Indonetwork . Peralatan Industri – Perawatan pada mobil tidak hanya pada bagian mesin saja karena masih banyak komponen lain yang juga penting. Salah satu komponen yang memerlukan perawatan adalah AC (Air Conditioner). Perawatan bisa dilakukan dengan rutin mengganti oli kompresor AC mobil.

Sebagian besar orang menganggap kalau AC yang masih kencang dinginnya tidak perlu dirawat. Padahal komponen ini perlu perawatan dengan cara mengganti oli secara berkala. Dengan begitu resiko kerusakan bisa diminimalisasi.

Kapan Oli Kompresor Ac Mobil Harus Diganti?

Fungsi oli kompresor AC mobil yaitu untuk mengurangi gesekan dan mencegahnya cepat panas. Anda bisa mengganti kompresor AC mobil setiap 20.000 kilometer. Atau minimal setiap setahun untuk ganti oli.

Mengganti oli kompresor tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Karena oli ini akan ikut bersirkulasi di dalam kompresor AC. Dengan begitu oli yang digunakan harus sesuai dengan refrigerant-nya.

Jika refrigerant yang digunakan berbentuk gas, oli kompresor juga harus berwujud gas. Jika refrigerant berwujud cairan, oli kompresor yang Anda pakai juga harus berwujud cairan.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan takaran dan spesifikasinya sebelum ganti oli kompresor AC mobil. Hal ini dilakukan untuk menghindari perubahan oli menjadi keras dan bisa membuat kompresor menjadi baret.

Baca juga: 3+ Alat Uji Tanah Wajib Digunakan Surveyor

Jika hal ini terjadi, jangan heran jika kompresor AC mobil Anda akan sering mengeluarkan suara ‘ngorok’ ketika dipakai. Suara ini keluar tidak hanya disebabkan oleh perbedaan spesifikasi saja, tapi juga disebabkan oleh kehabisan oli dan ada kebocoran.

Ketika oli kompresor AC mobil habis, maka gesekan yang terjadi antara komponen kecil di dalam kompresor akan sangat kuat. Kinerja dari kompresor juga akan menjadi lebih buruk karena tidak ada yang bisa melumasinya.

Jika hal tersebut sudah terjadi, biaya yang Anda butuhkan untuk memperbaikinya akan lebih besar lagi. Jadi sebaiknya penggantian oli kompresor harus dilakukan secara berkala. Terlebih biaya ganti oli kompresor AC mobil juga relatif lebih ramah isi dompet.

Bahaya Kelebihan Oli Kompresor

Menggunakan oli kompresor AC mobil terlalu banyak ternyata akan memberikan dampak yang buruk. Oli yang terlalu banyak akan menyebabkan kapasitas refrigerant di dalam AC mobil menjadi berkurang.

Bisa dikatakan kalau pengisian refrigerant ini tidak akan berjalan dengan maksimal maupun jumlahnya kurang dari yang seharusnya. Jika hal ini terjadi, hasil pendinginan dari AC tidak akan maksimal atau tidak akan dingin.

Dengan begitu, oli yang berlebih akan membuat tingkat pendinginan di dalam kabin mobil semakin menurun. Jadi pastikan untuk mengisi oli kompresor dengan tepat supaya kinerja AC Anda bisa bekerja dengan maksimal.

Berapa Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil?

Jika Anda sudah merasakan kinerja dari AC mobil sudah tidak maksimal, sebaiknya segera pergi ke bengkel terpercaya. Karena kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh habisnya oli kompresor AC.

Umumnya biaya ganti oli kompresor AC pada ini berkisar Rp300 ribu lebih. Biasanya budget tersebut sudah termasuk biaya kuras oli kompresor. Jika mengalami kerusakan, biaya servis-nya cukup mahal sekitar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta tergantung jenis kerusakannya.

Untuk harga olinya sendiri juga sangat bervariasi tergantung dari jenis, ukuran dan merk juga.

Jenis Oli AC Mobil

Terdapat 4 jenis AC kompresor AC pada mobil yang biasa digunakan di pasaran. Pertama adalah ND-Oil 8 yang dipakai dalam kompresor jenis piston dan rotary dengan refrigerant R134a. Kedua ada jenis oli Denso ND-Oil 9 yang digunakan pada kompresor jenis vane dengan jenis refrigerant-nya adalah R134a.

Ketiga adalah Denso ND-Oil 11 yang digunakan pada kompresor jenis Electric Driven Scroll dengan refrigerant R1234yf ataupun R134a. Keempat ada Denso ND-Oil 12 yang dipakai pada jenis piston dan rotary jenis refrigerant R1234yf ataupun R134a.

Merk Oli Kompresor AC Terbaik

1. EMKARATE

Emkarate adalah produk oli dari CPI yang merupakan perusahaan di bawah The Lubrizol Corporation. Tipe oli yang biasa digunakan adalah RL32H dan RL134A dengan ukuran satu liter. Untuk harganya berkisar Rp35 ribu sampai Rp55 ribu.

Untuk memperoleh berbagai jenis oli merk Emkarate bisa dilakukan disini.

2. ND OIL 8 TOKYO JEPANG

Untuk tipenya adalah HFC 134a yang memiliki ukuran 250 ml dan harganya berkisar Rp37 ribu. Ukuran untuk satu kalengnya sangat sedikit, tapi hal itu sebanding dengan kualitasnya.

3. PAOIL PAGE68

Merk oli ini dijual dengan harga yang sangat mahal yaitu Rp265 ribu untuk satu liternya.

Untuk memperoleh berbagai jenis oli kompresor AC mobil bisa dilihat disini.

OLI_KOMPRESOR

Demikianlah ulasan kali ini tentang oli kompresor AC mobil yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya untuk mengganti oli ini secara rutin supaya kinerja dari AC mobil Anda tetap maksimal. Anda bisa menggantinya minimal setahun sekali.