Indonetwork.co.id (Jakarta) – Buat Anda pemilik usaha, strategi pemasaran menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan bisnis. Menjamurnya marketplace online menjadi pilihan tepat di era digital seperti saat ini.

Untuk memperkuat strategi pemasaran paling efesien, media sosial (medsos) merupakan salah satu terobosan yang patut Anda coba. Bahkan, untuk menjangkau pasar lebih luas, medos mampu mewakili sebagai wadah promosi termudah.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan medsos secara efektif guna mendongkrak omzet transaksi bisnis Anda? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Mojopahit Tawarkan Submersible Pump Berkualitas dan Terjangkau

Jika awal kehadiran media sosial merupakan sarana memungkinkan seseorang mengenal latar belakang, dan kebiasaan penggunanya secara lebih terbuka. Kini, kelebihan medsos pun mampu memperluas jangkauan bisnis bagi mereka pemilik usaha.

Media sosial memberi kesempatan untuk siapa saja melihat aktivitas dan profil usaha Anda. Bukan hanya itu, mereka yang telah dan belum berteman dengan Anda dapat pula menjadi rekan bisnis.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa, medsos dapat juga dijadikan sebagai target pasar bisnis Anda. Selain menjadi rujukan bagi pebisnis, medsos membuka peluang untuk membesarkan unit usaha Anda.

Manfaatkan medsos sebagai wadah promosi dapat dilakukan dengan cara memposting produk dan usaha Anda secara rutin. Pastikan bahwa, pangsa pasar yang ingin dibidik tepat sasaran.

Kuasai Karakteristik Pengguna Media Sosial
Pastikan Anda memiliki akun di beberapa media sosial yang familiar dan banyak penggunanya. Sebab, pada dasarnya medsos memiliki karakteristik tersendiri yang wajib Anda cermati. Misalkan sajaa, Twitter lebih pas untuk menyuarakan kampanye pemasaran, melakukan live report, atau membangun customer service.

Sedangkan Facebook lebih cocok untuk memperlihatkan profil usaha dan aktivitas, serta memperkenalkan program pemasaran yang lebih besar. Begitupun Instagram dan media sosial lainnya.

Baca juga: Karya Utama Steel, One Stop Solution Kebutuhan Konstruksi

Strategi lain untuk menjangkau pasar lebih luas adalah dengan cara memperbanyak ikut bergabung ke dalam komunitas jual beli online di Facebook. Cara ini dapat pula dijadikan alternatif memperkenalkan sekaligus menjaring konsumen.

Untuk mempermudah para pencari menemukan produk yang hendak Anda pasarkan, biasakan menggunakan hastag disetiap postingan. Berikan pula keterangan lebih lengkap, mulai alamat, nomor HP yang bisa dihubungi dan lokasi jika memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi Cash On Delivery (COD).

Hal lain yang perlu diketahui bahwa, media sosial merupakan salah satu faktor untuk mengembangkan bisnis. Strategi ini merupakan langkah efektif dan dapat pula dijadikan sebagai pelengkap strategi pemasaran.

Intinya, faktor fundamental untuk pengembangan bisnis adalah jaringan sosial yang kuat. Media sosial memungkinkan jaringan sosial terjalin lebih cepat dan mudah.

Dedy Mulyadi