Indonetwork, Bahan Bangunan – Sejak diperkenalkan ke pasar pada tahun 1955, pipa ductile cast iron telah diakui sebagai standar industri untuk sistem air dan air limbah modern. Lebih dari lima dekade pengalaman lapangan telah membuktikan kekuatan, daya tahan, dan kehandalannya untuk mengangkut air mentah ataupun air minum, limbah, bubur, dan bahan kimia proses. Marilah simak lebih lanjut mengenai pipa yang satu ini.

Keunggulan Pipa Ductile Cast Iron

1. Awet

Pipa ductile cast iron tahan terhadap kerusakan selama pengiriman dan penanganan. Setelah dipasang, alat ini tahan terhadap kondisi pengoperasian yang paling berat, termasuk palu air, tanah beku, parit dalam, area dengan permukaan air yang tinggi, lalu lintas padat, parit berbatu, dan area dengan tanah yang bergeser, ekspansif, dan tidak stabil.

Jual Pipa Ductile Cast Iron
Sumber: Canada Pipe

2. Murah

Dengan masa pakai hingga 100+ tahun, pipa ductile cast iron adalah material yang paling hemat biaya selama masa pakai pipa dibandingkan material lainnya. Tahap produksi melibatkan biaya untuk ekstraksi bahan baku, produksi pipa dan transportasi pipa. Tahap pemasangan melibatkan biaya operasional peralatan yang diperlukan serta biaya bahan alas yang diperlukan untuk pemasangan setiap bahan pipa. Fase operasi dan pemeliharaan melibatkan biaya yang terkait dengan pemompaan serta melakukan perbaikan dan aktivitas pemeliharaan rutin selama umur desain 100+ tahun. Meski ada berbagai biaya yang harus dikeluarkan namun pengeluaran tersebut sebanding dengan ketahanannya.

Ductile Cast Iron Pipe
Sumber: McWane Ductile

3. Sustainable

Pipa ductile cast iron telah berkontribusi dalam berbagai project pengiriman air bersih untuk masyarakat di seluruh negeri. Setelah pipa mencapai akhir masa pakainya, pipa tersebut dapat digali untuk penggunaan di masa mendatang, seperti daur ulang atau pembuangan. Kekuatan pipa ini dengan desain paling konservatifnya memungkinkan untuk menahan guncangan mendadak (gempa bumi) dan bahaya lingkungan (badai, kebakaran hutan, banjir), serta tekanan sehari-hari seperti lalu lintas. Dengan kandungan daur ulang hingga 90%, pipa besi ini adalah solusi cerdas dan berkelanjutan untuk menyalurkan air bersih ke masyarakat.

Pipa ductile cast iron memiliki kinerja lingkungan yang lebih baik karena emisi gas rumah kaca yang lebih rendah baik dalam tahap produksi maupun operasi. Dari buaian hingga kuburan, pipa besi jenis ini lebih unggul secara lingkungan, karena membutuhkan lebih sedikit energi dan memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah. Peningkatan kapasitas aliran membutuhkan lebih sedikit energi, sehingga menciptakan penghematan energi yang signifikan selama masa pakai pipa. Pipa ini juga terdiri dari bahan-bahan alami yang dapat didaur ulang dan tidak mengandung atau melepaskan bahan kimia berbahaya.

Distributor Pipa Ductile Cast Iron
Sumber: Everett J. Prescott Inc.

Penggunaan Pipa Ductile Cast Iron

Pipa ductile cast iron merupakan jenis besi yang dipakai sebagai pipa yang punya tekanan cukup tinggi. Pipa ini banyak digunakan untuk transmisi air, gas dan limbah, serta pipa drainase air. Telah lebih dari empat dekade banyak orang yang menggunakan jenis pipa ductile cast iron. Pipa ini diakui telah memiliki kekuatan dan daya tahan yang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan sangat efektif untuk mengangkut air mentah, air minum, limbah, bubur, hingga hasil akhir dari proses kimia.

Baca Juga: 7 JENIS PIPA BESI YANG BANYAK DIGUNAKAN UNTUK BERBAGAI INDUSTRI

Kualitas yang tinggi dari ductile cast iron pipe berasal dari kandungan grafit besi yang berbentuk bulat atau nodular, bukan serpihan. Perubahan grafit ini akan menambahkan inokulan seperti magnesium ke besi cari dengan komposisi yang sesuai selama proses pembuatannya. Bentuk grafitnya yang bulat ini juga membuat pipa ductile cast iron punya kekuatan dua kali lipat lebih besar dari besi cor. Tidak hanya dari sisi kekuatan, pemanjangannya juga berkali-kali lebih besar dibandingkan dengan besi cor.

Pipa ductile iron pipe juga biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan otomotif. Karena kekuatan material pipa ini sangat jauh lebih kuat dibandingkan dengan aluminium dan tidak selalu membutuhkan baja. Banyak industri lainnya yang menggunakan pipa ini termasuk truk diesel off-highway, truck kelas 8, traktor pertanian, dan pompa sumur minyak. Harga pipa ini sendiri beragam karena bergantung pada diameter dan panjangnya.

Baca Juga: 3 JENIS PIPA PVC YANG SERING DIBUTUHKAN KONSUMEN

Rekomendasi Distributor Jual Pipa Ductile Cast Iron 

Seperti yang telah diketahui bahwa terdapat banyak faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan bahan pipa yang tepat untuk infrastruktur distribusi air minum dan lain sebagainya. Meskipun ada berbagai bahan pipa yang tersedia, memilih yang salah dapat mengakibatkan kegagalan dini, perawatan yang tidak diinginkan, dan biaya tak terduga selama masa pakai pipa. Maka dari itu, jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut dapat menghubungi PT. Tohoma Mandiri yang merupakan distributor peralatan kimia dan pertambangan yang berlokasi di Jakarta.

Perusahaan tersebut memiliki staf yang berpengetahuan dan berpengalaman dengan beragam latar belakang dalam metalurgi, pengadaan, manufaktur, penjualan, pasokan, pergudangan, logistik, pemeliharaan. PT Tohoma Mandiri memiliki jaringan global dan Perusahaan Penambangan Klien Utama. Produknya telah dijual ke banyak perusahaan di Indonesia, dan telah dianugerahi reputasi tinggi oleh pelanggan.

Bidang kegiatan dan rangkaian produk yang disediakan meliputi: – Bahan Kimia Pertambangan – Bahan Kimia untuk Industri – Bahan Kimia Pengolahan Air – Cairan Pengeboran – Peralatan Pertambangan, Minyak dan Gas. Perusahaan tersebut merupakan pemasok bahan kimia terbaik sekaligus distributor berkualitas tinggi di pasar Indonesia. Anda bisa mendapatkan produk dengan kualitas dan pelayanan terbaik dengan harga yang tetap kompetitif.


Author

%d bloggers like this: