Indonetwork, Budidaya – Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antara lain menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol dan menjaga kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. 

Selain memiliki banyak manfaat kacang hijau juga nikmat untuk dijadikan hidangan seperti bubur kacang hijau. Harga kacang hijau pun terbilang cukup murah. Akan tetapi, Anda juga bisa menanamnya sendiri karena kualitas hasil tanaman sendiri sudah pasti lebih baik. 

Berikut ini adalah cara menanam, merawat dan mengolah kacang hijau. Pastikan Anda membacanya hingga selesai. 

Cara Menanam Dan Merawat Kacang Hijau

tanaman kacang hijau
Sumber: dreamstime.com

Cara menanam kacang hijau sendiri sebenarnya sangat mudah. Tanaman ini cocok ditanam pada dataran rendah dan daerah tropis seperti Indonesia. Berikut ini cara menanam dan merawat kacang hijau dengan mudah!

Menanam kacang hijau tidak harus dilakukan di lahan yang luas Anda dapat menanam kacang hijau di rumah dengan melalui  media kapas atau menggunakan tanah berikut caranya. 

1. Menggunakan Media Tanah

Rendam terlebih dahulu kacang hijau dalam air selama 24 jam kemudian tiriskan air dan biarkan hingga 24 jam. Jika sudah terlihat akar-akar kecil kemudian masukkan kacang hijau ke tanah dengan kedalaman 2,5 cm. Beri jarak tanam kacang hijau sejauh 5 hingga 10 cm. Setelah itu siram kacang hijau dengan air secukupnya dan pastikan tanaman kacang hijau Anda terkena paparan sinar matahari.

2. Menggunakan Media Kapas

Anda juga bisa menanam kacang hijau menggunakan media kapas. Cara ini tentu saja lebih mudah karena tidak memerlukan lahan yang luas. 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membasahi kapas dengan air hangat, kemudian biarkan hingga air dalam kapas berhenti menetes dengan sendirinya tanpa diremas. 

Masukkan kapas ke dalam wadah yang bening atau transparan, kemudian taruh biji kacang hijau diatas kapas. Tidak perlu ditekan, pastikan saja biji kacang hijau menempel pada permukaan kapas. Setelah itu tutup wadah, kemudian letakkan pada tempat yang mendapatkan cukup paparan sinar matahari. 

Periksa pertumbuhan kacang hijau dengan rutin setiap hari. Biarkan kacang hijau tumbuh selama beberapa hari, hingga tingginya mencapai 5-7 cm. Jika sudah cukup tinggi, Anda bisa memanen Kecambah.

Baca Juga: Budidaya Kacang Hijau, Si Kecil Yang Kaya Manfaat

3. Menanam Kacang Hijau Di Lahan

Menanam kacang hijau menggunakan media lahan juga cukup mudah. Hal pertama yang harus disiapkan adalah lahan untuk media tanam. Anda perlu menyiapkan lahan dengan ukuran minimal lebar 1 meter dan tinggi sekitar 30 hingga 50 cm, atau menyesuaikan kondisi lahan. 

Jika bedengan sudah jadi, maka Anda sudah bisa bisa membuat lubang tanam sebesar 25 x 25 cm atau 20 x 20 cm, kemudian buat lubang tanaman dengan tiga mata. Lubang tersebut akan digunakan untuk menanam benih memiliki kedalaman 4 cm dan 2 lubang lainnya memiliki kedalaman 8-10 cm yang nanti akan berguna untuk memasukkan pupuk.

Kemudian Anda harus melakukan semai benih dengan menggunakan kapas. Masukkanlah kapas yang sudah dibasahi dengan air ke dalam wadah, cukup beberapa helai kapas saja. Kemudian, letakkan beberapa bibit tanaman kacang hijau secukupnya saja. Jika sudah, maka proses penyemaian benih sudah selesai. 

4. Merawat Kacang Hijau

Letakkan wadah yang berisi bibit tersebut di tempat yang tidak terpapar sinar matahari. Tunggu beberapa hari sampai bibit berkecambah. Jika sudah berkecambah, Anda sudah bisa menanamnya. Kemudian, buatlah lubang pada tanah yang gembur dengan kedalaman 3 cm – 5 cm. Jangan lupa untuk memberikan jarak dari setiap lubangnya. Jarak tersebut berukuran 40 cm x 10 cm, kemudian tutup tahan dengan perlahan, lalu Anda bisa menyiramnya dengan air secukupnya.

Untuk melakukan perawatan pada tanaman cukup dengan rutin menyiramkan air agar tanaman kacang hijau semakin subur dan bernutrisi. Kemudian, saat tanaman berumur 15-20 hari, lakukanlah proses penyulaman. Singkirkan tanaman yang tidak bertumbuh baik, lalu ganti dengan bibit yang baru, jangan lupa untuk memberikan pupuk dan menyingkirkan hama dari tanaman Anda. 

Selanjutnya adalah tahapan memanen, memanen kacang hijau biasanya dilakukan saat usianya sudah 60 sampai 80 hari setelah masa tanam Anda bisa mengetahui dengan ciri ciri polong sudah mengering dan mudah pecah kemudian Anda sudah bisa memanennya dan janganlah lupa untuk menjemur hasil panen. 

Cara Mengolah Kacang Hijau

Minuman sari kacang hijau

Kacang hijau memiliki rasa yang unik maka dari itu banyak hidangan makanan yang terbuat dari kacang hijau, berikut ini cara mengolah kacang hijau. 

1. Es Lilin Kacang Hijau

Bahan yang diperlukan: 

  • 250 gr kacang hijau
  • 2,5 liter air utk merebus
  • 3 lembar daun pandan, sobek-sobek, simpulkan
  • 250 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 300 ml santan kental
  • Bahan pelengkap:
  • Kantong plastik es lilin
  • Karet gelang/tali rafia
  • Corong

Cara Membuat: 

  1. Cuci bersih terlebih dahulu kacang hijau, rendam selama 2 jam. Setelah itu buang air rendaman dan tiriskan.
  2. Rebus kacang hijau bersama daun pandan hingga empuk dan pecah, tambahkan gula pasir, garam, aduk sampai gula larut.
  3. Masukkan santan, aduk secara perlahan, masak kembali sampai mendidih kembali, kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Siapkan kantong plastik es lilin, masukkan kacang hijau dengan bantuan corong, lalu ikat ujungnya dengan karet gelang.
  5. Simpan dalam freezer, biarkan membeku seharian. Es lilin siap dinikmati.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

2. Bubur Kacang Hijau

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram kacang hijau
  • 500 ml santan instan
  • 120 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 1.000 ml air
  • Selembar daun pandan
  • Jahe bila suka
  • Sedikit garam

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kacang hijau
  2. Rendam kacang hijau selama satu jam, lalu rebus di air selama 30 menit
  3. Rebus air di panci terpisah, masukkan gula merah, gula pasir, daun pandan, jahe, dan sedikit garam. Masak sampai mendidih hingga gula larut
  4. Saring air gula lalu campurkan ke kacang hijau yang sedang direbus
  5. Masukkan santan
  6. Aduk hingga merata dan matang sambil dicicipi apakah rasa sudah manisnya cukup atau belum
  7. Kemudian  angkat, pindah ke wadah saji. Bubur kacang hijau siap disantap.

Rekomendasi Importir Kacang Hijau

Itulah cara untuk menanam, merawat dan mengolah kacang hijau, semoga dapat membantu Anda dalam membudidaya kacang hijau. Jika Anda sedang mencari rekomendasi importir kacang hijau, Anda dapat menemukannya di PT. Sumber Roso Agromakmur.

Perusahaan ini merupakan distributor rempah-rempah, importir cabe kering, dan biji-bijian dari bahan makanan pertanian bertempat di indonesia dan sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun di perdagangan hasil bumi seperti palawija, bawang, rempah-rempah dan hasil pertanian lainnya, termasuk kacang hijau.

Penulis: Wardah Aliya Rahmah
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks