Indonetwork, Fashion– Peningkatan terhadap mobilitas dokumentasi pada era sekarang begitu pesat sehingga membuat ukuran dokumentasi menjadi beraneka ragam. Tidak hanya penting untuk  diabadikan dan disimpan, sebuah dokumentasi juga dapat dijadikan sebagai barang bernilai yang berharga dan penting untuk digunakan sebagai mestinya saat ini maupun pada waktu mendatang.

Dokumentasi tidak hanya berupa rekaman atau berbentuk  lisan. Akan tetapi sebuah dokumentasi dapat diabadikan dalam bentuk buku saku atau buku kecil dengan beragam jenis menarik dan segi ukuran. Sehingga fleksibel untuk Anda dapat menyelipkan sebuah buku kecil tersebut pada tas kecil atau dompet Anda.

Yap! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian dokumen berupa buku passport. Serta manfaat apa saja yang diperoleh dari penyimpanan dokumen berupa buku passport pada cover yang berbahan dasar kulit.

Apa itu DOKUMEN PASSPORT?

Buku passport merupakan sebuah dokumen resmi yang telah dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara asal. Di dalamnya melampirkan beberapa data spesifik mengenai identitas pemilik dan pemegang buku passport. Passport berguna agar dapat Anda gunakan untuk melakukan perjalanan lintas negara, entah untuk sekadar berlibur bersama keluarga ataupun perjalanan bisnis kerja lainnya.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Passport

Buku passport harus ditunjukkan ketika Anda memasuki atau melewati perbatasan suatu negara. Buku passport juga memiliki cap atau stempel (merupakan salah satu dokumen formal).

Di Indonesia terdapat sekitar 5 jenis passport yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari jenis passport biasa, diplomatik, dinas atau resmi, passport orang asing, dan passport haji atau umrah. Berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis-Jenis Passport Di Indonesia

PASSPORT BIASA

jenis-jenis passport di indonesia
Sumber: Pixabay/Sushuti/Bali Travel Indonesia

Merupakan suatu dokumen atau buku yang diterbitkan oleh menteri atau pejabat Imigrasi dan passport ini berlaku selama 5 tahun. Passport ini merupakan dokumen negara yang dapat dibatalkan atau dicabut masa pemakaiannya sewaktu-waktu oleh pemerintah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

PASSPORT DIPLOMATIK

Merupakan passport yang diterbitkan oleh menteri luar negeri untuk warga negara Indonesia yang akan melakukan perjalanan pada luar wilayah Indonesia dalam rangka suatu penempatan atau perjalanan tugas yang bersifat diplomatik.

PASSPORT DINAS

Merupakan passport yang diterbitkan teruntuk warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan keluar wilayah Indonesia dalam suatu rangka penempatan atau perjalanan dinas yang tidak bersifat diplomatik. Passport ini diterbitkan oleh menteri luar negeri.

PASSPORT ORANG ASING

Merupakan buku passport yang diperuntukan kepada orang asing yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia yang berlaku selama dua tahun dan orang asing tersebut tidak mendapatkan atau memperoleh dokumen perjalanan dari  negara lain. 

Passport HAJI ATAU UMRAH

Adalah sebuah dokumen penting negara yang diperlukan dan dibutuhkan oleh seorang calon jamaah yang akan diperlukan dalam melakukan ibadah haji atau umrah di negara arab saudi. Dengan diterbitkannya 48 halaman, passport Ibadah haji atau umrah tersebut mendapat masa berlaku paling sedikit 6 bulan.

jenis-jenis passport di indonesia
Sumber: Pixabay/Joshua Woronieck

Namun, terkadang kita sering menjumpai kasus beberapa rekan Anda yang lupa untuk memperpanjang usia passport. Menurut Kementerian Hukum dan HAM telah resmi menerapkan masa berlaku passport menjadi lebih lama, yaitu 10 tahun sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014 tentang Passport Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Passport.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan juga terkait apa saja manfaat yang akan Anda peroleh apabila menyimpan passport pada cover yang berbahan dasar kulit.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Outdoor Terbaik Jakarta

MANFAAT MENYIMPAN BUKU PASSPORT PADA COVER BERBAHAN  KULIT

MELINDUNGI BUKU PASSPORT DARI CAIRAN ATAU TETESAN AIR

Dengan bahan dasar lembaran kertas yang dikumpulkan atau dijilid dalam satu buku passport, kumpulan kertas tersebut dapat dipastikan tipis dan rentan oleh cairan atau tetesan air. Passport cover kulit menjaga buku passport Anda tetap terjaga dengan baik, tidak mudah kusut atau lembab karena tetesan air, Anda dapat menambahkan sarung atau cover berbahan kulit sehingga melindungi buku passport Anda menjadi lebih terawat dan bersih.

MENAMPILKAN ILUSTRASI buku PASSPORT Sesuai keinginan

Cover passport yang berbahan dasar kulit dapat bermanfaat dan berguna dalam menggambarkan sampul bagian awal buku passport menjadi lebih jelas, berwarna, dan menarik sesuai dengan permintaan Anda sebelumnya. Cover berbahan dasar kulit juga dapat di custom dan disesuaikan dengan permintaan Anda untuk selanjutnya menjadi petunjuk atau informasi dari buku passport yang Anda miliki.

MENAMPILKAN IDENTITAS DAN KARATERISTIK PEMILIK PASSPORT

manfaat passport cover kulit
Sumber: Pixabay/Hanulchoi

Anda dapat menunjukkan identitas Anda yang sederhana maupun elegent sesuai dengan keinginan Anda menkustom kover passport. Passport cover kulit dapat menjelaskan dan mengenalkan siapa Anda, tentang bagaimana Anda menjaga dan merawat dengan baik buku passport, serta mampu menyesuaikan citra yang ingin Anda bangun atau tunjukkan. Sehingga Anda sendiri maupun orang lain dapat dengan mudah mengenali cover tersebut dan mungkin akan mengembalikan kepada Anda secara langsung bila passport ditemukan buku passport Anda tertinggal atau terjatuh di suatu tempat.

MENJAGA BUKU PASSPORT TETAP RAPI DAN TIDAK MUDAH RUSAK

Manfaat lain yang akan Anda peroleh apabila mengkover buku passport dengan cover passport berbahan kulit adalah membuat buku passport tetap terjaga, teratur, rapi, dan tidak mudah rusak. Anda secara tidak langsung telah melakukan double perawatan dan penjagaan karna cover buku passport tersebut menjadi tidak mudah kotor dan berdebu ketika Anda tengah melakukan suatu perjalanan lintas negara yang menyenangkan.

Baca Juga: Review dan Rekomendasi Aksesoris Paspor Terbaik dan Terlaris

Dan dengan manfaat dari menyimpan dokumen atau buku passport pada cover berbahan kulit, Garuda Souvenir Surabaya dapat menjadi salah satu pilihan menarik dan terpercaya untuk Anda dapat meng-custom cover buku passport sesuai dengan style Anda. Garuda Souvenir Surabaya merupakan vendor souvenir merchandise terpercaya dengan kualitas terbaik dan fast respond.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks