Indonetwork, Peralatan IndustriHeat exchange atau yang bisa dikenal dengan penukar panas merupakan alat yang memungkinkan perpindahan panas dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin. Penukar panas dirancang sebisa mungkin agar perpindahan panas antara fluida dapat berlangsung secara efisien. Ketika Anda memiliki alat ini alangkah lebih baiknya untuk melakukan perawatan heat exchanger secara rutin supaya alat ini lebih awet.

Pemasangan heat exchanger sangat luas dipakai dalam industri seperti kilang minyak, pabrik kimia maupun petrokimia, industri gas alam, refrigerasi, pembangkit listrik. Alat ini penukar panas ini terbilang tidaklah murah, sehingga Anda diharapkan untuk menjaga ketahanannya supaya awet. Yuk simak informasi dibawah ini mengenai cara perawatan heat exchanger dengan baik dan benar.

Baca juga: BUTTERFLY VALVE: PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENISNYA

Manfaat Heat Exchanger

Berikut dibawah ini manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan heat exchanger pada lokasi pabrikan, yaitu:

1. Mendinginkan minyak pelumas pada mesin produksi

Jadi pada beberapa mesin produksi menggunakan minyak khusus untuk mendinginkan mesin, setelah digunakan minyak tersebut dapat dialirkan ke heat exchanger agar minyak tersebut kembali dingin dan dapat digunakan kembali untuk mendinginkan mesin.

2. Memanaskan air untuk industri minuman

Pada industri minuman heat exchanger ini juga dapat digunakan untuk mendinginkan minuman untuk tujuan tertentu seperti sterilisasi.

3. Pasteurisasi Susu

Merupakan proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir.

Jenis-jenis Heat Exchanger

Manfaat Heat Exchanger

Sebelum Anda membeli alat yang satu ini pastikan mengetahui jenis dari perangkat heat exchanger, yaitu:

  • Double Pipe Heat Exchanger 
  • Plate and Frame Heat Exchanger
  • Shell and Tube Heat Exchanger
  • Adiabatic Wheel Heat Exchanger
  • Pillow Plate Heat Exchanger
  • Dynamic Scraped Surface Heat Exchanger
  • Phase-change Heat Exchanger.

Mengapa Harus Melakukan Perawatan Heat Exchanger?

Heat exchanger merupakan mesin yang digunakan untuk memindahkan panas antar dua fluida yang suhunya berbeda dengan sekat pemisah. Fluida adalah segala jenis zat yang dapat mengalir entah itu dalam wujud air atau gas. 

Perawatan heat exchanger dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja peralatan serta untuk menjaga dan merawat agar peralatan dapat bertahan lebih lama dalam penggunaannya. Peralatan yang bisa Anda lakukan diantaranya dengan melakukan pemeriksaan secara rutin berkala maupun dalam jangka panjang.

Sebaiknya pemeriksaan rutin dilakukan setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali dan setiap 6 bulan sekali. Lalu, pemeriksaan jangka panjang dilakukan setiap 1 tahun sekali maupun diatas 1 tahun. Sebelum dilakukan perawatan, biasanya peralatan dilakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui bagian mana saja yang mengalami kerusakan maupun yang membutuhkan perbaikan.

Tips Membersihkan Heat Exchange

tips hate exchanger

Berikut dibawah ini salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan alat heat exchange pada area industrial, yaitu:

1. Membersihkan dengan sikat besi untuk menghilangkan kotoran

Metode ini terlihat paling mudah dilakukan karena alat yang dibutuhkan sedikit, akan tetapi alat dapat dengan mudah rusak khususnya pada pelat penukar panas bahkan cenderung menghasilkan goresan dan banyak tenaga kerja. 

2. Chemical / Physical Cleaning

Metode pembersihan dengan mensirkulasikan agent melalui peralatan biasanya menggunakan HCl 5-10%. Larutan kimia disirkulasikan melalui penukar panas untuk melarutkan dan membuang kotoran di permukaan lempeng. Metode ini tidak perlu membongkar penukar panas, yang menyederhanakan proses pembersihan dan mengurangi tingkat pembersihan. Karena corrugation plate dapat meningkatkan aliran turbulen cairan pembersih dan memfasilitasi pembubaran fouling, metode pembersihan kimia adalah metode yang ideal.

3. Mechanical  Cleaning

Metode selanjutnya bisa dilakukan dengan dua hal yaitu,  drilling atau turbining yaitu pembersihan dilakukan dengan mendrill deposit yang menempel pada dinding tube, Hydro Jetting, prosesnya dilakukan dengan pembersihan dilakukan dengan cara  menginjeksikan air ke dalam tube pada tekanan yang tinggi, untuk jenis deposit yang lunak.

4. Metode Pembersihan Komprehensif

Dalam kasus di mana lapisan kotoran relatif keras dan tebal, sulit dibersihkan dengan menggunakan salah satu metode di atas. Metode komprehensif adalah untuk melunakkan lapisan kerak terlebih dahulu dengan membersihkan bahan kimia, dan kemudian lepaskan lapisan kerak dengan metode pembersihan mekanis (fisik) untuk menjaga agar piring tetap bersih.

Baca juga: 13 KOMPONEN PANEL LISTRIK YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Melakukan Perawatan Heat Exchanger

Pada dasarnya perawatan heat exchanger tidak berbeda jauh dengan perawatan AC di rumah yang meliputi pembersihan, penggantian dan perbaikan komponen yang rusak. Biasanya baik pembersihan, perawatan dimulai dengan pembongkaran kemudian dibersihkan dengan cara mekanikal alias digosok, disemprot dengan water jet atau direndam dalam larutan kimia.

Untuk penggantian komponen terutama dilakukan pada Heat Exchanger bertipe Plate dimana sekat-sekatnya yang terbuat dari karet harus diganti saat dibongkar. Sementara perbaikan komponen yang rusak biasa dilakukan pada tipe yang memiliki banyak komponen seperti Cooling Tower atau Heat and Tube.

Setelah membaca informasi diatas, tentu sebagai pemilik alat industri ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips yang telah disarankan dengan rutin melakukan pembersihan. Namun jika Anda tidak memiliki tenaga kerja tertentu atau peralatan yang memadai silahkan mencari jasa yang menyediakan perawatan heat exchanger salah satunya CV. Surabaya Cool. Selain menjual produk Goodway, sebagai Distributor Resmi CV. Surabaya Cool menyediakan jasa perawatan heat exchanger Surabaya untuk industri serta proyek konstruksi lainnya.

Dapatkan juga penawaran harga menarik dari perusahaan yang kredibilitasnya sudah terjamin baik di Indonesia. Silakan lakukan konsultasi jasa perawatan heat exchanger sesuai kebutuhan perusahaan Anda pada pelayanan CV. Surabaya Cool yang ramah dan petugas yang telah berpengalaman dibidangnya. 

Author

Enable Notifications OK No thanks