Indonetwork, Makanan – Kacang tanah menjadi salah satu pilihan cemilan yang dikonsumsi oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan enak. Apalagi kandungan nutrisi dalam kacang tanah ini sangat banyak. Tidak heran jika banyak manfaat kacang tanah sangrai untuk tubuh.

Kacang tanah mengandung nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah vitamin E, vitamin B Kompleks, Zat besi, kalsium, magnesium, fosforus, listin, vitamin K, asam folat, serat, dan sebagainya.

Mengolah kacang tanah dengan cara disangrai sangat bagus karena tidak menggunakan minyak goreng. Sehingga bisa meminimalisasi asupan minyak jenuh pada tubuh. Meskipun begitu, kacang tanah yang disangrai tetap akan memberikan rasa yang gurih dan renyah.

Manfaat Kacang Tanah Sangrai

Apa saja manfaat kacang tanah sangrai untuk kesehatan tubuh? Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Sumber Antioksidan

Antioksidan
Sumber: olret.viva.co.id

Kacang tanah memiliki kandungan antioksidan yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan antioksidan dalam kacang tanah akan semakin meningkat jika diolah dengan cara disangrai.

Kandungan antioksidan tersebut tentu saja sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan antioksidan di dalam tubuh. Perlu Anda ketahui juga bahwa kandungan antioksidan dalam kacang tanah yang disangrai jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah bit, apel, atau wortel.

Baca juga: 5 Manfaat Minuman Sari Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mencegah Kerusakan Pada Sel Tubuh

Sel Tubuh
Sumber: kompas.com

Kadar antioksidan di dalam tubuh ini berfungsi untuk membantu melawan radikal bebas. Senyawa ini bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh.

Apalagi sekarang ini kandungan radikal bebas di lingkungan kita sangat banyak dan berbahaya bagi tubuh. Mengkonsumsi makanan dengan kadar antioksidan tinggi tentu saja sangat bagus sebagai pertahan tubuh.

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan Dini
Sumber: momsmoney.id

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang tanah yang disangrai juga cukup efektif untuk mencegah penuaan dini. Jadi kerutan yang muncul di sekitaran mata tidak akan muncul jika sering mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Tidak mengherankan jika banyak produk perawatan kulit atau kosmetik yang memiliki kandungan antioksidan. Karena senyawa ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Baca juga: 7 Perbedaan Kedelai GMO dan Non GMO

4. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Daya Tahan Tubuh
Sumber: satpolpp.bantenprov.go.id

Tubuh akan semakin mudah terserang penyakit jika kondisi di lingkungan sekitarnya tidak sehat. Cara yang paling efektif supaya tidak mudah terserang penyakit yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam kacang tanah bisa meningkatkan ketahanan tubuh. Karena nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jadi dengan mengkonsumsi kacang tanah, maka tubuh akan terasa lebih sehat, prima, dan fit.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit Jantung
Sumber: anlene.com

Banyaknya nutrisi yang terdapat pada kacang tanah juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Sehingga cukup efektif untuk menghindari penyakit yang mematikan ini.

Hal ini telah dilakukan penelitian langsung oleh ilmuwan dimana mengkonsumsi sebanyak 140 gram kacang tanah dalam seminggu bisa menurunkan resiko penyakit jantung hingga 35%.

6. Cemilan Diet

Kacang
Sumber: okezone.com

Mengkonsumsi cemilan memang sangat berbahaya bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Namun menjadikan kacang tanah sangrai sebagai cemilan bisa mengurangi asupan kalori dari makan lain.

Mengkonsumsi kacang tanah sangrai bisa membuat mulut terasa kenyang, sehingga Anda tidak akan mudah lapar. Jadi Anda akan merasa sudah makan banyak setelah mengkonsumsi kacang tanah.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Ketumbar Di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa manfaat kacang tanah sangrai yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsinya. Meskipun bagus untuk kesehatan tubuh, namun jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan ya. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus untuk tubuh.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks