Indonetwork, Bahan Kimia – Elektroda pada kehidupan sehari-hari bisa ditemukan pada sistem kelistrikan baterai. Ini adalah contoh umum dan paling sederhana yang mewakili definisi elektroda. Tentunya, masih banyak contoh aplikasi elektroda yang bisa Anda pahami.

Berikut ini penjelasan lebih mengenai apa itu elektroda, alasan mengapa electrode penting dan kegunaan dalam kehidupan serta rekomendasi tempat jual electrode Jakarta Barat.

Apa itu Elektroda

elektroda dalam baterai
Sumber: Unsplash

Elektroda dalam sel elektrokimia dapat disebut sebagai anode atau katode, penemuan Michael Faraday yang mengantarkannya mendapatkan julukan “Bapak Listrik”.

Anode adalah elektrode tempat elektron datang dari sel elektrokimia dan oksidasi terjadi. Sedangkan katode adalah elektroda tempat elektron memasuki sel elektrokimia dan redoks terjadi. Setiap elektrode dapat menjadi sebuah anode atau katode tergantung dari tegangan listrik yang diberikan ke sel elektrokimia tersebut.

Proses yang terjadi pada elektroda disebut elektrolisis. Selama proses elektrolisis terjadi penguraian elektrolit dengan arus listrik. Kondisi ini melibatkan energi listrik (arus listrik) yang akan diubah menjadi energi kimia. Pada proses elektrolisis melibatkan istilah anoda dan katoda. Dua hal ini memegang peran penting dalam proses elektrolisis.

Alasan Mengapa Elektroda Diperlukan

1. Memudahkan pekerjaan

Jual Electrode
Sumber: Pixabay.com

Elektroda dapat memudahkan pekerjaan manusia, khususnya di bagian pekerjaan yang berkaitan dengan kelistrikan. Salah satu manfaatnya adalah elektroda bisa membantu memisahkan logam berbahaya pada air tanah sehingga memungkinkan air tanah dapat dikonsumsi. Hal ini dapat memudahkan pekerjaan manusia atau perusahaan dalam menyediakan produk konsumsi bagi masyarakat.

Contoh lain dari aktivitas yang dimudahkan dengan aplikasi elektroda adalah proses las listrik. Las listrik mungkin tidak dilakukan oleh semua orang, namun aktivitas sederhana seperti membuat pagar dapat dilakukan oleh sebagian besar orang.

2. Membantu pada sektor medis

Pemeriksaan EKG
Sumber: Google

Selain itu, fungsi lainnya adalah elektroda mampu membantu kehidupan manusia dari sektor medis. Elektroda dapat menolong kegiatan yang bersifat medical di rumah sakit.

Salah satunya adalah prosedur Elektrokardiogram (EKG) yang merupakan tes yang digunakan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung. Tes ini sering dilakukan untuk memeriksa kondisi jantung dan mengevaluasi efektivitas pengobatan penyakit jantung.

3. Solusi di bidang sains

Di dalam ilmu pengetahuan alam, elektroda dipelajari di dalam kelas. Materi ini pun bisa dengan cepat diserap dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Harapan dengan adanya materi mengenai elektroda di bangku sekolah adalah agar para siswa mampu mengembangkan imajinasi mereka untuk menciptakan hal baru dari ilmu elektroda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, baterai merupakan salah satu aplikasi elektroda. Dalam kehidupan sehari-hari, baterai bisa digunakan untuk berbagai fungsi seperti pada jam, remot, dan lain sebagainya.

manfaat Elektroda pada Kehidupan Sehari-hari

1. Metode Geolistrik

Di dalam metode geolistrik aktif diperlukan konfigurasi elektroda karena adanya proses injeksi arus listrik ke permukaan Bumi. Pada titik ukur dibutuhkan faktor koreksi tertentu dalam pengumpulan informasi dengan konfigurasi elektroda . Tujuannya adalah untuk mengetahui nilai resistivitas listrik di dalam tanah dengan ketelitian pengukuran yang mendekati nilai sebenarnya.

Pada konfigurasi elektroda terdapat dua jenis elektroda yaitu elektroda arus dan elektroda tegangan. Tiap metode geolistrik memerlukan sepasang elektroda arus dan elektroda tegangan. Bentuk konfigurasi untuk pengukuran adala pengaturan tata letak elektrode arus dan elektroda tegangan di dalam permukaan Bumi.

2. Elektrokoagulasi

metode elektrokoagulasi
Sumber: Google

Elektrokoagulasi merupakan suatu kegiatan memanfaatkan energi listrik untuk mengumpulkan dan mengendapkan partikel-partikel logam di dalam air. Elektroda digunakan sebagai alat pengalir energi listrik di dalam air yang ditampung dalam wadah berbentuk akuarium. Peran air di dalam kegiatan elektrokoagulasi adalah sebagai elektrolit.

Sepasang lempeng elektroda disusun secara paralel dengan jarak tertentu. Ketika elektroda dialiri dengan arus searah, maka elektroda akan berpisah dari anode dan menghasilkan suatu senyawa kimia sebagai reaksi terhadap air. Sedangkan pada bagian katode terbentuk gas hidrogen. Metode elektrokoagulasi dapat menjernihkan air tanpa menggunakan zat kimia tambahan.

Baca Juga: FUNGSI-FUNGSI NAOH DALAM TITRASI

3. Las Busur Listrik

Las busur listrik menggunakan elektroda yang berselaput. Ciri khas elektroda ini adalah adanya perbedaan komposisi antara selaput elektroda dengan kawat intinya. Fluks di dalam kawat inti dibuat dengan metode pelapisan dengan teknik destruksi, teknik semprot atau teknik celup.

Kawat inti elektroda las mempunyai standar ukuran yaitu ketebalan 1,5 milimeter hingga 7 millimeter. Sedangkan panjangnya berkisar antara 3,5 centimeter hingga 4,5 centimeter. Bahan pembuatan selaput fluks diantaranya selulosa, kalsium karbonat, titanium oksida, kaolin, kalium oksida, mangan, besi oksida, serbuk besi, besi silikon atau besi mangan. Tiap jenis elektrode dengan kegunaan yang berbeda-beda memiliki persentase campuran bahan yang berbeda-beda pula.

4. Terapi

Pemasangan elektroda pada tubuh manusia dapat digunakan untuk terapi. Pemanfaatan ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang menyatakan bahwa arah qi pada meridian manusia sama dengan arah pengaliran arus listrik. Teknik akupunktur dimanfaatkan dalam menentukan titik-titik meridian yang akan dipasangi elektroda.

Pada metode satu meridian, elektrode dipasang pada dua titik akupuntur. Ketentuannya adalah titik akupunktur dengan nomor kecil dipasangi elektrode bermuatan positif, sedangkan elektrode bermuatan negatif dipasangkan pada titik akupunktur bernomor besar.

Pemasangan elektroda ini kemudian menyelaraskan arah qi sesuai dengan arah meridian. Metode terapi ini dapat diberlakukan untuk tonifikasi maupun sedasi. Perbedaannya hanya pada tingkat frekuensi yang digunakan. Tonifikasi dilakukan dengan frekuensi rendah, sedangkan sedasi dengan frekuensi tinggi.

Baca Juga: BHT FOOD GRADE DAN MACAM-MACAM KEGUNAANNYA

Rekomendasi Distributor Jual Electrode Jakarta Barat

Itulah informasi seputar manfaat elektroda di kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang membutuhkan electrode dengan kualitas yang baik ,Anda dapat menghubungi CV. Air Mas yang merupakan distributor jual electrode Jakarta Barat. Selain menyediakan electrode, perusahaan ini menyediakan kebutuhan industri lainnya misalnya: valve, pipa, flange, fitting dan lain sebagainya. Dengan berbekal pengalaman yang lama, CV. Air Mas berkomitmen memberikan solusi yang tepat bagi segala kebutuhan industri Anda.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks