Indonetwork, Tips & Trik – Kertas anti karat sudah terbukti manfaatnya dalam mencegah korosi. Tidak hanya itu, kertas ini membuat pengusaha lebih mudah melakukan perawatan pencegahan kerusakan dan dapat menyimpan barang logam dengan jumlah banyak dalam jangka waktu lama tanpa khawatir adanya kerusakan sehingga menyebabkan kerugian. Kertas anti karat juga dibutuhkan untuk perlindungan produk saat proses pengiriman yang membutuhkan waktu lama seperti dalam proses ekspor-impor luar negeri. Hal tersebut menjadi alasan munculnya pabrik jual kertas anti karat di Indonesia.

Industri yang biasa menggunakan kertas anti karat diantaranya adalah industri yang berada di bidang lokomotif dan usaha bahan bangunan. Kedua industri tersebut memiliki banyak produk yang sifatnya mudah berkarat karena terbuat dari logam. Produk-produk yang perlu dilindungi menggunakan kertas anti karat tersebut di antaranya adalah logam besi, baja paduan, besi cor, tembaga, kuningan, perunggu, logam berlapis, seng dan paduannya, krom dan paduannya, kadmium dan paduannya, nikel dan paduannya, timah dan paduannya, alumunium dan paduannya, dan bahan logam lainnya.

Apa Itu Kertas Anti Karat?

Harga Kertas Anti Karat
Sumber: Rustx.net

Kertas anti karat juga dikenal dengan nama VCI Paper adalah produk kimia kering berbentuk kertas yang bersifat bebas asam atau PH netral kering. Kertas ini juga mengandung senyawa pencegah korosi. Seperti telah disebutkan sebelumnya, kertas ini biasa digunakan untuk pelapisan produk berbahan logam dan sejenisnya yang mudah berkarat. Pencegahan karat pada produk dengan penggunaan kertas anti karat dapat bertahan dalam jangka panjang 3 sampai 10 tahun tergantung seberapa tebal lapisan kertas anti karat yang digunakan dan ketahan dari produk itu sendiri.

Aplikasi Kertas Anti Karat

Kertas anti karat dapat mencegah korosi dengan mudah. Hanya setelah melakukan pelapisan produk berbahan logam atau sejenisnya yang mudah berkarat dengan kertas anti karat, maka perlindungan sudah terjadi sejak awal proses pengaplikasian. Hal ini dapat terjadi karena lapisan kertas anti karat mencegah senyawa-senyawa yang menyebabkan korosi menembus ke permukaan produk, sehingga korosi secara efektif dapat dicegah.

Dalam penggunaanya, perhatikan jangka waktu dan ukuran produk yang akan disimpan dengan kertas anti karat. Sebagai contoh, produk yang berukuran besar seperti sparepart mobil yaitu block silinder disarankan mengunakan dua lapis kertas anti karat, sedangkan produk yang lebih kecil seperti rantai atau baut dapat menggunakan satu lapis kertas anti karat.

Jika Anda mengelola bisnis automotif yang banyak menyimpan produk mudah berkarat denggan ukuran produk yang besar dan bentuk beraneka ragam maka disarankan membeli kertas anti karat berbentuk roll. Roll kertas anti karat lebih mudah disesuaikan dengan ukuran barang dan tidak membuang banyak ruang kertas anti karat, karena dipotong sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk penyimpanan barang dengan ukuran kecil seperti peralatan jahit dan peralatan kantor dapat menggunakan kertas anti karat berbentuk sheet karena lebih praktis.

Baca Juga: 5 PENGAPLIKASIAN KERTAS ANTI KARAT SEBAGAI PEMBUNGKUS PRODUK

Tips Menggunakan Kertas Anti Karat

Berikut beberapa tips menggunakan kertas anti karat yang tepat agar fungsi anti korosi yang diharapkan bisa bekerja dengan maksimal.

  1. Gunakan sarung tangan bersih dan kering dalam ketika mengaplikasikan kertas anti karat.
  2. Lapisi produk dengan kertas anti karat sesegera mungkin sebelum disimpan, namun sebelumnya pastikan produk bersih dan kering.
  3. Usahakan kertas karat sedekat mungkin dengan permukaan produk sebagai pelapis dan tidak meninggalkan penghalang antara kertas anti karat dengan permukaan logam yang akan dilindungi.
  4. Untuk penyimpanan jangka panjang hingga dua tahun, simpanlah material dalam wadah kedap udara setelah melakukan pelapisan dengan kertas anti karat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: APAKAH KERTAS ANTI KARAT BERBAHAYA BAGI KESEHATAN?

Harga Kertas Anti Karat

Produsen jual kertas anti karat biasanya menyediakan kerta pelindung ini dengan berbagai bentuk dan ukuran. Untuk sheet atau lembaran ukuran 30x30cm biasanya dihargai sebesar Rp3.000/lembar. Sedangakan untuk jenis roll ukuran 1m dihargai sekitar Rp130.000/10 roll. Ukuran roll paling besar yaitu 1m x 50m dengan harga sekitar dua juta rupiah. Namun perlu dipahami bahwa harga-harga tersebut dapat berubah tergantung ketersediaan bahan, permintaan, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Produsen Jual Kertas Anti Karat

Salah satu produsen jual kertas anti karat terpercaya adalah Surya Djaya Abadi. Anda dapat menemukan kertas anti karat Adapun aneka solusi kertas anti karat yang disediakan meliputi kertas anti karat (vci paper) roll, kertas anti karat (vci paper) sheet, kertas anti karat (vci paper) bag dan lain-lain. Perusahaan ini telah mensuplay berbagai macam kebutuhan packaging untuk Industri Otomotif, Elektronik, F&B, Logistic Company. Selain kertas anti karat, adapun produk-produk yang tersedia untuk memenuhi segala kebutuhan Anda adalah sebagai berikut :

  1. Anti Rust Plastik
  2. Bag / Kantong Polyfoam Laminasi / Non Laminasi
  3. Bubble Wrap
  4. Food Wrap / Wraping untuk Makanan
  5. Industrial Suplay
  6. Kebutuhan Packing
  7. Lakban Green Tape
  8. Masking Tape (Lakban Kertas)
  9. OPP Tape (Lakban Printing)
  10. Pallet Paper
  11. Dll

Pabrik ini juga menyediakan segala kebutuhan supporting industri yang berhubungan dengan packaging untuk proses packing export seperti silicagel, air bag, edge protector / siku kertas, dan lain-lain. Dengan didukung oleh tim management yang profesional, solid dan berpengalaman, perusahaan yang memiliki kantor di Bekasi dan Sidoarjo ini bertekad melayani dan memuaskan pelanggan dengan mutu dan kualitas produk, serta harga yang kompetitif.


Author

%d bloggers like this: