Indonetwork, Bahan Kimia – Seperti yang kita ketahui, baking soda yang memiliki nama lain sodium bikarbornat atau natrium bikarbonat merupakan senyawa kimia yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga hingga industri lainnya. Baking soda adalah senyawa kimia yang berasal dari campuran natrium dan hidrogen karbonat. Baking soda paling sering menjadi campuran dalam pembuatan makanan, contohnya kue.  Namun, selain sebagai bahan makanan, manfaat baking soda untuk pembersih barang di rumah juga bisa menjadi solusi menghilangkan noda membandel pada permukaan benda.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa baking soda sering digunakan untuk pembersih? Hal ini karena baking soda memiliki sifat abrasif yang dinilai bekerja lebih baik daripada sabun untuk menghilangkan noda pada permukaan barang. Meskipun baking soda juga bersifat basa, namun kandungan molekul lemak di dalamnya membuat sifat baking soda tidak terlalu keras. Selain itu, baking soda juga dapat menetrlakan asam penyebab bau tak sedap.

Baca Juga: Kenapa Perlu Ganti Oli Kompresor AC Rumah? Ini Penjelasan dan Caranya

 barang yang bisa dibersihkan dengan baking soda

barang yang dibersihkan dengan baking soda
Sumber: Freepik

Berikut beberapa barang di rumah yang bisa dibersihkan menggunakan baking soda dengan mudah.

1. Boneka

Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan noda pada mainan boneka. Caranya yaitu larutkan baking soda menggunakan air, usap pada noda di boneka, lalu lap menggunakan kain kering. Cara ini tentu sangat mudah sekali untuk membantu anda membersihkan boneka. 

2. Panci

Kali ini baking soda atau sodium bikarbonat juga manfaatkan untuk membersihkan kerak di bawah panci. Karena saat Anda mencuci bagian bawah panci keraknya mungkin masih ada oleh karena itu saat mencuci gunakan baking soda agar kerak luntur.

3. Kerak

Sama seperti poin di atas, baking soda mampu menghilangkan kerak membandel yang menempel pada panci, wajan dll. Baking soda juga memiliki bahan alami untuk mengangkat kerak lebih cepat daripada sabun cuci lainnya. Contoh lainnya seperti kerak pada bagian bawah setrika usap bagian bawah setirka menggunakan baking soda.

4. Kamar Mandi

Baking soda juga di manfaatkan untuk membersihkan kamar mandi karena dapat mengangkat noda yang ada di dalam kamar mandi. Contohnya closet dan keramik kamar mandi. Untuk membersihkan closet dengan baking soda harus ada tambahan cuka, sedangkan keramik hanya digosok saja menggunakan sikat dan taburkan baking soda.

Baca Juga: Cara Menghitamkan Ban Mobil yang Kusam

5. Baju

Untuk baju sendiri, baking soda beruna untuk menghilangkan bau, menghilangkan noda, membuat baju lebih bersih daripada sebelumnya, pengganti deterjen dan pelembut pakaian. Jadi jangan heran kenapa baking soda sering kali di gunakan  untuk mencuci pakaian.

6. Wajan Gosong

Untuk kali wajan yang gosong akan di bersihkan menggunakan baking soda dan cuka, ternyata peran cuka dalam membersihkan wajan yang gosong sangat penting. Sebab cuka memang pembersih serbaguna, tapi harus ada bantuan baking soda karena baking soda terbuat bahan alami untuk mengangkat noda dan karat yang membandel.

7. Mesin cuci

Banyak yang belum tahu ternyata baking soda bisa juga kita manfaatkan untuk membersihkan mesin cuci. Karena baking soda berfungsi melawan bau busuk dan jamur yang tertinggal dari penumpukan sabun dan pelembut kain. Dengan begitu Anda tidak perlu kerepotan lagi membersihkan mesin cuci. Dengan memanfaatkan  dua cangkir baking soda, mesin cuci sudah bersih dan terhindar dari jamur dan tidak lupa juga Anda tambahkan dua cangkir cuka agar hasilnya lebih maksimal.

Ada banyak sekali manfaat baking soda sebagai pembersih barang-barang di rumah. Terutama untuk membersihkan noda membandel, seperti kerak pada wajan dan jamur atau lumut pada mesin cuci sekalipun. Bagi Anda yang membutuhkan baking soda atau sodium bicarbonate dalam jumlah besar untuk kebutuhan industri, bisa menghubungi PT. Pelangi Chemindo. Selain baking soda, Anda juga bisa mencari senyawa kimia lain, seperti citric acid, caustic soda, sodium hypochloride, hinga acetid acid dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin.

Penulis: Muhammad Pemuka Bangsaraja & Muhammad Nabil Musyary

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Enable Notifications OK No thanks