Indonetwork, Mesin Alat Berat – Bagi anda yang ingin membuka usaha di sektor pengolahan minyak sawit tentu perlu tahu lebih banyak sistem pengolahan minyak sawit. Salah satu bagain penting dalam sistem pengolahan minyak saeit yakni Panel control rebusan atau yang juga dikenal dengan panel control sterilizer. Panel control rebusan sendiri merupakan bagian penting dari perangkat dalam sistem kerja di pabrik pengolahan kelapa sawit. Lalu bagai mana cara kerjanya? Dan di mana jual panel control rebusan?

Tenang saja, artikel ini akan mengulas tentang pengolahan minyak sawit terutama mengenai panel control rebusan.

Kelapa Sawit sebagai Komoditi Unggulan Indonesia

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, harapanya dapat mendorong kesejahteraan bagi warga negara secara luas.

Hal tersebut dikarenakan kelapa sawit Indonesia telah berkembang menjadi bagain yang palin penting di dunia. Dalam hal produksi minyak sawit, Indonesia telah menjadi nomor satu setelah mengalahkan Malaysia. Dari 64 juta ton produksi sawit dunia, Indonesia menyumbang lebih dari setengahnya yaitu 35 juta ton. Indonesia menyumbang 54 persen dan produksi minyak sawit dunia.

Produksi minyak sawit dan inti sawit pada tahun 2018 tercatat sebesar 48,68 juta ton, yang terdiri dari 40,57 ton crude palm oil (CPO) dan 8,11 juta ton palm kernel oil (PKO). Jumlah produksi tersebut berasal dari perkebunan rakyat sebesar 16,8 juta ton (35%), perkebunan besar negara sebesar 2,49 juta ton (5%) dan perkebunan besar swasta sebesar 29,39 juta ton (60%).

Selain itu, kelapa sawit telah menyerap setidaknya 8,2 juta tenaga kerja. Sawit juga menjadi sumber penghidupan bagi 1,5 juta keluarga petani kecil. Secara ekonomi, sawit juga telah berperan sebagau kontributor ekonomi utama wilayah, dalam setidaknya 31 kabupaten dan kota di Indonesia. Banyak wilayah dan kota berkembang karena sawit terutama di provinsi Riau, serta sebagian wilayah di pulau Kalimantan dan Sulawesi. Oleh karena itu, pemerintah mendorong memalui kebijakan yang nantinya dapat meningkatkan produk unggulan negara tersebut.

Kunci keberhasilan Indonesia di minyak sawit karena kelapa sawit dan produk turunannya bersaing menguasasi supply chain dari bahan baku hingga produk akhir, di mana mengandung 87 persen komponen domestik. Keunggulan inilah yang tidak dimiliki oleh komoditas pertanian lain.

Baca Juga: PELUANG EKSPOR MINYAK SAWIT INDONESIA MAKIN TERBUKA DI PAKISTAN

Pengolahan Minyak Sawit

Dengan majunya produksi minyak sawit Indonesai tersebut, tentu perlu ditopang dengan kualitas pengolahan yang nantinya akan menghasilkan produk turunan berupa minyak kelapa sawit yang berkualitas pula. Salah satu faktor penentu hasil produksi tersebut adalah pabrik kelapa sawit.

Dalam pabrik pengolahan kelapa sawit, terdapat beberapa tahapan pengolahan kelapa sawit. Salah satunya ialah tahapan perebusan kelapa sawit.

Tahapan perebusan kelapa sawit dilakukan setelah melalui proses penerimaan dan penimbunan buah serta dilakukannya sortasi buah sawit ke cages. Setelah itu kelapa sawit masuk ke dalam mesin perebusan, di mana kelapa sawit akan dilakukan perebusan sesuai dengan waktu, tekanan, suhu tertentu untuk menghasilkan produk yang optimal. Proses perebusan dilakukan menggunakan media steam dalam satu bejana atau biasanya dikenal dengan sterilizer yang bertujuan antara lain

1. Mematikan Aktifitas Enzim Lipase dan Oxidase

salah satu tujuan perebusan dalah mematukan enzim lipase dan oxidase, di mana ke dua enzim tersebut bisa meningkatkan asam lemak bebas.

2. Memudahkan Lepasnya Brondolan dari Tandan

minyak dan inti sawit terdapat dalam buah sehingga untuk mempermudah ekstraksi minyak dan inti sawit buah harus dilepaskan dan tandannya dan dengan proses perebusan proses pelepasan buah dapat dilakukan dengan cara mudah

3. Mengurangi Kadar Air dalam Buah

proses pengurangan air dalam buah sawit terjadi karena penguapan setelah perebusan. Dengan rendahnya kadar air dalam buah makan akan memudahkan proses pengepresan buah

4. Melepaskan Inti Sawit dari Cangkang

turunnya kadar air dalam inti sawit menyebabkab penyusutan, hal tersebut akan memudahkan inti sawit terpisah dari cangkang. Dengan demikian proses pemecahan biji menjadi lebih mudah.

Kualitas Mesin panel control rebusan

Harga Panel Control Rebusan
Sumber: Ayomenanam.net

Agar mesin beroperasi secara maksimal sesuai prosedur, dibutuhkan mesin sengan sistem yang canggih seperti panel control rebusan. Di sini lah pentingnya mesin panel control rebusan, karena jika pada tahap ini pengolahan kelapa sawit kurang optimal, maka akan berdampak pada penurunan kualitas produk yang dihasilkan

Rebusan yang dilakukan di pabrik secara umum rata-rata untuk kapasitas 90 ton/jam, terdapat empat tempat perebusan berbentuk bejana horizontal dengan kapasitas tujuh lori. Adapun sistem kontrol rebusan pada umumnya terdapat tiga bagian utama:

  1. Compressor sebagai sumber tenaga penggerak actuator
  2. Valve selenoide sebagai pengatur gerakan actuator
  3. Panel control sebagai tempat operator rebusan menjalankan buka tutup valve secara elektrik. Pada prakteknya pengoperasian sterilizer dilakukan secara semi automatic yaitu buka tutup valve secara elektrik tetapi waktunya manual

Baca Juga: MENGENAL SERBA-SERBI MESIN PABRIK KELAPA SAWIT

Distributor panel control rebusan

Setelah mengetahui rangkaian pengolahan kelapa sawit tentu bagi Anda yang ingin melakukan usaha di sektor kelapa sawit harus mencari mesin terbaik untuk usaha Anda. PT Prima Tata Daya merupakan distributor mesin pengolahan kelapa sawit yang paling lengkap. Anda juga dapat menemukan panel control rebusan dang kualitas yang baik. PT Prima Tata Daya sendiri berada di Medan dan sudah berdiri sejak 2005. Tunggu apa lagi, silakan bagi Anda yang tertarik dan dapatkan penawaran dengan harga terbaik.


Author

%d bloggers like this: