Apakah Anda ingin memulai usaha ternak lebah madu sendiri di rumah? Tidak perlu khawatir karena nyatanya cara beternak lebah madu di rumah sangat mudah. Bahkan Anda tak perlu budget yang besar untuk memulainya.

Usaha ternak punya prospek yang sangat bagus karena lebah madu mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Madu yang dihasilkan oleh lebah cukup ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia dari berbagai penyakit.

Cara Budidaya Lebah Madu di Rumah Khusus Pemula

Ingin tahu bagaimana cara budidaya lebah madu di rumah dengan modal yang minim? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Persiapan Modal

Modal yang harus Anda siapkan untuk ternak lebah madu tidaklah besar, apalagi kalau dilakukan di rumah. Namun lain halnya ketika Anda akan meningkatkan skalanya menjadi lebih besar, modal yang harus disiapkan lebih besar lagi.

Dengan modal sekitar Rp600 ribu saja Anda sudah mulai beternak madu. Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk 4 kotak sarang lebah yang nantinya harus Anda rawat.

Namun jika skalanya ingin lebih besar, Anda memerlukan 40 kotak. Idealnya Anda memerlukan 100 kotak supaya dapat dihuni oleh 1 koloni lebah madu.

2. Persiapan Perlengkapan dan Lingkungan

Budidaya lebah madu tergolong usaha yang cukup beresiko. Apalagi jika Anda tidak mempersiapkan perlengkapan dan lingkungannya dengan baik. Lalu apa saja yang harus Anda persiapkan?

  • Papan kayu mahoni atau dengan ketebalan 3 cm
  • Sarang lebah madu yang terbuat dari bingkai kayu dan pastikan si ratu lebahnya tidak dapat keluar dari sarang tersebut.
  • Alat pengasap untuk menjinakan lebah ketika panen.
  • Pakaian pelindung yang dilengkapi dengan masker dan tudung kepala.
  • Sarung tangan tebal.

Tidak hanya perlengkapan saja, Anda juga harus memperhatikan lingkungannya dengan baik. Di sekitar tempat beternak, Anda bisa menanam beberapa bunga dan hindari dari tempat yang ramai. Suhu ideal untuk ternak lebah madu yaitu 25 derajat celcius.

3. Buat Kotak Lebah

Kotak ini berfungsi sebagai rumah bagi lebah yang bisa Anda buat sesederhana mungkin. Namun jika nant koloni lebahnya sudah berkembang dan ada ratu lebah madu yang baru, Anda bisa buat bentuk rumah yang bervariasi.

Kotak lebah itu bisa Anda buat seperti halnya peti kayu dengan lebar 25 cm dan panjang 30-40 cm. Kemudian tempatkan bingkai kayu sebagai sarang lebah dan berikan wadah khusus untuk tempat makan lebah. Makanannya bisa berupa royal jelly atau air gula.

Baca juga: Panduan Awal Beternak Bebek Petelur Untuk Hasil Maksimal

4. Beli Bibit

Bibit punya peranan yang sangat penting ketika Anda beternak lebah madu. Pastikan untuk memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Anda bisa memilih bibit lebah madu spesies mellifera supaya kualitas madunya bagus.

Anda juga memerlukan bibit lebah pekerja, lebah jantan, dan lebah ratu. Jika sudah siap, bibit lebah tersebut dipindahkan ke dalam kotak kayu yang sebelumnya telah Anda persiapkan.

Saat ini telah banyak toko yang jual bibit lebah dari berbagai spesies. Bahkan ada juga toko yang jual bibit trigona.
Bagi Anda yang ingin mendapatkan bibit yang berkualitas bisa membelinya di Rimba Raya Bee Farm. Perusahaan ini tidak hanya jual bibitnya saja namun juga madu yang sudah jadi.

Perusahaan ini jual jual madu klanceng dan jual madu murni khusus bagi Anda yang ingin memperolehnya secara langsung.

5. Pemeliharaan Lebah

Oleskan royal Jelly di bagian kotak ketika pertama kali pemindahan lebah. Royal jelly tersebut adalah sumber makanan pertama bagi lebah.

Setelah itu Anda tinggal melakukan pengecekan secara rutin, salah satunya adalah membersihkan kotak lebah dari rayap. Jangan lupa juga untuk membersihkan lingkungan di sekitar kotak seperti rumput-rumput liar.

6. Panen

Sebelum panen, pastikan Anda sudah mempersiapkan perlengkapan keamanan. Karena lebah madu ini tergolong sangat agresif.

Lakukan pengasapan untuk menjauhkan para lebah ketika proses pemanenan. Jika ada sarang yang berisi telur, Anda bisa mengambilnya untuk diolah dengan memasaknya.

Demikianlah sedikit tips cara ternak lebah madu yang dapat Anda lakukan. Perlu diketahui kalau beternak lebah madu ini cukup beresiko, namun bisa diminimalisir dengan memakai perlengkapan yang memadai dan lingkungan yang tepat. Semoga bermanfaat.