Indonetwork, Wahana – Banyak orang yang menganggap kalau di Jakarta itu tidak ada tempat wisata bernuansa alam. Jakarta memang dikenal sebagai kota metropolitan dan macet. Padahal banyak tempat wisata outdoor Jakarta yang dapat dikunjungi.

Jakarta merupakan ibu kota Republik Indonesia dimana pusat bisnis dan pemerintahan berlangsung disana. Jadi wajar kalau kota ini tidak memiliki banyak wisata alam seperti di di daerah lainnya.

Meskipun begitu, Anda tetap dapat menemukan beberapa oase yang penuh dengan kesegaran di tengah padatnya gedung-gedung. Tempat-tempat tersebut cukup ampuh untuk melarikan diri sejenak dari kejenuhan aktivitas.

Bahkan ada beberapa tempat yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga atau sahabat.

Rekomendasi Tempat Wisata Outdoor Jakarta

12 Tempat Wisata Alam di Jakarta Sejuk Rekomended

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata outdoor Jakarta yang dapat Anda kunjungi.

1. Hutan Kota Srengseng

HUTAN KOTA SRENGSENG Tiket & Daya Tarik Januari 2023
Sumber : travelspromo.com

Hutan yang berada di Jalan Haji Kelik ini merupakan paru-paru kota Jakarta Barat. Hutan Kota Srengseng mempunyai lebih dari 4 ribu pohon rindang dan terdiri dari 60 varietas.

Di dalam hutan ini juga terdapat kawasan bermain anak-anak, trek jogging, danau, dan pujasera sederhana. Danau yang ada di dalam hutan juga dapat digunakan untuk memancing, jadi cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Di tempat wisata ini terdapat banyak fasilitas yang memadai untuk para pengunjungnya. Beberapa diantaranya adalah lahan parkir, mushola, dan toilet.

2. Setu Babakan

Setu Babakan Cagar Budaya Betawi di Srengseng - Sabumi
Sumber : www.sabumiku.com

Setu Babakan berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Destinasi wisata ini adalah perkampungan Betawi yang saat ini sudah resmi menjadi pusat pelestarian budaya asli Jakarta.

Di tempat ini terdapat danau yang luas dan cantik,  bahkan di dalamnya juga terdapat tanaman buah dan sayur. Selain dapat menikmati keunikan budaya Betawi, Anda juga akan merasakan kesegaran alam ketika menaiki perahu angsa.

3. Museum Tengah Kebun

Hidden Gem Kemang, Museum di Tengah Kebun | Money Plus
Sumber : blog.amartha.com

Museum Tengah Kebun ini berada di Jl Kemang Timur Raya yang di dalamnya terdapat museum antik. Di bagian tengah museum ini mempunyai kebun hijau yang tentu saja sangat menarik.

Museum Tengah Kebun memiliki lahan yang luas, taman hijau dan bisa langsung terlihat ketika Anda masuk ke museum. Disini Anda dapat melihat barang antik dari pelosok nusantara, Jepang, Eropa, dan China.

Jika ingin berkunjung ke museum ini Anda perlu reservasi jauh-jauh hari. Selain itu Anda hanya dapat membawa orang sebanyak 7-10 orang saja untuk sekali kunjungannya.

4. Taman Cattleya

Taman Cattleya, Spot Nyaman Di Akhir Pekan Di Jakarta - NativeIndonesia.com
Sumber : www.nativeindonesia.com

Taman Cattleya lokasinya tidak jauh dari Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Jadi taman ini berada di pusat hiruk pikuk kawasan sipil, namun tamannya tetap memberikan kesegaran bagi para pengunjungnya.

Di dalam taman ini terdapat banyak pepohonan rindang yang membuat suasananya segar. Selain itu ada juga fasilitas sebagai penunjang bagi pengunjung. Di dalam taman ini Anda bisa berlari santai, bersepeda, atau hanya duduk sambil berfoto-foto.

wisata alam solo dan sekitarnya

Baca juga: REKOMENDASI 5 DESTINASI WISATA ALAM SOLO DAN SEKITARNYA

5. Hutan Kota Tanah Tingal

5 Hal Menarik dari Wisata Hutan Kota Tanah Tingal | BukaReview
Sumber : review.bukalapak.com

Hutan Kota Tanah Tingal pada awalnya hanyalah kebun pribadi milik penduduk setempat. Kemudian pihak pemilik tanah membebaskan fungsi lahan tersebut untuk dijadikan hutan kota.

Hutan ini dapat Anda temukan di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan. Lokasinya tidak jauh dari pintu keluar Tol Pondok Ranji.

Itulah beberapa tempat wisata outdoor Jakarta yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Agar bisa menikmati perjalanan selama liburan, Anda bisa menggunakan layanan jasa rental mobil jakarta. Dengan menggunakan jasa ini Anda bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks