi Toko Mulsa Pertanian

Cara Budidaya Udang Vaname
Sumber: Pinterest

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastic hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastic mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, PT. Global Inti Fibertech juga menyediakan produk lain seperti karton single face dan benang jahit. Anda bisa langsung memesan mulsa plastic hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Author

Enable Notifications OK No thanks