Indonetwork, Otomotif – Motor merupakan moda transportasi yang paling digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal tersebut didasarkan karena efisiensi dalam penggunaannya. Salah satu merek yang paling populer di Indonesia yakni Yamaha motor. Setiap tahunnya, Yamaha selalu mencoba memperbaiki layanan produknya dengan terus memperbaiki tipe terbarunya. Setiap tahunnya, daftar harga motor baru Yamaha selalu dinanti oleh para penggemar otomotif.

Tidak hanya sampai di situ, bagi sebagian orang motor juga dijadikan sebagai cerminan karakter atau jati diri seseorang. Maka dari itu, banyak sekali kita temukan berbagai macam kelompok penggemar motor tertentu. Bahkan komunitas motor di Indonesia menjamur di mana-mana. Sebut saja komunitas Yamaha Nmax yang saat ini cukup terkenal. Hal tersebut karena model dan harga motor Yamaha Nmax yang cocok bagi sebagian kalangan.

Motor sebagai Moda Transportasi Andalan

Selain karena efektifitas dan efisiensi, kondisi transportasi umum yang masih belum memadai juga menjadi faktor kenapa masyarakat masih memilih motor sebagai moda transportasi andalan dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari mengantar anak sekolah, bekerja, dan berdagang. Maka dari itu, perusahaan motor selalu berusaha mengeluarkan produk andalan tiap tahunnya guna memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan selera publik.

Namun, bagi Anda yang belum terlalu paham mengenai mesin, spesifikasi, dan tipe motor tentu akan kebingungan ketika akan membeli motor. Seperti apa motor yang kira-kira pas dan cocok dengan kebutuhan Anda. Untuk itulah penting bagi Anda untuk menyimak dan memperhatikan langkah-langkah berikut.

Langkah-langkah Memilih Motor Baru Yamaha

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

harga motor nmax 2022
Sumber: Pixabay.com

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membeli motor adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika Anda akan menggunakan motor tersebut untuk aktifitas sehari hari maka jenis motor bebek atau sekuter sudah cukup. Namun jika motor tersebut akan digunakan sebagai hobi atau tujuan tertentu, maka jenis motor trail, cruiser, sport, touring bisa jadi pilihan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memilih motor baru Yamaha Nmax dengan harga sekitar 30 juta rupiah.

Baca Juga: KEUNGGULAN MOTOR NMAX 155 VVA YANG MEMBUAT PENGENDARA MAKIN PEDE

2. Sesuaikan dengan karakter Anda

Harga Terbaru Yamaha R1
Sumber: Pixabay.com

Memilih motor bukan hanya untuk dikendarai saja, namun juga lebih kepada jati diri dari pengendaranya. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu pertimbangkan adalah memilih motor yang sesuai dengan karakter Anda. Karena terdapat berbagai macam tipe motor di pasaran yang dapat Anda pilih sesuai karakter Anda. Dari motor trail, motor scooter, motor bebek, hingga motor besar (moge). Jadi Anda tidak perlu terbur-buru dalam memilih motor. Sebagai contoh jika Anda berkarakter macho / manly dan memiliki budget yang cukup, Anda dapat memilih motor baru Yamaha R1 dengan harga sekitar 600 juta rupiah.

3. Kondisi Rute Wilayah Anda

harga Terbaru Vega Force 2022
Sumber: Motorplus-online.com

Selain itu, hal penting yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membeli motor adalah dengan mempertimbangkan rute yang akan dilalui motor. Kondisi dan track jalanan di wilayah tertentu nantinya akan mempengaruhi performa mesin motor. Misal, jika di perkotaan dengan rute yang landai yang penuh dengan lampu merah, tentu motor matic yang paling cocok. Namun jika di pegunungan dengan track jalan yang naik turun, tentu motor kopling ataupun bebek dapat menjadi pilihan Anda. Sebagai contoh Anda dapat memilih motor baru Yamaha Vega Force dengan harga sekitar 16 juta rupiah.

4. Sesuaikan ukuran dan bodi motor

Harga Motor Baru Yamaha Zuma 125
Sumber: Suara.com

Setelah mengetahui kondisi rute dan menentukan jenis motor yang pas, berikutnya adalah ukuran dan bodi motor. Tentunya akan repot jika ukuran bodi motor yang Anda pilih tidak sesuai dengan tubuh Anda. Sebagai contoh, jika Anda bertubuh besar dan tinggi tentu kurang pas jika motor yang Anda kendarai memiliki body yang kecil. Sebaliknya jika Anda bertubuh kecil, maka menjadi kurang pas jika memilih motor dengan ukuran body yang besar. Sebagai contoh, Anda dapat memilih motor baru Yamaha Zuma 125 yang memiliki bentuk ramping dan unik dengan harga sekitar 48 juta rupiah.

5. Kepraktisan

Harga Motor Baru Yamaha All New Soul GT
Sumber: Yamaha-motor.co.id

Kepraktisan menjadi hal penting bagi Anda saat akan membeli motor. Hal tersebut menjadi pendukung kenyamanan saat berkendara. Jenis motor bebek maupun motor sekuter akan sangat cocok dan praktis untuk digunakan di gang-gang kecil karena mudah dalam pengendaliannya. Selain itu motor bebek dan motor sekuter dapat digunakan untuk memuat barang-barang. Sebaliknya, untuk motor jenis trail dan sport kadar kepraktisannya sangat kurang. Sebagai contoh Anda dapat memilih All New Soul GT di harga sekitar 17 juta rupiah.

6. Baru Atau Bekas

Membeli motor baru tentu ada kebanggan tersendiri. Namun membeli motor bekas juga belum tentu tidak ada rasa kebanggan. Jika Anda pandai dalam memilih motor bekas, bisa jadi Anda akan mendapat motor bekas yang berkualitas sama baiknya dengan motor baru. Namun lagi-lagi, pertimbangan motor baru atau bekas tergantung dari kebutuhan dan kondisi keuangan.

Baca Juga: DAFTAR HARGA MOTOR BARU YAMAHA BEBEK DAN SPESIFIKASINYA

7. Ketersediaan Suku Cadang

Dalam membeli motor, satu hal yang cukup penting untuk menjadi pertimbangan adalah faktor ketersediaan suku cadang. Jika perusahaan motor tersebut masih baru dan belum banyak di Indonesia tentu ketersediaan suku cadangnya juga akan sulit dicari. Berbeda jika perusahaan motor tersebut sudah lama di Indonesia dan produknya umum dijumpai tentu ketersediaan suku cadangnya mudah dicari. Dengan memilih motor Yamaha tentunya Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan suku cadang. Selain itu aksesori untuk menambah tampilan motor Anda juga sangat banyak tersedia.

8. Pilih tempat pembelian terpercaya

Setelah mempertimbangkan banyak hal di atas, hal terakhir adalah memilih tempat pembelian motor yang terbaik dan terpercaya. Tempat pembelian akan sangat mempengaruhi kualitas motor yang akan Anda beli. Meski Anda memilih membeli motor baru, Anda mesti cermat dalam memilih tempat pembelian. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada pelayanan dan keterangan mengenai jenis motor yang akan Anda beli.

Nah, salah satu tempat yang terpercaya dan terbaik untuk membeli motor harian Anda adalah Yamaha Arista Garut. Sebagai dealer resmi, Yamaha Arista Garut memberikan berbagai penawaran menarik bagi Anda. Selain itu, terdapat kemudahan transaksi baik secara cash maupun kredit dengan persyaratan yang cukup mudah.


Author

%d bloggers like this: