Indonetwork, Peralatan Industri – Pada dunia industri, penggunaan tube cleaning sudah tidak asing dan sangat berpengaruh. Tube cleaning atau pembersih tabung memiliki peran pada proses pemeliharaan pipa. Hal tersebut akan berpengaruh pada produktivitas kerja suatu industri pabrik atau perusahaan. Salah satu jenis tube cleaning yang digunakan adalah chiller tube cleaning yang berperan penting pada sistem pendingin.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa jenis tube cleaning yang ditujukkan untuk membersihkan sisa fluida yang mengalir dalam pipa. Alat ini secara utama digunakan untuk mengangkut kotoran hingga endapan yang berisiko menghalangi aliran fluida. Sehingga tidak heran jika berbagai industri seperti industri kuliner, farmasi, dan kesehatan menggunakan perawatan ini pada penggunaan tabung.

Baca juga:  MENGENAL APA ITU PIPA DAN JENISNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Apa itu Tube Cleaning?

Pada dasarnya, tube cleaning atau pembersih pipa merupakan sebuah sistem maupun alat yang digunakan untuk membersihkan dan merawat pipa yang kotor. Sistem atau alat ini digunakan dalam berbagai industri karena kebutuhan akan pembersihan pada pipa. Tube cleaning dibutuhkan karena aktivitas pada media yang dibawa fluida dapat menyebabkan penumpukkan atau penimbunan kotoran. Hal tersebut perlu dihilangkan agar tidak mengakibatkan kerusakan pada pipa yang mengganggu efektivitas kerja. 

Tidak hanya itu, tube cleaning juga dibutuhkan untuk mengatasi permukaan pipa yang kasar maupun transfer panas. Hal tersebut banyak digunakan terutama dalam teknis sistem dan industri. Dalam industri kesehatan dan makanan. tube cleaning digunakan untuk membantu mencegah dan menangkal bakteri dalam pipa. Sehingga pipa pada industri terbebas dari mikroorganisme asing yang membahayakan kesehatan manusia.

Dapat disimpulkan bahwa tube cleaning berfungsi untuk menjaga pipa-pipa selalu bersih dari timbunan kotoran pada berbagai industri. Dalam penerapannya sendiri, tube cleaning memiliki beberapa jenis yang masing-masing memiliki fungsinya. Seperti chiller tube cleaning, boiler tube cleaner, heat exchanger cleaning tools, dan condenser tube cleaner. 

Jenis-Jenis Tube Cleaning

Tube cleaning banyak digunakan dalam perusahaan berbagai industri. Alat ini sangat penting dalam produktivitas kerja dan memenuhi kebutuhan industri. Sehingga terdapat beberapa jenis alat tube cleaning yang digunakan diantaranya sebagai berikut.

1. Chiller Tube Cleaning

Salah satu jenis tube cleaning yang digunakan dalam industri adalah chiller tube cleaning. Alat ini digunakan untuk menjaga performa serta kebersihan pada sistem pendingin dan HVAC (Heating Ventilation and Air Conditioner). Kedua sistem tersebut merupakan komponen-komponen penting yang membutuhkan perawatan serius. 

Chiller tube cleaning bekerja dengan metode pembersih pipa yang mempergunakan udara terkompresi (compressed air). Tujuan dari metode tube cleaning jenis ini adalah untuk menggerakkan proyektil atau benda pembersih yang ditembakkan melalui bagian dalam pipa. Lalu akan membersihkan tumpukan kotoran atau kerak di dalamnya. Jenis proyektil yang digunakan pada chiller tube cleaning bervariasi, seperti peluru karet, plastik, hingga logam. 

Keunggulan dari penggunaan jenis tube cleaning ini adalah karena kecepatan proses pembersihan pipa yang sangat tinggi. Alat ini dapat bekerja hanya dalam hitungan detik. Selain itu, penggunaan alat juga mudah tanpa memerlukan operator khusus untuk mengoperasikannya. 

2. Condenser Tube Cleaner

Jenis tube cleaning yang satu ini difungsikan untuk mencegah kontaminasi pada komponen cooling water circuit. Condenser tube cleaner digunakan ketika cooling water mengalami penimbunan kotoran pada permukaan bagian dalam pipa pada saat proses heat transfer. Jika tidak dibersihkan, tingkat heat transfer akan mengalami penurunan.

Jenis tube cleaning ini digunakan untuk membersihkan permukaan dari kotoran seperti debu, lendir, hingga lumpur yang mengendap. Condenser tube cleaner memanfaatkan air bertekanan tinggi untuk mengangkat berbagai jenis kotoran dari permukaan. Yang perlu diperhatikan adalah pada alat terdapat pengatur tekanan yang bisa disesuaikan agar tidak merusak permukaan.

3. Boiler Tube Cleaner

Lalu terdapat boiler tube cleaner yang digunakan untuk membersihkan tube boiler agar dapat memanaskan cairan dan menghasilkan uap secara maksimal. Alat ini banyak digunakan oleh berbagai industri yang menggunakan boiler tube seperti industri kuliner, pembangkit listrik, hingga sanitasi. 

Pembersihan ini akan membuat kinerja pada jenis tube tersebut dapat bekerja dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dianggap lebih efektif dan aman dibandingkan pembersihan dengan bahan kimia. Boiler tube cleaner membersihkan dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak akan merusak permukaan tube dan menjaga kualitas cairan yang dipanaskan.

4. Heat Exchanger Cleaning Tools

Alat ini merupakan jenis tube cleaning yang harus dirawat secara berkelanjutan. Penggunaan alat ini dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan kimia untuk pembersihan hasil terbaik. Ketika menggunakan heat exchanger cleaning tools, pastikan shell dan tube dimatikan untuk pertukaran panas. Terdapat 3 pilihan yang ditawarkan pada heat exchanger cleaning tools, antara lain mekanis, kimiawi, atau memakai air bertekanan tinggi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Baca juga: WAJIB BANGET! MELAKUKAN PERAWATAN HEAT EXCHANGER 

Untuk mendukung kinerja industri, penggunaan tube cleaning system dapat membantu proses pembersihan yang berdampak pada kinerja pada tube. Di CV Surabaya Cool, Anda bisa menemukan berbagai jenis alat untuk tube cleaning system, salah satunya adalah chiller tube cleaning. Tidak hanya itu, disini Anda juga dapat menemukan berbagai produk-produk pemeliharaan industri yang berkualitas dan terpercaya. CV  Surabaya Cool menjadi authorized distributor terpercaya dari brand Goodway USA.

Author

Enable Notifications OK No thanks