Indonetwork, Peralatan IndustriSaat ini sudah banyak yang menjual baut mur Jakarta dengan harga terjangkau. Salah satu baut mur berkualitas adalah yang terbuat dari stainless steel yang tahan karat.

Baut atau bolt merupakan tabung yang berbentuk tangga spiral pada permukaannya. Baut ini selalu berpasangan dengan mur (nut) untuk mengencangkan sesuatu. Baut dan mur akan menggabungkan benda menjadi satu bagian, namun sifatnya tidak permanen.

Oleh sebab itu dua komponen yang disambungkan dengan baut dan mur akan mudah dilepaskan. Untuk memasangkannya kembali juga sangat mudah tanpa harus merusak komponen yang disambungkan.

Jenis-Jenis Baut

jenis-jenis baut

Terdapat banyak mur yang biasa digunakan dalam dunia konstruksi, otomotif maupun industri lainnya. Berikut ini adalah jenis baut yang biasa ditemukan.

1. Carriage Bolts

Jenis baut ini biasanya digunakan untuk menyambungkan dua komponen kayu. Carriage bolts punya kepala berbentuk kubah dan pada lehernya punya bentuk segi empat.

Bentuk segi empat pada bagian lehernya itu untuk mempererat dua komponen kayu yang disambungkan dengan cara menekannya masuk ke dalam kayu. Dengan begitu ikatan yang terjadi akan sangat kuat.

2. Square Head Bolts

Jenis baut yang satu ini punya bagian kepala berbentuk segi empat dan tidak memiliki leher seperti halnya Carriage Bolts. Square Head Bolts banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam industri berat baut ini sering digunakan.

3. Flange Bolts

Flange Boots merupakan baut yang di bagian bawa kepalanya punya flens yang didesain untuk memberikan kekuatan pada baut. Fungsi dari flens ini sangat berguna, misalnya ketika Anda menggunakan washer.

4. Hex Bolts

Dalam dunia konstruksi maupun perbaikan Anda akan sering menemukan jenis baut yang satu ini. Sesuai dengan namanya, Hex Bolts punya kepala berbentuk persegi enam. Baut ini bisa terbuat dari berbagai jenis bahan seperti stainless steel, carbon steel, maupun alloy.

Baca juga: 5 Mesin Pemotong Kain Untuk Pabrik Garment

Jenis-Jenis Mur

jenis-jenis mur

Mur juga punya peranan yang sangat penting karena baut dan mur akan selalu berpasangan. Mur juga tersedia dalam berbagai jenis  yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa jenis mur yang biasa digunakan.

1. Mur Segi Enam

Mur segi enam banyak dipakai dalam berbagai industri baik otomotif, konstruksi, maupun perbaikan.

2. Castellated Nut

Mur ini punya bentuk mahkota dan slot pengunci. Castellated Nut dilengkapi dengan mekanisme penguncian yang baik. Bagian kepalanya berfungsi untuk mengunci posisi mur agar tidak berubah ketika dihentikan.

3. Mur Pengunci

Jenis mur yang terakhir adalah mur pengunci atau lock nut yang punya ukuran yang lebih tipis dibandingkan mur pada umumnya. Mur pengunci biasanya dipasangkan di bawah mur utama. Karena tugas utama dari mur ini adalah untuk mengunci.

4. Baut Mur Stainless Steel

Baut mur stainless steel material stainless steel merupakan baja paduan atau alloy yang terdiri dari unsur Kromium, Nikel, Besi, Mangan, Silikon, Karbon, Sulfur, Molybdenum, dan unsur lainnya.

Stainless steel ini mengandung minimal 10.5 persen kromium yang mempunyai sifat anti korosif. Sifat anti karatnya itu bisa ditingkatkan dengan mencampur unsur lainnya seperti nikel, molibdenum, dan titanium.

Jadi jika Anda ingin baut dan mur dengan kualitas terbaik, baut dan mur yang terbuat dari stainless steel merupakan pilihan yang tepat. Karena bahan tersebut tidak akan mudah mengalami korosi.

Namun bahan tersebut tidak akan membuat baut dan mur awet karena ada faktor yang mempengaruhinya. Misalnya salah pemasangan dan lingkungan.

Sekarang Anda tidak sulit untuk menemukan baut mur Jakarta yang terbuat dari stainless steel. Bahkan untuk harganya juga terjangkau, namun kualitasnya tentu saja terbaik.

Baca juga: 3 Jenis Ban Forklift Kelancaran Semua Bisnis Industri

Demikianlah jenis baut dan yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan jangan sampai salah dalam memilih baut dan mur. Karena setiap baut dan mur punya fungsi yang berbeda-beda, dan bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan baut atau mur, kami rekomendasikan dari Saudara Baja yang menjual Baut Mur di Area Jakarta.

(Indonetwork, Peralatan Industri)


Enable Notifications    OK No thanks