Peralatan Industri – Untuk pipa water heater di rumah Anda sering mengalami kebocoran, sebaiknya segera beralih ke pipa tembaga. Pipa ini memiliki banyak kelebihan dari sisi kekuatan dibandingkan dengan jenis pipa yang lainnya.

Tembaga merupakan material yang sangat elastis dan sangat mudah untuk ditempa. Sehingga material ini sangat mudah untuk diubah menjadi bentuk apapun. Dalam dunia konstruksi, tembaga ini sering dibentuk menjadi pipa.

Kelebihan Pipa Tembaga

Pipa tembaga memiliki karakteristik anti bocor yang bisa tahan untuk mengalirkan air dengan vBolume yang sangat besar. Sehingga pipa tembaga ini banyak dimanfaatkan dalam proyek instalasi air.

Selain anti bocor, pipa tembaga juga sangat fleksibel untuk bentuk. Dengan begitu bisa meminimalisir penggunaan pengencang dan konektor. Biaya instalasi pun bisa dihemat.

Pipa tembaga juga memiliki sifat anti panas dan api. Ketika kebakaran terjadi, pipa ini tidak bisa melepaskan asap dan gas beracun. Pipa tembaga juga memiliki sifat anti bakteri, sehingga kebersihan air bisa tetap terjaga.

Bahkan pipa tembaga ini memiliki kemampuan untuk membersihkan kandungan timbal yang berbahaya ketika proses produksi. Selain itu tembaga ini juga anti karat, sehingga akan awet meskipun dibiarkan dalam waktu lama.

Karena memiliki sifat anti bakteri, pipa tembaga juga sering digunakan dalam kulkas. Bakteri dalam makanan tidak akan tumbuh, sehingga juga akan membuat makanan lebih tahan lama.

Kelebihan pipa tembaga yang lainnya yaitu tahan terhadap sinar UV. Sehingga pipa ini juga aman digunakan di luar ruangan. Pipa tembaga juga sangat mudah diperbaiki ketika terjadi kerusakan, sehingga material ini ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.

Kekurangan Pipa Tembaga

Jika Anda perhatikan ulasan di atas, pipa tembaga memang memiliki banyak sekali kelebihannya. Karena memiliki kualitas yang sangat bagus, harga dari pipa tembaga ini juga tidak main-main.

Jadi sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum akan menggunakan pipa tembaga. Karena banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan pipa ini.

Tapi hal itu tidak begitu bermasalah jika Anda memang menginginkan pipa dengan kualitas terbaik.

Baca juga: 3 Jenis Pipa Baja Karbon di Pasaran dan Keunggulannya

Merk Pipa Tembaga Terbaik

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa material tembaga itu jarang sekali ditemukan dalam bentuk murninya. Hal inilah yang membuat harga dari pipa tembaga sangat mahal.

Untuk perusahaan yang membuat pipa ini juga sangat jarang. Tapi disini terdapat tiga merk pipa tembaga yang kami rekomendasikan. Simak penjelasannya berikut ini

1. Pipa Tembaga Crane

Jika sudah lama terjun di dunia konstruksi, Anda mungkin tidak asing lagi dengan merk pipa yang satu ini. Bisa dikatakan kalau pipa merk Crane ini adalah yang terbaik dibandingkan merk lainnya.

Pipa tembaga Crane merupakan produk dari perusahaan Crane Enfield Metals Pty. Limited. Perusahaan ini memiliki pusat produksi di Penrith, Australia.

Pipa yang dibuat oleh perusahaan ini tidak hanya pipa tembaga saja, tapi juga pipa gas, instalasi saluran air, dan limbah cair. Kualitas produknya tentu mengikuti standar Australia, Eropa, dan Amerika.

Dengan kualitasnya yang terbaik, pipa tembaga merk Crane ini sangat aman digunakan untuk berbagai sektor baik domestik, komersial, dan industri.

2. Pipa Tembaga Denji

Pipa tembaga merk Denji ini biasanya digunakan untuk sistem pendingin dan pemanas. Untuk keamanannya sendiri tentu tidak perlu diragukan lagi karena sudah memenuhi standar ASTM (American Society for Testing Material).

Selain keamanannya yang sudah terjamin, tingkat kemurnian material tembaga dalam pipa ini juga mencapai 99,9 persen. Sehingga ketika sudah digunakan nanti akan awet.

3. Pipa Tembaga Kembla

Kembla menawarkan dua bentuk pipa yaitu melingkar dan lurus. Untuk Anda yang ingin melakukan instalasi saluran AC atau kulkas bisa menggunakan pipa merk ini.

Jika dibandingkan dengan kedua merk pipa tembaga di atas, pipa tembaga dari Kembla ini tergolong ekonomis dan ramah isi dompet.

Rekomendasi Toko Penjual Pipa Tembaga

Untuk Anda yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, Anda bisa mendapatkan aneka pipa tembaga di Dua Putra Petir. Kantor pusatnya berada di Bukit Palma C5 No. 33 Citraland Utara, Surabaya Barat (Daerah Sememi – Benowo).

Selain Dua Putra Petir, Anda bisa membeli pipa tembaga besi dari PT. Sinar Jippo Arta. Perusahaan ini bergerak di bidang stockies dan distributor produk material steel untuk perindustrian dan proyek di Indonesia.

Kemudian ada Laris Jaya Teknik yang juga bergerak di bidang distributor bahan-bahan konstruksi seperti pipa tembaga. Perusahaan ini berada di Kemayoran, Jakarta Pusat.

PIPA TEMBAGA

Demikianlah ulasan kali ini mulai dari kelebihan pipa tembaga hingga toko yang kami rekomendasikan untuk mendapatkannya. Ketika membeli pipa tembaga ini, pastikan untuk memilih produk yang berkualitas. Kalau bisa kandungan tembaganya mendekati angka 100 persen seperti dari perusahaan Crane.

(Author: Cecep S)