Indonetwork, Budidaya – Burung Walet termasuk dalam kelompok burung famili Hirundinidae. Para ilmuwan telah menemukan 90 spesies burung yang berbeda dalam keluarga ini, di 19 genus taksonomi yang berbeda. Walet atau Collocalia vestila merupakan jenis burung dengan sayap meruncing dan ekor panjang. Burung ini dianggap sebagai satwa legendaris. Hal tersebut disebabkan karena khasiat sarangnya yang baik untuk kesehatan serta mitos-mitos seperti membawa keberuntungan atau hal lain yang sudah dikenal luas di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, terdapat berbagai macam burung ini di seluruh dunia. Untuk mengembangkan usaha budidaya burung walet Anda simak fakta-fakta berikut ini dan kunjungi toko jual suara walet untuk memanggil ternak walet Anda kembali ke sarang dengan lagu atau suara walet dari berbagai negara.

Deskripsi Burung Walet

Meskipun terdapat berbagai macam burung walet, banyak spesies memiliki bentuk tubuh yang serupa. Mereka memiliki paruh runcing pendek, dan mulut lebar. Mereka memiliki berbagai warna yang berbeda, mulai dari coklat standar, hitam, abu-abu, hijau warna-warni, biru, merah, dan oranye. Ukurannya berkisar sekitar empat hingga delapan inci dan sebagian besar beratnya tidak lebih dari dua ons.

Jenis-jenis Burung Walet

Seperti telah disampaikan sebelumnya, terdapat banyak spesies burung yang berbeda dan unik.

1. Barn Swallow

Spesies yang sangat umum ini adalah Swallow yang paling tersebar luas di dunia. Secara alami, spesies ini biasa membangun sarangnya di gua-gua. Saat ini, tempat favorit mereka untuk membesarkan anak-anak mereka adalah di dalam lumbung dan bangunan buatan lainnya.

Jual Suara Walet
Sumber: En.wikipedia.org

2. Bank Swallow

Spesies ini adalah salah satu yang terkecil dalam keluarga. Tidak seperti yang lain, Bank Walet menggali terowongan untuk sarang mereka. Meski terlihat aneh, burung kecil ini menggali liangnya sendiri.

Jual Dollar Sound Gold
Sumber: Shutterstock.com

3. Violet-Green Swallow

Spesies Violet-Green adalah burung kecil yang sangat cantik. Mereka terlihat seperti mengenakan jubah hijau dan tudung di atas kepala mereka. Mereka memiliki bulu ungu di sayap dan punggung bawah.

Jual Dollar Sound Gold
Sumber: En.wikipedia.org

4. Cave Swallow

Spesies ini membangun sarangnya di dalam gua atau di bawah jembatan layang. Mereka menggunakan campuran lumpur dan guano kelelawar (kotoran kelelawar) untuk membuat sarang mereka. Beberapa tertutup dengan lubang kecil atau terowongan, sementara yang lain berbentuk seperti cangkir.

Jual Dollar Sound Silver
Sumber: Birdsoftheworld.org

Habitat Burung Walet

Berbagai jenis burung walet hidup di berbagai jenis habitat. Secara keseluruhan, keluarga ini mendiami berbagai ekosistem yang berbeda. Mereka membangun sarang di gua, di bawah jembatan, di lumbung, pohon berlubang, kotak sarang, tebing, liang/terowongan, dan banyak lagi. Burung-burung ini menghuni dan mencari makan di berbagai tipe habitat, termasuk padang rumput, hutan terbuka, semak belukar, sabana, lahan basah, rawa-rawa, dan banyak lagi. Spesies yang berbeda hidup di mana-mana dari permukaan laut hingga tinggi di pegunungan. Untuk mendapatkan walet dari berbagai habitat saat ini telah tersedia toko jual suara walet sehingga dapat memancing lebih banyak spesies.

Distribusi Walet

Untuk ukuran burung kecil seperti ini, walet memiliki distribusi yang luar biasa. Bahkan, Anda bisa menemukan berbagai spesies burung walet di setiap benua di dunia, termasuk Antartika. Spesies yang berbeda memiliki rentang yang berbeda. Beberapa hanya hidup di daerah kecil, sementara yang lain sangat tersebar luas. Banyak dari burung-burung ini bermigrasi, yang berarti bahwa pada waktu tertentu Anda dapat menemukannya di wilayah yang luas. Misalnya, Barn Swallows menghabiskan musim dingin mereka di belahan bumi selatan, dan kembali ke belahan bumi utara untuk berkembang biak di musim semi dan musim panas.

Interaksi dengan Manusia

Orang-orang sebenarnya menyukai burung ini, karena mereka memakan serangga terbang yang cenderung merugikan seperti nyamuk. Karena itu, banyak orang mendorong burung walet untuk bersarang di dekat properti mereka, di taman, dan area lainnya. Sayangnya, beberapa burung ini menderita akibat interaksi manusia, seperti perusakan habitat, polusi, dan pestisida. Beberapa spesies bahkan Sangat Terancam Punah, Terancam Punah, atau Rentan.

Baca Juga: CARA BUDIDAYA BURUNG WALET MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN

Perawatan

Semua burung ini memiliki ciri yang sama, tubuh dan bentuk paruhnya. Sayap panjang dan runcing membantu mereka terbang dengan cepat setelah melarikan diri dari mangsa. Sedangkan paruh kecil mereka, dengan mulut yang sangat lebar, membantu mereka mengambilnya begitu mereka menangkapnya. Secara umum, burung-burung ini membutuhkan kandang besar untuk ditinggali. Mereka terbang dengan cepat, dan menangkap mangsanya di udara. Penjaga kebun binatang atau pelaku budidaya biasanya memberi mereka makan jangkrik, ulat tepung, lalat, pelet, buah-buahan, dan biji-bijian, tergantung pada spesiesnya. Kebutuhan sosial mereka bervariasi berdasarkan spesies.

Perilaku

Meskipun setiap spesies berbeda, sebagian besar burung ini diurnal dan aktif di siang hari. Banyak spesies mengalami migrasi, dan beberapa migrasi menempuh jarak ribuan mil. Perilaku sosial mereka bervariasi dari spesies ke spesies. Beberapa spesies burung ini hidup dan bersarang dalam kawanan besar, yang dikenal sebagai “koloni”. Spesies lain kebanyakan soliter atau hidup berpasangan. Sebagian besar pasangan berkembang biak memiliki wilayah, yang ukurannya bervariasi berdasarkan perilaku sosial mereka. Bahkan burung yang berkoloni memiliki wilayah kecil di sekitar sarangnya.

Baca Juga: 4 KARAKTERISTIK RUMAH YANG DISUKAI WALET

Reproduksi Walet

Sebagian besar burung ini bertelur empat atau lima telur per kopling, dan tugas inkubasi bervariasi berdasarkan spesiesnya. Masa inkubasi biasanya berlangsung sekitar dua atau tiga minggu. Kedua orang tua merawat anakan, dan anakan akan mulai belajar terbang ketika mereka berusia sekitar tiga minggu.

Rekomendasi Toko Jual Suara Walet

Itulah beberapa fakta yang mungkin Anda butuhkan untuk mengembangkan usaha budidaya walet. Untuk melengkapi keperluan Anda, CV. Karunia Walet merupakan salah satu spesialis penyedia kebutuhan perlengkapan gedung walet paling lengkap dan berkualitas. Tidak hanya jual suara walet terbaik dari Malaysia, Indonesia, dan Thailand,  perusahaan ini juga menyediakan berbagai produk lainnya seperti pemikat walet.

Author

Enable Notifications OK No thanks