Indonetwork, Bisnis – Madu merupakan bahan nektar yang diperoleh oleh lebah dari bunga-bunga. Nektar ini biasanya dikumpulkan pada sarang lebah, lalu untuk menjadikan madu yang dapat dikonsumsi seseorang biasanya harus melewati tiga proses pengolahan hingga sampai menjadi madu. Madu yang paling sering dicari masyarakat yakni madu klanceng murni, hal ini dikarenakan terdapat banyak khasiat untuk masalah kesehatan.

Madu klanceng ini memiliki peminat yang sangat banyak karena dihasilkan dari lebah trigona yang pola hidupnya cukup unik dibanding lebah lain. Anda belum mengenal begitu jauh mengenai madu klanceng? Berikut informasi lengkap mengenai serba-serbi produk ini, simak terus informasinya ya!

Apa itu Madu Klanceng?

Madu klanceng atau madu kelulut adalah jenis madu murni asal Indonesia dari proses ternak lebah trigona. Madu klanceng terkenal mengandung senyawa seperti protocatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid dan cerumen yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan proliferasi sel dalam proses penyembuhan luka dan berbagai penyakit dalam lainnya.

Lebah trigona (Trigona sapiens dan Trigona clypealis) termasuk hewan liar dan tidak membuat madunya dengan cara tradisional, melainkan membuat pot atau kendi yang melintang secara horizontal bukan wadah seperti hexagonal.

Lebah trigona ini berukuran lebih kecil dari lebah madu, bahkan lebih kecil dari lalat hingga banyak yang mengira sebagai semut bersayap. Cara bertahan madu ini juga sangat unik karena lebah tidak memiliki sengat dan bertahan hidup dengan cara menggigit. Lebah trigona biasa hidup di celah kayu dari pohon kering atau lubang pada tembok.

Baca juga: 7 CARA BUDIDAYA LEBAH MADU LIAR DENGAN BENAR

Ciri Madu Klanceng Murni

Mengenal Madu Klanceng Beserta Khasiatnya

Madu yang memiliki banyak penggemar ini tidak jarang dijual pada toko-toko herbal tertentu namun untuk kemurniannya sendiri masih diragukan. Sebelum Anda membeli madu klanceng murni ada baiknya untuk mencari tahu ciri-ciri produk yang asli karena terkadang banyak penjual yang mengoplos kualitas madu dengan gula aren biasa, sehingga Anda tidak dapat menikmati khasiatnya. Berikut dibawah ini ciri-ciri madu klanceng murni yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Ciri khas madu ini cenderung lebih asam, terasa agak pahit 
  • Tekstur madu klanceng juga lebih encer dari madu biasa karena kadar airnya lebih banyak, yakni berkisar antara 30-35 persen
  • Madu jenis ini mengandung propolis
  • Tekstur madu sebenarnya tidak mudah lengket, bahkan beberapa pakar mengatakan madu yang asli tidak mudah terkontaminasi dengan semut
  • Madu murni tidak mudah terbakar
  • Madu yang murni juga tidak mudah berbaur atau tercampur dengan air
  • Madu tidak mudah membeku jika dimasukkan kedalam freezer
  • Madu klanceng berwarna agak gelap, tidak bening, serta perpaduan rasa 
  • Madu klanceng memiliki sifat anti mikroba yang sangat tinggi, setara dengan manuka kualitas terbaik dari Selandia Baru. 
  • Memiliki nutrisi dan kandungan yang lebih tinggi dibanding jenis madu lainnya
  • Madu jenis ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam keperluan pengobatan modern.

Manfaat Madu Klanceng

Mengenal Madu Klanceng Beserta Khasiatnya

Faktanya madu klanceng murni walaupun dibandrol dengan harga yang cukup mahal peminatnya sendiri cukup banyak dipasaran karena jenis lebahnya sendiri tidak memproduksi banyak hasil seperti lebah pada umumnya. Berikut beberapa manfaat yang paling sering dicari konsumen terhadap penggunaan madu klanceng murni, yaitu:

1. Antioksidan

Manfaat madu klanceng yang pertama adalah kaya akan antioksidan, yang selama ini kita tahu sebagai zat penangkal terhadap risiko terkena berbagai macam penyakit. Kandungan hidrogen peroksida juga merangsang produksi sitokin yang merupakan respon tubuh untuk membunuh bakteri jahat. 

2. Antibakteri dan Anti-Inflamasi

Madu klanceng memiliki kandungan hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibakterial. Beberapa penelitian mengungkap mengkonsumsi madu klanceng dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri E. coli, B. subtilis, P. syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. brevis.

3. Mengatasi Masalah Kesuburan

Jika Anda memiliki gangguan menstruasi maka madu klanceng dapat dikonsumsi bersama  kunyit untuk melancarkan menstruasi setiap bulan. Bahkan beberapa orang mengatakan madu ini dapat meningkatkan kejantanan pria.

4. Sebagai Penyembuhan Luka

Madu klanceng juga dipercaya memiliki sifat antiseptik yang baik untuk penyembuhan luka. Bahkan sebuah penelitian menjelaskan bahwa, madu klanceng digunakan sebagai salep untuk luka bekas operasi atau luka lainnya. Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa sangat ampuh pengobatan luka.

5. Mengatasi Penyakit Diabetes

Beberapa penelitian mengatakan bahwa madu klanceng murni dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Manfaatnya mengandung senyawa bioaktif polifenol yang sudah sejak lama dan secara tradisional digunakan untuk mengobati diabetes.

6. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Mengkonsumsi madu jenis ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Di samping itu, produknya dapat mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

7. Melembabkan Kulit

Manfaat madu klanceng yang selanjutnya yaitu dapat melembabkan kulit dan mencegah penuaan dini. Proses dilakukan dengan mencampurkan madu klanceng dengan pelembab, kemudian oleskan ke bagian wajah dan leher. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang optimal.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat Anda rasakan jika mengkonsumsi madu klanceng secara berkala, akan tetapi manfaat yang telah dijabarkan diatas merupakan faktor utama yang paling sering konsumen cari baik untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan.

Baca juga: 6 TIPS TERNAK LEBAH MADU KHUSUS PEMULA & MODAL MINIM

Penyedia Madu Klanceng

Salah satu pembudidaya madu klanceng murni di Malang dengan kepemilikan peternakan lebah trigona sendiri yaitu perusahaan Rimba Raya Bee Farm. Perusahaan ini memproduksi madu asli tanpa campuran beserta produk-produk olahannya dengan kualitas tinggi dan menyehatkan tubuh konsumen.

Anda bisa menjadi distributor madu klanceng murni yang dapat dipercayai oleh konsumen karena Rimba Raya Bee Farm mengutamakan kualitas yang bermutu. Bahkan perusahaan ini bukan saja menjual berbagai jenis kebutuhan madu. Akan tetapi bibit lebah, perusahaan ini juga menjual dan membantu mengembangkan bisnis peternakan lebah trigona.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks