Indonetwork, Peralatan Industri – Dalam suatu industri, biasanya membutuhkan air dalam skala besar dalam proses produksi. Sehingga industri tersebut memiliki sistem perpipaan yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya cairan yaitu air. Setiap rangkaian pada pipa tersebut memerlukan alat yang digunakan untuk mengatur jumlah kapasitas air yang akan digunakan. Alat yang digunakan adalah valve atau yang sering disebut dengan keran atau katup. Valve terdiri dari beberapa jenis yaitu gate valve, globe valve, ball valve, butterfly valve dan lainnya.

Valve merupakan sebuah perangkat yang terpasang pada sistem perpipaan, yang berfungsi untuk mengatur, mengontrol dan mengarahkan laju aliran fluida dengan cara membuka, menutup, ataupun menutup sebagian aliran fluida. Jenis valve yang ada tersebut memiliki fungsi yang sama namun berbeda pada kapasitas, seperti pada butterfly valve.

Baca juga: 5 FUNGSI DARI CONTROL VALVE UNTUK SISTEM INDUSTRI

Apa itu Butterfly valve

Butterfly valve atau katup kupu-kupu merupakan salah satu jenis valve seperempat putaran atau kelompok Quarter Turn Valve yang memiliki disk seperti kupu-kupu. Disk tersebut terhubung ke sebuah stem dan biasa digunakan untuk menghentikan, mengatur, dan memulai aliran.

Butterfly valve dapat diaplikasikan pada berbagai media yang melaluinya, seperti gas, cairan, lumpur dengan berbagai tingkat tekanan dan suhu. Awalnya valve jenis ini hanya digunakan pada instalasi tekanan rendah. Namun, dengan perkembangan teknologi, butterfly valve dapat diaplikasikan pada instalasi dengan tekanan tinggi. 

Untuk dapat bekerja, butterfly valve hanya membutuhkan putaran 90 derajat atau seperempat putaran tuas untuk membuka dan menutup. Oleh karena itu valve jenis ini dapat dioperasikan secara cepat, namun tidak dapat diatur untuk ukuran aliran tertentu. 

Cara Kerja Butterfly Valve 

Butterfly valve memiliki konstruksi yang cukup sederhana, dimana komponen utamanya terdiri dari body, seal, disk, dan stem. Jenis valve ini dapat dioperasikan secara otomatis maupun manual. Pengoperasian secara manual dilakukan dengan cara menggunakan pegangan semacam tuas pedal. 

Lalu secara otomatis dikendalikan dengan cara dorongan hidrolik maupun motor listrik yang terhubung dengan poros actuator valve yang terhubung dengan handle di luar valve. Aktuator yang menggerakan atau memutar disk tersebut dapat diaplikasikan dengan sebuah tuas manual, hidrolik maupun motor listrik.

Pada aktuator motor listrik memerlukan tambahan beberapa alat bantuan seperti kontrol valve untuk hidrolik dan gearbox yang mengurangi putaran motor. Pada kondisi valve terbuka atau disk penutup pada posisi 0 derajat, timbul aliran aerodinamis yang diakibatkan oleh disk tersebut.

Jenis butterfly valve umumnya dapat digunakan untuk berbagai media aliran, cairan dan gas maupun material yang agak padat seperti lumpur. Pada material yang melalui valve ini perlu diperhatikan pada tekanan dan suhunya karena dapat mempengaruhi bahan pembuatannya. 

Jenis-Jenis Butterfly Valve

jenis jenis butterfly valve
Sumber: Pumps & Systems

Pada butterfly valve terdapat beberapa jenis yang dikategorikan pada masing-masing bahan pembentuk serta kemampuan tekanannya. Berikut ini adalah jenis butterfly valve yang banyak digunakan dalam sistem perpipaan.

1. Concentric

Sentris atau konsentris merupakan jenis valve kupu-kupu yang memiliki seat kuat dengan disk dari logam. Batang pada jenis desain valve ini melewati garis tengah disk yang berada di tengah lubang pupa dan seat adalah diameter bagian dalam body valve. Katup kupu-kupu konsentris ini biasanya digunakan untuk rentang tekanan rendah.

2. Doubly-Eccentric

Double-eccentric atau eksentrik ganda merupakan pengganti valve offset tunggal.  Eksentrik ganda memiliki stem yang terletak di belakang disk dengan offset tambahan ke satu sisi. Eksentrisitas ganda batang ini memungkinkan cakram berputar menggesek seat hanya sekitar satu hingga tiga derajat. Jenis valve offset ini terbuat dari berbagai macam bahan yang digunakan untuk seat dan disknya.

3. Triply-Eccentric

Jenis valve offset pengganti valve offset tunggal ini terbuat dari logam baja. Katup kupu-kupu offset rangkap tiga lebih efisien dan mengurangi keausan. Dengan bahan seat logam, memungkinkan katup kupu-kupu digunakan pada rentang suhu yang tinggi. Jenis katup ini digunakan pada penutup minyak dan gas, serta pabrik-pabrik kimia. 

4. Water Style

Dirancang untuk mempertahankan segel terhadap bi-directional perbedaan tekanan. Tujuannya adalah untuk mencegah aliran balik di dalam sistem apapun yang sengaja dirancang untuk aliran searah.

5. Lug-Style

Jenis katup kupu-kupu ini memiliki ulir di kedua sisi valve yang memungkinkan untuk di install dalam sistem dengan penyambungan ulir atau tidak memerlukan mur baut pada flange.

Fungsi Valve

Valve yang terdapat dalam berbagai memiliki fungsi yang sama meskipun dengan tipe ataupun kapasitas yang berbeda. Berikut adalah fungsi katup secara umum yang terdapat dalam industri dan sehari-hari.

  • Untuk menutup dan membuka aliran yang terbuka serta memiliki hambatan dan pressure loss yang minimum.
  • Untuk keperluan mengatur aliran dengan cara menahan aliran dengan perubahan arah atau menggunakan suatu hambatan.
  • Untuk mencegah aliran balik (backflow). Valve akan tetap terbuka lalu tertutup jika terdapat aliran yang berlawanan arah.
  • Mengatur tekanan pada pengaplikasian valve. 
  • Sebagai pressure relief (pelepasan tekanan) dengan menggunakan relief valve dan safety valve. Relief valve digunakan untuk mengatasi tekanan berlebihan. Sedangkan, safety valve menggunakan per yang akan membuka jika tekanan melebihi batas yang sudah ditentukan. 

Baca juga: PENGERTIAN CHECK VALVE & JENIS-JENISNYA

Distributor Valve Terbaik

Valve atau katup memiliki sistem yang cukup kompleks dan terdiri dari berbagai jenis komponen penyusun. Peran valve dalam industri maupun sehari-hari cukup penting, dimana katup ini digunakan untuk mengatur aliran suatu cairan atau zat lain seperti gas dan bahan kimia tertentu. 

Untuk menjaga aliran dengan baik, Anda harus menggunakan valve yang terbuat dari bahan kuat dan berkualitas. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis valve salah satunya butterfly valve di Indonetwork. Anda dapat menemukan berbagai jenis valve berkualitas dan murah dari berbagai vendor yang telah terpercaya.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks