Indonetwork, Peralatan Industri – Penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari kualitas air yang digunakan. Air yang digunakan tersebut harus memiliki kriteria tertentu agar aman digunakan. Air tidak terkontaminasi oleh zat berbahaya serta memiliki pH air yang tepat yaitu pada kisaran pH 6,5 hingga 8,5. Kadar pH air dapat diukur dengan alat pengukur pH air atau pH meter agar lebih akurat dan valid. 

Menurut United States Environmental Protection Agency (EPA), kadar pH air untuk minum adalah 7 atau netral. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan bahwa air yang digunakan di rumah untuk konsumsi memiliki kadar pH air yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Simak informasi berikut mengenai prinsip kerja, manfaat, serta jenis alat pengukur pH air atau pH meter.

Baca juga: MANFAAT PH AIR MINUM YANG TINGGI BAGI TUBUH 

Apa itu PH Meter

Dari nama pada alat tersebut mungkin Anda dapat mengetahui apa dan kegunaan alat ini. Sesuai dengan namanya pH meter adalah alat pengukur pH air atau mengukur tingkat asam-basa suatu larutan. Alat ini banyak digunakan dalam berbagai industri, mulai dari kesehatan hingga industri bisnis. 

PH meter sering digunakan dalam industri kesehatan atau penelitian di laboratorium untuk mengukur derajat keasaman (pH) suatu larutan yang diteliti. Fungsinya adalah untuk mengetahui apakah larutan tersebut tergolong asam, basa atau netral. 

Selain itu, PH meter juga digunakan dalam industri bisnis, tepat oleh perusahaan air mineral. Perusahaan air mineral tentu membutuhkan alat pengukur pH air untuk mengetahui kadar pH air. Kadar pH air harus dicek dan diperiksa apakah kandungan pH air baik untuk dikonsumsi. 

PH memiliki satuan ukuran yang menguraikan derajat tingkat kadar keasaman atau kadar alkali dari suatu larutan. Unit pH diukur dalam skala 0 hingga 14.

Komponen pH meter

Alat pengukur pH larutan seperti air atau yang sering disebut dengan pH meter memiliki beberapa komponen penting. Komponen-komponen tersebut tersusun dan tidak dapat dipisahkan agar pH meter dapat bekerja dengan baik. Berikut adalah komponen-komponen pada pH meter seperi: 

1. Elektroda Kaca 

Komponen pada alat pengukur pH ini berfungsi sebagai salah satu kutub diantara dua elektrode pH yang tercelup ke dalam larutan. Pada ujung elektroda terdapat bulb yang berfungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran ion positif (H+). Elektrode kaca tersusun atas ujung bulb bulat dari bahan kaca yang terpasang ke sebuah silinder panjang dari kaca atau bahan isolator lain.

2. Elektrode Referensi

Elektrode referensi berfungsi sebagai kutub lain selain elektrode kaca sehingga diantara keduanya, yang terendam suatu larutan tertentu akan terbentuk rangkaian listrik. Komponen ini di desain memiliki nilai potensial yang tetap pada kondisi larutan apapun.

3. Termometer

Pada pH meter, sensor temperatur menjadi salah satu komponen wajib pH meter, karena nilai pH dipengaruhi oleh temperatur suatu larutan. Pada pH larutan 7 atau netral, temperatur yang berubah tidak akan mempengaruhi nilai tersebut. Namun, pada larutan yang memiliki sifat asam atau basa, pembentukan ion dipengaruhi oleh temperatur.

4.  Amplifier

PH meter membutuhkan penguat voltase atau yang disebut dengan amplifier. Voltase yang dihasilkan oleh dua elektrode pH meter terlalu rendah yaitu sekitar 60 mV untuk setiap tingkat nilai pH. Amplifier juga akan membuat hasil pH terbaca lebih akurat.

5. Mikroprosesor

Mikroprosesor merupakan komponen pada pH meter yang berfungsi untuk menerjemahkan nilai voltase yang dikirim oleh amplifier menjadi nilai pH. Tidak hanya itu, komponen ini juga menghitung kompensasi nilai temperatur larutan. Perlu diketahui bahwa mikroprosesor juga memproses semua opsi input yang ada pada pH meter.

Dengan kata lain, komponen ini akan memastikan seluruh proses yang dilakukan komponen lain berjalan semestinya sehingga menampilkan nilai pH larutan pada layar LCD pada pH meter.

Jenis pH Meter

Alat pengukur pH atau pH meter digunakan untuk mengukur suatu larutan. Mulai dari air bersih, air minum, air limbah, air hidroponik dan masih banyak lagi dapat diketahui kadar pH yang terkandung. Selain untuk mengetahui kadar air, terdapat jenis pH meter yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah. Berikut ini adalah jenis pH meter yang digunakan dalam berbagai industri.

1. pH Meter Air

Jenis pH meter ini merupakan alat yang sering digunakan dalam sehari-hari. Alat yang digunakan untuk mengukur pH air atau suatu larutan ini terdapat 2 jenis, yaitu pH meter laboratorium dan pH meter kantong. Kedua jenis pH meter air tersebut memiliki fungsi yang hampir sama.

Perbedaan terdapat pada ukuran pH meter kantong yang kecil sehingga lebih praktis. Sedangkan pH meter laboratorium berukuran lebih besar namun memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dalam mengukur pH air.

2. pH Meter Tanah

PH meter ini digunakan untuk mengukur kandungan pH dari suatu tanah di dalam tingkat kedalaman tertentu. Alat ini juga digunakan untuk mengukur tingkat kelembaban tanah serta besarnya kadar sinar matahari. Tidak hanya itu, pH meter tanah juga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah. Hal tersebut diketahui dengan mengecek kadar fosfor, nitrogen, dan kalium pada tanah.

Cara Kerja pH Meter 

Setelah mengetahui komponen yang terdapat pada pH meter, Anda juga perlu mengetahui cara kerja dari pH meter untuk mengetahui kadar pH pada suatu larutan seperti air. Pada dasarnya, prinsip kerja pH meter didasarkan pada potensial elektro kimia antara larutan di dalam elektroda gelas yang sudah diketahui oleh larutan pada gelas yang belum diketahui. Elektroda dalam gelas akan mengukur potensial atas elektrokimia dari suatu ion hidrogen. 

Ion tersebut kemudian digunakan dalam melengkapi sebuah alur elektrik yang dibutuhkan pada elektroda pembanding. Setelah menggunakan pH meter, Anda perlu membersihkan probe dengan air suling atau aquade untuk membuang bekas solution yang sudah diukur. Jika tidak dibersihkan solution dapat mempengaruhi pembacaan sebelumnya dan membuat angka tidak valid.

Baca juga: CARA MENGGUNAKAN ALAT PENGUKUR PH AIR

PH meter atau alat pengukur pH air atau suatu larutan sering digunakan di laboratorium, industri air minum, industri pakaian, industri pewarna, farmasi dan lain sebagainya. Sehingga kebutuhan akan pH meter cukup tinggi. Di CV. Berkah Amanah Anda dapat menemukan alat pengukur pH air atau pH meter berkualitas dan terpercaya. Disini Anda juga dapat menemukan alat pengukur kadar larutan lain yang sesuai kebutuhan.

 

Author

Enable Notifications OK No thanks