Indonetwork, Bahan Bangunan – Timah merupakan salah satu logam mengkilap berwarna putih keperakan yang mudah dibentuk. Jenis timah yang sering dikenal pada toko material yakni terdiri dari dua pilihan yaitu plat timah hitam maupun timah putih. Barang ini tentunya sudah tidak asing lagi dalam dunia industri  karena penggunaannya kerap dipakai sebagai bahan campuran dengan logam yang lain. Bahkan dalam dunia industri timah merupakan elemen yang cukup penting dan provinsi Bangka-Belitung merupakan pengekspor timah tertinggi.

Mungkin Anda telah mengenal cukup banyak mengenai informasi timah putih, karena tentu eksistensinya jauh lebih banyak digunakan. Jika Anda penasaran, simak informasi dibawah ini yang akan membahas tentang timah hitam dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: KELEBIHAN MENGGUNAKAN RANGKA KONSTRUKSI BAJA PADA BANGUNAN

Karakteristik Timah Hitam

Timah hitam atau bisa dikenal dengan timbal (Pb) adalah elemen kimia yang seringnya ditemukan secara alami di dalam kerak bumi dan tersebar ke alam dalam jumlah kecil melalui proses letusan gunung berapi dan proses geokimia. Jenis timah ini berwarna abu-abu kebiruan, dengan titik leleh 327,50 serta titik didih 1.7400 pada tekanan atmosfer. Karakteristik lainnya seperti memiliki kepadatan tinggi, titik leleh rendah, kemudahan ketika ditempa, dan tahan korosi.

Timah hitam merupakan satu unsur logam paling berat dengan massa jenis yang lebih berat daripada banyak bahan yang ditemui sehari-hari. Timah hitam ini juga akan berdampak buruk dan berbahaya jika terkontaminasi dengan lingkungan atau makanan.

Biasanya supplier yang jual timah hitam secara lembaran akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dalam menahan radiasi pada suatu ruangan. Berikut spesifikasi ukuran dari lembaran timah hitam yang biasa dijual distributor untuk kebutuhan industri.

 

Karakteristik Timah Hitam

 

Tebal Panjang Lebar Berat
0,5 mm 13 m 1 m 85 kg
0,8 mm 13 m 1 m 125 kg
1 mm 10 m 1 m 125 kg
1,5 mm 7 m 1 m 125 kg
2 mm 10 m 1 m 250 kg
3 mm 7 m 1 m 250 kg
4 mm 5 m 1 m 250 kg

 

Manfaat Timah Hitam

Eksistensi timbal hitam sebenarnya sudah cukup banyak digunakan dalam aspek kehidupan, namun penggunaanya sendiri biasanya sebagai suatu campuran bahan baku lainnya. Secara umum penggunaan timah hitam biasanya bermanfaat untuk beberapa kebutuhan sehari-hari, seperti:

  • Campuran senyawa bensin
  • Pelapis pipa dalam air
  • Bahan dalam industri senapan
  • Bahan pada pembuatan baterai
  • Timah hitam digunakan sebagai bahan pewarna, karena dapat menghasilkan warna, seperti timah putih dan timbal sulfat (merah dan kuning).
  • Pelapis kabel dan penutup kawat listrik untuk kebutuhan industri
  • Sebagai campuran dalam accu untuk bidang automotif.

Selain itu, timah hitam juga dicetak secara lembaran dengan tujuan, mempermudah pemasangannya pada area ruangan atau sekitarnya dibutuhkan. Biasanya plat timah hitam bisa juga diaplikasikan untuk beberapa ruangan industri seperti:

1. Pelindung Ruang Rumah Sakit

Merupakan pelindung atau pelapis dinding ruang rumah sakit atau klinik yang memiliki fasilitas ruangan sinar X, sinar gamma, di ruang CT Scan atau X Ray, agar pemaparannya tidak mengenai ruangan lain. Pemasangan plat timah hitam biasanya dilakukan pada bagian pintu yang berada pada ruangan, baik pintu masuk utama maupun pintu operator.

2. Peredam Suara pada Studio Musik

Dapat digunakan sebagai bahan kedap suara di studio-studio music. Kepadatan permukaan yang tinggi yang dapat memberikan penghalang suara yang sangat efektif dibandingkan dengan plesteran, kaca, beton, atau bahan lainnya. Beberapa bahan lain yang dipakai sebagai insulator suara adalah bahan yang tebal dan kaku, namun bahan kaku bisa memancarkan kembali suara melalui getaran dan resonansi.

3. Meredam suara pada mesin kapal

Suara dan getaran pada ruang mesin teknis kapal terkadang mengganggu kinerja pada ruang lainnya, sehingga pelapisan plat timah hitam disarankan pada ruangan ini supaya tidak menghambat kinerja ruangan lain.

Efek Samping Timah Hitam pada Lingkungan

Sebagai kesimpulan bahwa plat timah hitam dapat meredam suara maupun radiasi yang mungkin saja terkontaminasi pada tubuh,sehingga barang-barang yang dibuat dari timah hitam atau timah hitam tidak boleh dibuang secara sembarangan. Namun tahukah Anda bahwa hampir lebih dari satu juta ton timah seperti plat maupun baterai didaur ulang setiap tahunnya, sehingga barang ini tidak terbuang sia-sia setelah pemakaiannya.

Efek Samping Timah Hitam pada Lingkungan

Meski banyak membantu pada bidang industri, ternyata penggunaan timah bukannya tanpa efek. Ada beberapa dampak buruk yang ditimbulkan oleh penggunaan  timah seperti halnya dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Jika Anda membuang sisa timah hitam pada sembarang tempat maka terdapat beberapa efek samping yang mungkin saja dirasakan pada orang lain.

Baca juga: 7 JENIS & FUNGSI KAWAT UNTUK BAHAN BANGUNAN 

Racun pada timah hitam dapat merusak fungsi organ dan sistem tubuh manusia, terutama anak-anak. Timah hitam dapat masuk ke dalam tubuh jika terserap melalui kulit, tertelan, atau terhirup. Lalu ketika memasuki tubuh, timah hitam akan menyebar melalui darah ke berbagai organ tubuh, seperti otak, ginjal, dan hati. Sehingga ada baiknya untuk lebih berhati-hati saat Anda hendak membuang sisa baterai atau plat timah hitam setelah proses konstruksi.

Supplier Plat Timah Hitam

Setelah mendapatkan beberapa informasi mengenai plat timah hitam, tentu Anda akan memahami lebih dalam fungsi dan kegunaan produk ini jika berkonsultasi dengan supplier bidang industri di Jawa timur seperti CV. Agro Industri Surabaya. Perusahaan ini menyediakan berbagai kebutuhan produk bahan material dan industri yang berkualitas baik dan tentunya harga terjangkau.

CV. Agro Industri Surabaya juga menerima pengiriman produk ke seluruh wilayah Indonesia, karena perusahaan ini sudah memiliki kredibilitas yang baik dan customer yang tersebar di beberapa wilayah nusantara.


Author

%d bloggers like this: