Indonetwork, Bisnis – PJU atau Penerangan Jalan Umum merupakan salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh pengguna jalan, baik yang berada di wilayah perkotaan yang ramai dengan penduduk ataupun di daerah pedesaan yang jarang penduduknya. Ketika melakukan aktivitas di kawasan perkotaan, masyarakat tidak lagi dibatasi dengan waktu, baik siang atau malam dengan berbagai aktivitas. Sehingga fasilitas PJU sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari.

Namun, karena penggunaan energi listrik yang besar dengan banyaknya PJU pada setiap jalan, maka alternatif yang dapat digunakan adalah PJU Tenaga Surya. PJU Tenaga Surya sudah cukup banyak digunakan dan sering dijalani dalam bisnis konstruksi yang membangun sarana instalasi penerangan jalan di kawasan umum seperti taman dan akses jalan lainnya. .

Apa Itu PJU Tenaga Surya?

PJU Tenaga Surya

Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya adalah solusi penerangan untuk jalan dan kawasan yang tidak berada dalam area jaringan PLN atau untuk efisiensi biaya penerangan. Jenis penerangan ini menggunakan lampu LED hemat energi dengan listrik yang mendapatkan suplai dari baterai yang sudah diisi dayanya dengan sinar matahari melalui panel surya. 

Di Indonesia, PJU tenaga surya adalah Program Prioritas Nasional KESDM dalam rangka pemenuhan dan pemerataan akses energi bagi seluruh wilayah Republik Indonesia. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk memanfaatkan energi baru dalam upaya konservasi energi untuk meningkatkan ketahanan energi. Sehingga dapat dikatakan bahwa PJU Tenaga Surya sangat berguna dan memiliki keunggulan dibandingkan jenis PJU lain. Keunggulan dari PJU Tenaga Surya ini sangat beragam seperti:

  • Ramah Lingkungan Dan Bebas Dari Polusi
  • Sumber Energi Tidak Terbatas
  • Tidak merusak Dalam Membangun Jaringan Listrik
  • Tidak Memerlukan Perawatan Khusus.
  • Mudah dipindahkan

Baca juga: 7 FAKTA PEMASANGAN LAMPU JALAN TENAGA SURYA

Jenis-Jenis PJU Tenaga Surya dalam Konstruksi

Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya sangat dibutuhkan untuk penerangan jalan umum atau dalam suatu kegiatan. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, PJU Tenaga Surya memiliki 2 jenis yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

1. PJU Tenaga Surya All In One

Jenis PJU ini pada umumnya memiliki perbedaan di mana seluruh komponen yang ada di dalam satu wadah atau rumah yang konkret. Penerangan ini terdiri dari lampu, solar panel dan baterai yang ada dalam satu rumah lampu. Sehingga jenis PJU ini cukup lengkap dan cocok digunakan untuk menerangi jalan dengan tampilan yang menarik. 

Lampu jenis all in one dapat ditemukan pada lampu penerangan di taman yang memiliki sensor otomatis untuk menyala ketika gelap dan mati ketika matahari bersinar atau dalam keadaan terang. Lampu ini dilengkapi dengan baterai lithium yang dapat menyimpan energi secara otomatis. 

Untuk memiliki PJU Tenaga Surya jenis all in one ini Anda bisa mendapatkan pada kisaran harga Rp5 juta hingga Rp8 juta. Harga tersebut menyesuaikan dengan besar watt dan kualitas yang dimiliki lampu sesuai dengan kebutuhan jenis lampu ini akan digunakan. Selain itu, jenis lampu ini cukup aman dari pencurian karena komponen lampu dalam satu rumah.

2. PJU Tenaga Surya Konvensional

PJUTS konvensional berbalik dengan jenis all in one karena jenis PJU ini memiliki komponen yang ada di dalam PJUTS terpisah secara keseluruhan. Di mana tipe lampu ini berupa paket lengkap yang terdiri dari komponen berupa solar panel, controller, lampu LCD, box baterai powder coating hingga adanya tiang oktagonal galvanized. Sehingga jenis PJUTS konvensional lebih mahal dibandingkan dengan jenis all in one. Dengan kisaran harga termurahnya adalah sekitar 14 jutaan. 

PJUTS konvensional juga memiliki kelebihan pada lampu yang dirancang dengan teknologi LED terkini yang hemat daya dan tingkat penerangan yang tinggi serta tahan lama. Lampu ini dapat digunakan hingga 60 jam untuk menyala dengan desain yang simple. Selain kelebihan pada lampunya, jenis PJU ini juga memiliki kelebihan lain yaitu instalasi yang sangat mudah dengan biaya yang rendah. PJU ini juga dapat dibongkar pasang dan instalasi dimana saja tanpa memerlukan banyak kabel.

Cara Kerja Lampu Jalan Tenaga Surya (PJU)

Lampu jalan tenaga surya (PJU) memiliki prinsip cara kerja dengan memanfaatkan tenaga surya dari energi matahari yang menghasilkan listrik untuk digunakan menghidupkan lampu. Untuk mengubah dan menyimpan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik, PJU Tenaga Surya membutuhkan komponen utama, seperti:

  • Lampu LED dengan arus DC atau searah.
  • Panel Surya
  • baterai dengan satuan Ampere hours (Ah)
  • Solar Charge Controller

Dengan komponen-komponen tersebut, PJU Tenaga Surya dapat bekerja dengan muda dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Komponen utama dalam tenaga surya ini adalah dua lapisan yang semikonduktor positif dan negatif. Ketika bekerja, tenaga surya ini dapat menangkap sinar matahari yang dapat berubah partikel-partikel kecil dari energi matahari. Kemudian energi matahari tersebut diserap oleh lapisan negatif terlebih dahulu sampai penuh. Lalu setelah lapisan negatif tersebut penuh akan berpindah mengisi ke lapisan yang positif.

Apabila semua telah terisi penuh, energi listrik yang telah ditampung tersebut akan disimpan di dalam sebuah baterai. Setelah itu energi listrik dari solar cell ini dapat digunakan selama 24 jam atau lebih. Listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghidupkan lampu LED pada PJU tenaga surya All In One. 

Baca juga: PEMANFAATAN LAMPU JALAN TENAGA SURYA YANG EFISIEN

Distributor PJU Tenaga Surya

Penerangan jalan umum tenaga surya memiliki banyak keunggulan baik dari segi biaya hingga ramah lingkungan. Tidak heran jika saat ini Anda dapat menemukan distributor PJU Tenaga Surya dengan berbagai tipe dengan harga yang bersaing yang sesuai dengan kebutuhan. Bagi Anda yang sedang membutuhkan distributor PJU Tenaga Surya dan kontraktor pembangunan teknologi listrik tenaga surya di Surabaya, Indonetwork memiliki banyak pilihan vendor terpercaya dan pengalaman untuk Anda.

Indonetwork merupakan salah satu pioner marketplace B2B di Indonesia. Anda dapat menemukan berbagai jenis PJU Tenaga Surya berkualitas yang sudah banyak digunakan dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi, segera beralih ke PJU Tenaga Surya untuk mendukung pembangunan pemerataan energi di seluruh wilayah Indonesia.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks