Indonetwork, Makanan – Tidak banyak yang tahu kalau sari kacang hijau itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya yang tinggi membuat manfaat minuman sari kacang hijau ini cukup banyak.

Kacang hijau tidak hanya bisa kita jadikan sebagai hidangan seperti pada bubur kacang hijau atau bakpao. Namun kacang hijau juga bisa kita jadikan sebagai minuman yang sangat lezat dan nikmat.

Tidak hanya memberikan rasa yang nikmat saja, namun kandungan nutrisi yang terdapat pada sari kacang hijau juga sangat banyak. Dan nutrisi yang ada di dalam kacang hijau itu sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Minuman Sari Kacang Hijau

Benarkah Sari Kacang Hijau Bisa Mencegah Diabetes?
Sumber: halodoc.com

Lalu apa saja manfaat minuman sari kacang hijau untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang hijau bisa menjaga sistem pencernaan. Sistem ini sangat penting supaya metabolisme yang terjadi dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Pentingnya Kesehatan Sistem Pencernaan bagi Daya Tahan Tubuh - Alodokter
Sumber: alodokter.com

Biasanya sistem pencernaan akan terganggu ketika kekurangan serat. Di dalam sari kacang hijau itu terdapat serat larut atau pektin yang bisa melembutkan feses.

Selain itu juga dapat mempercepat proses makanan untuk melati saluran pencernaan. Dengan begitu risiko terjadinya sembelit akan semakin kecil jika sering mengkonsumsi sari kacang hijau.

Resep Kacang Sangrai (Tips) oleh Annisa Cooking Class Online - Cookpad

Baca juga: 6 Manfaat Kacang Tanah Sangrai Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat sari kacang hijau yang lainnya adalah mengurangi resiko penyakit diabetes. Karena kandungan serat dan protein pada kacang hijau sangat tinggi. Dengan begitu bisa memperlambat pelepasan gula yang terjadi dalam darah.

Perlu Tahu, Ini 4 Gejala Diabetes Tipe 2 yang Sering Diabaikan
Sumber: halodoc.com

Secara tidak langsung kadar serat dan protein yang tinggi pada sari kacang hijau bisa menurunkan resiko penyakit diabetes. Bahkan bisa membantu mengontrol kadar gula dara bagi mereka yang menderita penyakit diabetes.

Sementara itu, kadar indeks glikemik pada kacang hijau itu tergolong rendah bila kita bandingkan dengan nasi. Hal ini menjadi indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kadar gula yang ada dalam tubuh.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang hijau bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan resiko penyakit stroke dan jantung.

6 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi, dan Cara Menurunkannya
Sumber: viva.co.id

Situasi kolesterol jahat dalam darah yang menumpuk di dalam lapisan pembuluh darah dan menghalangi aliran darah bisa memicu jantung berhenti. Sementara mengkonsumsi sari kacang hijau bisa meningkatkan sirkulasi dan arteri supaya tetap bersih.

4. Menjaga Berat Badan

Apakah saat ini Anda sedang melakukan program diet? Jika iya, mengkonsumsi sari kacang hijau bisa membantu Anda untuk menjaga berat badan. Karena dengan mengkonsumsi kacang hijau, nafsu makan Anda akan lebih terkontrol.

Hitung Berat Badan Ideal Si Kecil dengan Rumus Ini, Bun! | Morinaga Platinum
Sumber: morinagaplatinum.com

Pasalnya kacang hijau itu mengandung protein dan serat yang cukup tinggi. Sehingga perut Anda akan merasa kenyang lebih cepat dan lama untuk lapar. Apalagi kandungan lemaknya sangat rendah, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin mengontrol berat badannya.

5. Memperkuat Tulang

Manfaat sari kacang hijau yang lainnya adalah memperkuat tulang karena kacang ini mengandung vitamin K yang tinggi. Tidak hanya itu, ada juga kandungan magnesium, kalsium dan fosfor yang kadarnya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

5 Sumber Nutrisi untuk Memperkuat Tulang
Sumber: marimembaca.com

Dengan mengkonsumsi sari kacang hijau secara rutin, maka Anda bisa terhindar dari osteoporosis. Bahkan kacang hijau ini juga sangat cocok untuk si kecil untuk pertumbuhan tulang dan giginya.

Demikianlah beberapa manfaat minuman sari kacang hijau yang perlu Anda ketahui. Masih ada beberapa manfaat yang lainnya dari sari kacang hijau ini. Pastikan untuk mengkonsumsinya secara rutin dan tidak berlebihan.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks