Indonetwork, Bahan Kimia – Jika Anda pernah melihat benda yang dibungkus kertas putih saat membeli barang seperti sepatu baru, tas atau furnitur rumah, benda tersebut adalah desiccant penyerap kelembaban. Fungsi utama benda tersebut adalah melindungi dan memastikan peralatan yang Anda beli dalam kondisi baik dan terawat.

Artikel ini akan membahas pengertian, manfaat dan rekomendasi produsen jual desiccant penyerap kelembaban.

Desiccant penyerap kelembaban biasanya ditemukan dalam banyak produk kemasan dengan bentuk persegi panjang yang dibungkus dengan kertas berbahan khusus. Jika dipegang dengan tangan, di dalam kertas tersebut akan terasa seperti berisi butiran-butiran pasir kecil. Dessicant pada umumnya terbuat dari silikon dioksida yang merupakan komponen alami pasir. Dengan berbentuk partikel-partikel kecil tersebut, desiccant mampu menyerap sejumlah besar air yang ada pada sekitar produk.

Manfaat Desiccant

Desiccant Penyerap Kelembaban silica gel

Sebagian besar orang menganggap desiccant tidak memiliki fungsi apa-apa dan lebih memilih untuk langsung membuangnya. Padahal, dibalik ukurannya yang kecil, desiccant penyerap kelembaban memiliki segudang manfaat.

1. Menjaga Barang Tetap Segar dan Bersih

Manfaat desiccant penyerap kelembaban yang pertama adalah menjaga barang Anda agar tetap segar dan bersih. Misalnya, pada barang yang dapat dijaga kebersihan dan kesegarann seperti handuk dan sprei. Anda hanya perlu menyimpan handuk dan sprei tersebut bersamaan dengan beberapa kantung desiccant. Cara yang sama juga dapat Anda lakukan untuk menyimpan tas olahraga, loker atau bahkan sepatu. Desiccant akan menyerap kelembaban sehingga dapat memperlambat penyebaran bakteri dan mencegah bau tidak sedap.

Baca Juga: MENGENAL 5 BAHAN KIMIA PALING BERBAHAYA

2. Membuat Makanan Menjadi Lebih Awet

Anda dapat mengawetkan makanan dengan menggunakan desiccant. Caranya adalah dengan menyimpan makanan tersebut dan meletakkan desiccant dalam satu wadah. Dengan adanya desiccant tersebut akan mencegah tumbuhnya jamur pada makanan dan menjaga makanan dalam keadaan segar.

Jenis makanan yang dapat diawetkan menggunakan desiccant diantaranya adalah biji-bijian, rempah-rempah, herbal atau makanan hewan peliharaan. Selain meletakkan desiccant dan makanan dalam satu wadah, Anda juga perlu memastikan bahwa makanan tersebut tersimpan dalam wadah dengan keadaan kering.

3. Mencegah Karat dan Korosi Pada Peralatan

Manfaat desiccant selanjutnya adalah mencegah karat dan korosi pada peralatan yang Anda miliki di rumah. Korosi yang muncul pada peralatan dapat disebabkan oleh kelembaban yang berlebihan. Anda dapat menggunakan desiccant untuk mencegah timbulnya korosi dan karat tersebut. Peralatan yang dapat Anda lindungi yaitu peralatan yang berbahan logam atau besi misalnya pisau cukur, obeng, palu, atau bahkan peralatan perak.

4. Membantu Mengeringkan Perangkat Elektronik

Desiccant penyerap kelembaban juga dapat digunakan untuk mengeringkan perangkat elektronik. Kantung desiccant mampu menyerap kelembaban dengan sempurna, sehingga akan sangat berguna saat Anda melakukan perbaikan perangkat yang basah seperti ponsel atau airpods.

Anda hanya perlu memasukkan perangkat yang ingin dikeringkan ke dalam tas ziplock dengan desiccant kemudian tutup rapat dan diamkan selama kurang lebih 72 jam. Dengan cara ini kemungkinan perangkat akan benar-benar kering dan meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh air.

Jual Silica Gel
Sumber: Liputan6.com

5. MEngatasi Kaca Berkabut

Apabila kaca mobil Anda dalam keadaan berkabut, Anda dapat membersihkannya menggunakan desiccant. Kaca mobil yang berkabut tentu akan sangat mengganggu ketika kita berkendara dan bahkan bisa sangat membahayakan terhadap keselamatan kita. Jika Anda merasa peralatan teknis yang ada di mobil Anda tidak bisa mengatasi hal tersebut, Anda cukup meletakkan beberapa kantung desiccant di dekat kaca depan dan kabut tersebut akan hilang.

6. Menghilangkan bau tidak sedap Pada Sudut Ruangan

Manfaat desiccant yang lain adalah menghilangkan bau tidak sedap yang ada pada sudut-sudut ruangan. Bau tidak sedap biasanya muncul pada bawah wastafel. Jika hal tersebut terjadi, Anda hanya perlu meletakkan dessicant pada sudut tersebut. Selain itu, Anda juga perlu sesekali mengganti kantong desiccant agar bau tidak sedap tersebut cepat hilang.

7. MEngeringkan Bunga

Anda bisa dengan sangat mudah mengawetkan bunga menggunakan desiccant penyerap kelembaban. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil wadah kemudian letakkan desiccant dan bunga pada wadah tersebut setelah itu tutup wadah dengan rapat. Tunggu selama 2-6 hari dan periksa apakah proses pengeringan sudah selesai. Jika bunga sudah dalam keadaan kering, keluarkan desiccant dari wadah.

Baca Juga: MANFAAT DAN BATAS PENGGUNAAN VASELINE EX IRAN PADA KULIT

8. Melindungi Dokumen Penting

Jika Anda memiliki dokumen-dokumen penting, Anda perlu menyimpannya dengan baik. Salah satu faktor yang harus Anda perhatikan adalah kelembaban area penyimpanan. Dokumen berbahan dasar kertas akan sangat rentan rusak jika disimpan pada tempat yang lembab. Menyimpan dokumen bersama desiccant merupakan salah satu cara ampuh agar dokumen Anda tetap dalam kondisi yang baik.

Rekomendasi Produsen Jual Desiccant Penyerap Kelembaban

Hubungi PT. Persada Silver, produsen jual desiccant penyerap kelembaban untuk mendapatkan produk dengan kualitas dan harga termurah. Spesifikasi desiccant yang disediakan PT. Persada Silver ialah mampu bertahan pada suhu -5°C sampai 90°C (23° F – 194°F), tidak beracun, dan sudah tersertifikasi DMF-free.

Selain itu, desiccant dari perusahaan ini memiliki daya serap hingga 3x lipat dari beratnya sendiri, aktif hingga 90 hari terhitung sejak kemasan dibuka, mengubah kelembaban menjadi jelly, menggunakan bahan penyerap satu arah dan tertutup ganda, sehingga tidak bocor. Perusahaan ini menyediakan berbagai kemasan ukuran mulai dari dry sac 2 gram sticker hingga dry sac 1400 gram.

DAPATKAN BERBAGAI JENIS BAHAN KIMIA SESUAI KEBUTUHAN ANDA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks