Sekarang ini banyak orang yang telah menggunakan desain pintu yang terbuat dari baja baik untuk rumah bergaya modern maupun tradisional. Tentu saja banyak kelebihan pintu baja yang membuat banyak orang menggunakannya.

Baja sendiri merupakan material yang mempunyai banyak sekali kelebihannya dibandingkan material lainnya. Tidak heran banyak produsen yang juga menawarkan desain pintu baja dengan harga yang lebih terjangkau.

Kelebihan Pintu Baja

Seperti sudah kami singgung sebelumnya kalau pintu baja mempunyai kelebihan dibandingkan jenis pintu lainnya seperti pintu kayu, PVC, dan kaca. Lantas apa saja kelebihan pintu baja ini? Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Mirip Seperti Kayu

Meskipun terbuat dari material baja, namun pintu baja mempunyai desain yang hampir mirip seperti pintu dari material kayu.

Karena punya desain yang mirip, Anda juga bisa menggunakan pintu baja pada rumah dengan desain rustic ataupun klasik. Bahkan ada pintu baja motif kayu jika Anda memang suka dengan desain kayu.

Tidak hanya sisi desainnya saja yang sama, bobot antara pintu kayu dan baja juga tidak terlalu jauh. Sehingga jika Anda ingin memperoleh kualitas yang lebih baik, pintu baja merupakan pilihan yang sangat tepat.

2. Sangat Kuat

Karena terbuat dari material baja, ketahanan yang dimiliki oleh pintu baja tentu saja lebih kokoh dibandingkan dengan pintu kayu maupun jenis pintu lainnya. Bahkan pintu baja sangat kuat terhadap berbagai musim.

Pintu yang terbuat dari material baja tidak akan memuai seperti halnya pintu kayu ketika berada di musim hujan. Selain itu, pintu baja juga tidak akan mengalami penyusutan tidan tidak mudah rapuh.

Dengan begitu, pintu baja tidak akan mengalami kerusakan meskipun terpapar sinar matahari langsung maupun terkena air hujan. Tak heran kalau pintu baja diklaim sebagai pintu yang tahan terhadap cuaca ekstrim.

Menariknya lagi, pintu baja ini tidak akan mengalami kerusakan karena rayap. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang rayap yang menjangkiti pintu baja. Berbeda dengan pintu kayu yang sangat rentan terkena rayap.

3. Tahan Api

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh pintu baja adalah tahan api. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan pintu kayu yang sangat mudah terbakar ketika terjadi bencana kebakaran.

Tidak mengherankan kalau banyak gedung-gedung bertingkat yang menggunakan pintu baja. Karena jika terjadi kebakaran, proses merambatnya api bisa ditekan selama beberapa menit dengan pintu baja.

4. Ukuran & Model Bervariasi

Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah ukuran. Karena pintu baja ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran pintu di rumah Anda.

Tidak hanya ukurannya saja, model yang dimiliki oleh pintu baja juga sangat bervariasi. Ada pintu baja dengan model seperti pintu lipat, bermotif, terali, dan model lainnya.

5. Harga Tejangkau & Mudah Dibersihkan

Pintu baja modern juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan pintu baja ini mulai dari Rp1,5 jutaan.

Cara membersihkan pintu baja juga sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan air hangat dan sedikit deterjan untuk membersihkannya.

6. Terdapat Sistem Kunci

Ada beberapa produk pintu baja yang sudah mempunyai sistem penguncian yang maksimal seperti halnya brankas. Dengan begitu pintu rumah Anda tidak akan mudah dibobol oleh maling. Karena sistem keamanan rumah Anda sudah meningkat berkat keberadaan sistem kunci pada pintu baja.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Pintu Tahan Api Pada Bangunan

Kelemahan Pintu Baja

Tidak ada produk yang sempurna, termasuk pintu baja. Disamping mempunyai banyak kelebihan, nyatanya pintu ini juga mempunyai kelemahan yang bisa jadikan Anda referensi. Berikut ini adalah kelemahan yang dimiliki oleh pintu baja.

1. Mudah Berkarat

Material baja memang sangat lemah terhadap karat. Apalagi jika Anda tidak melakukan perawatan dengan cara yang baik dan benar. Namun beberapa produk pintu baja sudah dilapisi dengan material galvanis, sehingga tidak akan mudah mengalami korosi atau berkarat.

2. Harus Dilapisi dengan Cat Khusus

Kelemahan lainnya yang dimiliki oleh pintu baja adalah perlu dicat dengan menggunakan chat khusus. Karena menggunakan cat khusus, Anda harus mengeluarkan sedikit biaya tambahan untuk membelinya supaya pintu bisa terawat.

Jika kita perhatikan, pintu baja mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan kelemahannya. Dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan menggunakan pintu ini dibandingkan pintu yang lainnya.

Selain itu, sekarang telah banyak perusahaan yang jual pintu baja murah di Indonesia, salah satunya adalah elpisdoor.co.id. Perusahaan ini menjual berbagai jenis pintu, termasuk pintu emergency yang tahan terhadap api.

Itulah bebeapa kelebihan pintu baja beserta dengan kelemahannya yang bisa Anda jadikan referensi. Jika memang punya budget yang besar, kami sarankan untuk menggunakan jenis pintu baja ini. Selain punya ketahanan yang tinggi, pintu ini juga terjangkau dan tersedia dalam berbagai model.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks