Indonetwork, Bahan Bangunan – Kekuatan sebuah bangunan sedikit banyak dipengaruhi oleh bahan-bahan bangunan yang digunakan dalam proses pembangunannya. Salah satunya adalah penggunaan besi beton. Bagi Anda yang bekerja di bidang teknik dan bangunan, penggunaan besi beton dalam konstruksi bangunan mungkin sudah tidak asing. Berdasarkan bentuknya, besi beton dibedakan menjadi dua jenis, yakni besi beton polos dan besi beton ulir. Meskipun sama tergolong sebagai jenis besi beton, namun keduanya memiliki perbedaan fungsi dan kegunaan dalam sebuah konstruksi bangunan. Anda dapat menemukan jenis besi beton ini di tempat jual besi beton ulir dan polos yang terpercaya.

Manfaat dan Kegunaan Besi Beton Ulir

Karakteristik utama dari besi beton ulir ialah memiliki bentuk seperti sirip ikan (memuntir) atau sirip teratur seperti bambu dengan pola berbeda. Hal ini bergantung pada pabrik pembuatnya. Corak ulir tersebut memiliki fungsi khusus yang tidak dimiliki pada besi beton polos. Uliran tersebut memberikan daya lekat dan penopang yang kualitasnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan besi polos. Selain itu, corak tersebut bertujuan meningkatkan daya lekat dan guna sehingga mampu menahan gerakan membujur dari batang secara relatif terhadap beton.

Jual Besi Beton Ulir
Sumber: Pinterest.com

Pada konstruksi bangunan bertingkat, penggunaan besi beton ulir cukup memiliki peran yang penting. Besi tersebut menjadi perekat materi cor dengan rangka yang disusun dalam sebuah pembangunan. Dengan kata lain, besi beton ulir ini memiliki fungsi perekat yang baik antara tulangan dan beton. Penggunaannya menjadikan bangunan memiliki konstruksi yang kokoh dan kuat. Atas dasar inilah besi beton ini dapat digunakan sebagai kerangka utama dalam sebuah konstruksi.

Meskipun demikian, penggunaan besi beton ulir dalam sebuah konstruksi juga memiliki kelemahan. Diantaranya seperti membutuhkan waktu pengerjan yang relative lama, kualitas bervariasi bergantung kualifikasi pembuatnya, memerlukan bekisting penahan pada saat pengecoran beton agar tetap pada tempatnya, membutuhkan pengawasan ekstra pada saat proses penuangan dan perawatannya hingga rendahnya daya kuat tarik.

Selain itu, berbeda dengan besi beton polos yang dapat dibeli satuan, pembelian besi beton ulir ini haruslah perkilo. Dengan kata lain, anggaran dana yang harus disediakan untuk membeli besi beton ini sedikit lebih mahal. Sebab inilah penggunaan besi beton ini lebih familiar dilakukan oleh kontraktor dalam pembangunan berskala besar seperti gedung bertingkat, jembatan, dan sebagainya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Besi Beton SNI

Standar Ukuran dan Berat Besi Beton Ulir Sesuai SNI

Ukuran dan standar besi yang digunakan dalam sebuah konstruksi mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh SNI (Standar Nasional Indonesia). Standar ini diciptakan guna mengantisipasi banyaknya macam besi dan ukuran namun tidak sesuai.

Mengingat besi beton memiliki fungsi yang vital sebagai rangka bangunan yang berkaitan dengan kekuatan dan ketahanan bangunan, penggunaannya berimbas pada keamanan dan keselamatan. Dengan adanya standar ini, diharapkan bagi produsen dapat memproduksi ukuran besi yang disesuaikan dengan SNI sehingga tidak membahayakan keamanan. Berikut tabel ukuran dan berat besi beton sesuai SNI:

Ukuran Besi Beton Ulir
Sumber: www.smsperkasa.com

Pemilihan ukuran besi dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda. Apabila Anda sedang melakukan pembangunan besar atau bertingkat, sebaiknya memilih ukuran besi di atas 10mm. Sebaliknya  jika bangunan tidak memiliki ukuran yang luas atau hanya 1 lantai, Anda bisa menggunakan besi beton dengan ukuran 10mm saja yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

Baca Juga: Cara Memilih Besi Beton untuk Bangunan Rumah

Rekomendasi Tempat Jual Besi Ulir

PT Baja Mas Abadi merupakan perusahaan supplier dan stockiest besi yang dapat memenuhi kebutuhan besi Anda seperti proyek rumah, pabrik, hotel bangunan bertingkat dan sebagainya. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1999 di Jawa Timur dan kini memiliki cabang di berbagai kota. Dengan tim manajemen yang profesional dan telah berpengalaman, perusahaan ini selalu bertekad untuk melayani dan memuaskan pelanggan. Di sini Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dan bermutu tinggi dengan harga yang kompetitif.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks