Indonetwork, Bahan Bangunan – Besi kanal adalah strip logam berbentuk gulungan yang telah dibentuk menjadi tabung atau bentuk U, J, atau C untuk digunakan dalam beberapa aplikasi industri. Berbagai jenis logam ideal untuk digunakan sebagai profil besi kanal dan dipilih sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Jenis logam termasuk baja, aluminium, seng, atau kuningan dengan aluminium adalah yang paling banyak digunakan karena kemampuan beradaptasi, dan ketahanan terhadap korosi.

Dalam industri konstruksi, besi kanal menyediakan sarana untuk menyerap suara dengan ditempatkan di antara kedua sisi dinding eternit. Ketika dinding bergetar karena suara di kedua sisi dinding, kanal meredam gelombang suara dengan meredam getaran yang disebabkan oleh suara. Hal tersebut hanyalah salah satu dari banyak kegunaan besi kanal yang tahan lama. Untuk pembahasan lebih lengkap seperti jenis, kegunaan, rekomendasi suplier jual besi kanal C dan lainnya simaklah uraian di bawah ini.

Jenis-jenis Besi Kanal

Besi kanal diproduksi oleh pembentukan gulungan berkecepatan tinggi yang mengubah logam menjadi bentuk kanal berbentuk gulungan linier. Bentuk dan dimensi kanal yang dibentuk tergantung pada persyaratan jenis aplikasi di mana mereka akan digunakan. Dalam proses desain, besi kanal dimulai dengan alas, yang disebut sebagai jaring yang memiliki kaki di kedua sisinya. Selama proses pembentukan gulungan, potongan logam dibentuk menjadi berbagai bentuk yang dirancang secara strategis untuk aplikasi tertentu.

1. Besi Kanal C

Besi kanal C adalah salah satu jenis besi kanal yang paling umum dan banyak digunakan dalam konstruksi sebagai penyangga bangunan, dinding, atap, dan langit-langit. Istilah kanal C berasal dari tampilan profil logam berbentuk gulungan yang berbentuk seperti huruf C. Kanal C dibentuk menggunakan bentuk U dengan penambahan flensa pada kedua sisinya. Dalam beberapa kasus, flensa benar-benar berkerut kembali ke samping untuk membentuk saluran C berkerut. Terdapat banyak kanal yang diberi label sebagai kanal C dalam berbagai model dan bentuk agar sesuai dengan kebutuhan berbagai aplikasi.

2. Besi Kanal Topi / Hat

Besi kanal topi memiliki alas dengan sisi yang lurus ke atas atau miring. Di bagian atas samping, ujungnya melebar dari tengah memberikan tampilan profil seperti topi bertepi lebar. Seperti kanal C, kanal topi dimulai sebagai bentuk U selama proses pembentukan gulungan awal, yang diikuti oleh tepi atas yang ditekuk ke luar. Struktur dan bentuk kanal topi membuatnya ideal untuk digunakan dalam rangka atap baik yang memanjang ataupun horizontal. Panjang standar kanal topi adalah 20 kaki, tersedia pula panjang yang dibuat sesuai pesanan.

Baca Juga: MENGENAL BESI KANAL C : FUNGSI, UKURAN DAN HARGA

3. Besi Kanal U

Bentuk khas besi kanal U dibuat dengan membentuk dua sudut siku-siku pada gulungan yang dibentuk potongan logam datar. Besi kanal berbentuk U, seperti bentuk kanal lainnya, tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran dengan dasar bulat atau datar dan sisi hingga beberapa inci. Lebar bagian bawah dan tinggi sisi miring kanan bervariasi tergantung pada bagaimana kanal U akan digunakan.

4. Besi Kanal J

Konfigurasi besi kanal J dibuat dengan membuat salah satu sisi saluran lebih panjang dari yang lain sehingga menampilkan profil seperti huruf J. Meskipun kanal J dasar memiliki berbagai ukuran dan kegunaan, ada beberapa jenis kanal J yang dirancang agar sesuai dengan berbagai spesifikasi dan aplikasi. Tiga bentuk kanal J yang umum adalah versi sederhana tanpa keliman, tipe berhimpit, dan kanal J yang memiliki bagian datar yang dapat disekrup atau dipaku. Seperti bentuk besi kanal lainnya, kanal J tersedia dalam panjang yang bervariatif dari beberapa kaki hingga lebih dari 20 kaki.

Baca Juga: MENGENAL JENIS BAJA RINGAN DAN METODE PEMBENTUKANNYA

Kegunaan Besi Kanal

Besi kanal digunakan untuk berbagai aplikasi. Kegunaan yang paling umum adalah sebagai sarana pendukung untuk dinding, langit-langit, dan atap. Masing-masing profil yang berbeda menawarkan dukungan kaku dari beberapa ketebalan, ukuran, panjang, dan jenis logam. Fakta bahwa besi kanal dapat disesuaikan dan dikonfigurasi untuk banyak kegunaan menjadikannya alat yang berharga untuk berbagai aplikasi. Berbagai permukaan besi kanal yang berbeda menyediakan sarana untuk menghubungkan mereka. Besi kanal dengan takik, lubang, atau pola khusus contohnya dapat memudahkan konektivitas.

1. Dinding

Besi kanal, yang terbuat dari baja atau aluminium, digunakan untuk membangun dinding garasi, gudang, bengkel, atau bangunan logam. Mereka diposisikan dari pelat bawah dinding ke pelat atas untuk menanggung beban vertikal. Tidak seperti kancing kayu, kancing logam dapat menopang beban yang lebih besar dan lebih kaku. Pengikatan saluran logam agar bangunan lebih aman karena dipasang menggunakan baut atau paku keling, bukan paku biasa.

Jual Besi kanal C
Sumber: Okorder.com

2. Atap

Besi kanal yang terbuat dari berbagai bahan dapat digunakan sebagai kasau yang membentang dari atap ke punggungan dan memberikan dukungan ke dek atap. Keuntungan besi kanal untuk kasau adalah ukurannya yang ringan dan lebih kecil dengan kemampuan menahan beban yang sama dengan bahan lainnya. Juga, tidak seperti kayu, besi kanal bertahan lebih lama karena tidak rentan terhadap pembusukan atau efek kelembaban. Dalam konstruksi atap, besi kanal dapat menjadi penyangga utama atau berfungsi sebagai penyangga tambahan untuk bahan lain.

Besi kanal C Murah
Sumber: Pinterest.com

3. Kusen Pintu

Besi kanal dapat dengan mudah digeser ke bukaan pintu untuk menawarkan pemasangan pintu yang aman. Kanal yang dimasukkan memberikan permukaan yang halus dan rata untuk penempatan pintu, tentunya lebih rapat dan aman daripada rangka kayu. Dalam kasus ketika pintu darurat kebakaran diperlukan, besi kanal adalah pilihan yang paling jelas karena kekuatannya dan bahan yang tidak mudah terbakar.

Besi kanal C Murah
Sumber: Reclaimedlumberproducts.com

Suplier Jual Besi Kanal C

Itulah jenis-jenis besi kanal dan beberapa kegunaannya dalam konstruksi bangunan. Jika membutuhkan material tersebut, Anda dapat mengunjungi PT. Wira Baja Makmur Mandiri jual besi kanal C. Perusahaan tersebut merupakan supplier besi dengan kualitas terbaik di indonesia. Bukan hanya sebagai suplier, perusahaan ini merupakan kontraktor juga menyediakan barang konstruksi lainnya mulai dari plat stainless, pipa besi, atap spandek, dan lain-lain.

Author

Enable Notifications OK No thanks