Indonetwork, Peralatan Industri – Biasanya, dalam sebuah industri untuk menunjang kebutuhan sehari-hari baik yang bersifat cairan, gas atau semifluida untuk mengatur jumlah aliran dari suatu pipa ke tempat lain tentu membutuhkan alat penunjang. Alat ini biasanya digunakan sesuai kebutuhan untuk pengelolaan berbagai zat yang berfungsi untuk menyetop kegiatan pengaliran. Katup ini biasanya disebut dengan valve, katup ini mungkin biasanya digunakan pada industri hunian dengan nama lain alat stop kran. Namun dalam dunia industri sendiri valve terbagi menjadi sebelas jenis dan salah satunya produk yang cukup terkenal yaitu ball valve.

Tentu bagi Anda yang masih awam dengan dunia teknis industri, valve merupakan peralatan yang wajib anda ketahui berdasarkan fungsi, jenis dan keunggulan pemakaiannya. Terlebih lagi produk ini merupakan jenis yang paling umum dijual di toko material. Berikut dibawah ini informasi yang telah kami rangkum agar Anda dapat mengenal lebih dekat mengenai ball valve sebagai alat stop kran. Simak terus artikel dibawah ini!

Pengertian Ball Valve

Ball Valve adalah sebuah katup bola dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat seperti bola atau belahan. Produk ini merupakan jenis stop kran air yang paling banyak digunakan dan dijual dipasaran, karena memiliki kemudahan dalam pemasangan dan perbaikannya yang tidak memerlukan teknisi khusus.

Spesifikasi bentuk katup ini, terdapat lubang yang berada di tengah sehingga ketika lubang tersebut segaris lurus  atau sejalan dengan kedua ujung katup, maka aliran air akan terjadi. Begitu juga dengan sebaliknya, ketika katup diputar 90 derajat oleh pegangan katup dengan posisi tertutup maka posisi lubang berada tegak lurus terhadap ujung katup dan aliran cairan akan otomatis tertutup.

Pengertian Ball Valve

Biasanya jenis valve ini memiliki ukuran berkisar 0,2-11,81 inci (0,5 cm sampai 30 cm). Penggunaan alat ini bukan saja digunakan untuk stop kran rumahan akan tetapi untuk stop kran dibidang industri. Terdapat pegangan yang berfungsi untuk memutar katup ball valve biasanya akan dipasang sejajar dengan bola, sehingga Anda dapat menutup dan membuka katup sesuai dengan arah jarum jam.

Fungsi Ball Valve dalam Industri

Umumnya fungsi alat ini yaitu untuk mengontrol atau menahan aliran dengan suatu hambatan pada semua jenis cairan baik pada kilang minyak, air pada pabrik industri. Bukan hanya itu, produk ini  juga sering digunakan pada proses hydrocarbon karena dapat mengatur besar kecil aliran pada uap dan gas terutama saat tekanan rendah.

ball valve

Baca juga: REKOMENDASI DISTRIBUTOR BALL VALVE TERBAIK INDONESIA

Secara sederhananya, jenis ball valve memiliki fungsi seperti:

  • Pengendalian aliran (Flow Control)
  • Pengendali tekanan (Pressure Control)
  • Shut off
  • Tekanan tinggi
  • Mengatur temperatur atau suhu yang tinggi

Jenis Ball Valve untuk Kebutuhan Industri

Terdapat dua jenis ball valve yang umum dijual dipasaran dan digunakan pada sistem hunian maupun industri, seperti: 

a. Full Bore Ball Valve

Full Bore Ball Valve

Full bore valve adalah tipe valve dengan diameter lubang bolanya sama dengan diameter pipa penghubungnya. Jenis produk valves ini biasanya digunakan pada blow down, piggable line, production manifold dan pipeline.

Full port Valve juga memiliki badan yang lebih besar dari pada katup standar, sehingga bagian yang lebih besar ini mampu menampung bola yang lebih besar di dalamnya selain tu jenis katup ini memiliki bukaan dengan ukuran yang sama dengan pipa di sekitarnya, sehingga ketika valve dibuka aliran air tidak dibatasi.

b. Reduced bore ball valves

 Reduced bore ball valves

Reduced bore ball valves merupakan tipe yang diameter lubang pada disc bulatnya tidak sama ukurannya / lebih kecil dari ukuran diameter pipa. Diameter pada produk tipe ini minimal 1 ukuran lebih rendah dari ukuran diameter pipa. Misal ukuran diameter pipa 6 inchi maka diameter pada lubang adalah 5 inchi.

Keunggulan dan Kekurangan Ball Valve

Setiap jenis valve tentu memiliki keunggulan dan kekurangan, begitu juga dengan jenis ball valve yang penggunaanya cukup terkenal dalam dunia industri. Berikut masing-masing keunggulan dan kekurangannya:

1. Keunggulan Ball Valve

Jual Ballvalve 1' Pvc Gagang Plat GRT di Seller Distributor Bahan Bangunan  - Kab. Bandung, Jawa Barat | Blibli
Sumber : www.blibli.com

Keunggulan lain dalam penggunaan produk ini  sebagai penyetop kran juga dirasakan karena jenis ini mampu menahan tekanan hingga 10.000 Psi dan suhu tinggi dengan temperatur sekitar 250° Celsius / 482° F . Akan tetapi, hal ini juga tergantung dengan material pembuatnya, biasanya produk ini terbuat dari logam, plastik atau pun dari bahan keramik, lalu bagian bolanya juga dilapisi chrome untuk membuatnya lebih tahan lama.

2. Kekurangan Ball Valve

The ball valve is used as shut-off valves in the distribution of hot and  cold water. - Mereo.info
Sumber : www.mereo.info

Selain memiliki kelebihan tentu memiliki kekurangan. Ketika katup bola digunakan untuk mengontrol aliran air mereka menjebak air di rongga tengah saat dalam posisi tertutup sehingga saat suhu dingin dibawah titik beku sisi katup bisa saja retak dan rusak karena pemuaian yang terjadi akibat terbentuknya air yang terbekukan. 

aneka valve_check valve

Baca juga: PENGERTIAN CHECK VALVE & JENIS-JENISNYA

Harga Ball Valve

Saat ini pencarian ball valve PVC juga dapat Anda temukan di toko material, dengan berbagai macam ukuran dan merk seperti Kitz, Toyo, Onda dll. Tentunya setiap harga dari produk valve tentu akan berbeda-beda, tergantung merek, jenis bahan dan ukuran yang telah Anda pilih sesuai kebutuhan. Umumnya semakin besar dan berkualitasnya suatu produk, harga yang dibandrol juga tidak akan murah.

Tidak perlu khawatir jika Anda ingin membeli produk ball valve dengan jumlah banyak, karena Aneka Valve mampu memberikan Anda penawaran harga terbaik yang cukup bersaing dengan kualitas yang tentunya memukau. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi Aneka Valve sekarang juga dan temukan keperluan valve terbaik Anda.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks